Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Update 2020 ! Cara Setor Uang Lewat ATM Setor Tunai BRI dan Setor Uang Lewat Teller Bank

Mau menambah saldo tabungan di Bank? Tapi tidak punya waktu luang, nunggu akir pekan bank sudah pasti tutup, gimana caranya?

Tenang, bagi anda yang tidak punya waktu luang untuk datang ke bank karena disibukan dengan berbagai aktifitas, anda bisa kok melakukan setor tunai melalui mesin ATM.

Setor tunai melalui ATM bisa dilakukan full time( selama 24 jam penuh), dan nasabah tidak harus datang di kantor cabang. Anda cukup datang ditempat yang menyediakan mesin CDM ( Cash Deposit Machine) atau yang biasa dikenal dengan nama mesin setoran tunai. Secara fisik bentuk dari Mesin Setor Tunai hampir sama dengan mesin ATM biasa. Yang membedakan adalah terdapatnya kotak tempat uang untuk memasukan uang yang akan disetorkan.


Baca : 94 Daftar Alamat ATM Setor Tunai/CDM BRI di Jakarta Terbaru dan Terlengkap!

Salah satu bank yang telah menyediakan mesin ini adalah bank BRI. Sebagai salah satu bank terbesar  di Indonesia tentunya BRI terus berupaya memberikan berbagai fasilitas guna memudahkan nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Dengan adanya mesin ATM Setor Tunai  ini  nasabah jadi mudah untuk bisa setor sejumlah uang tanpa harus pergi ke bank. Sayangnya mesin ini belum sebanyak mesin ATM tarik tunai. Jadi agak sulit untuk bisa menemukanya. Biasanya mesin khusus ini hanya ditempatkan di kantor cabang yang ramai pengunjung saja.

Prosedur Menggunakan Mesin Setor Tunai BRI

Naaah agar uang tunai yang akan disetorkan diterima oleh mesin tanpa ada penolakan, perhatikan dulu beberapa hal berikut,


Pastikan Uang Yang Akan Disetorkan Dalam Keadaan Rapi

Sebelum anda melakukan transaksi setor tunai di ATM persiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya agar transaksi anda dapat berjalan dengan mulus tanpa ada penolakan uang. Salah satu hal yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah mereka enggan atau bahkan lupa merapikan uangnya terlebih dahulu, sehingga saat melakukan transaksi ada beberapa lembar uang yang ditolak mesin. Oleh karena itulah penting sekali untuk merapikan uang yang akan disetorkan, pastikan tidak ada lipatan pada uang.


Perhatikan Kondisi Uang

Berbeda dengan melakukan Deposite tabungan lewat teller bank dimana uang yang lusuh atau berminyak masih bisa diterima bank. Setor tunai lewat ATM wajib menggunakan uang yang masih baik (tidak robek, tidak berlubang, tidak sobek, dsb). Jika anda masih tetap memaksa menggunakan uang dengan kondisi demikian maka sudah bisa dipastikan mesin akan kembali mengeluarkan uang anda dan transaksi pun gagal.


Perhatikan Nominal Nilai Uang

Perlu anda ketahui bahwasanya nominal uang yang bisa ditransaksikan lewat mesin ini adalah pecahan uang kertas dengan nominal 50rb dan 100rb saja. Dibawah pecahan uang tersebut tidak bisa , terlebih lagi jika anda menggunakan uang koin. 

Lalu bagaimana solusinya jika uang anda adalah uang kertas dengan nominal dibawah ketentuan tersebut? Jika memang demikian satu satunya cara yang bisa anda lakukan adalah menyetorkannya lewat teller bank. 


Pelajari Cara Memasukan Uang

Seperti yang telah di bahas diatas pecahan uang yang bisa disetorkan adalah uang kertas 50 rb dan 100rb. Cara memasukanya anda tidak perlu memisahkan keduanya. Anda bisa langsung mencampurnya, karena teknologi pada mesin ATM ini dilengkapi dengan sensor yang bisa membaca nilai nominal uang. Sehingga anda tidak perlu kwartir terjadi kesalahan.


Baca : Kartu ATM BRI Anda Kadaluarsa!! Jangan Panik Ini Dia Solusinya

Cara Menabung Lewat mesin ATM Setoran Tunai BRI (Chast Deposit Machine)

Cara menggunakan mesin ini sangatlah mudah dan langkah-langkahnya hampir sama dengan mesin ATM BRI pada umumnya.

Masukan kartu ATM - Setiap transaksi lewat mesin ATM pastilah diawali dengan memasukan kartu ATM. Ibarat rumah, kartu ATM ini adalah kuncinya. Sehingga pastikan anda membawanya agar transaksi bisa dilakukan. Silahkan masukan kartu ATM pada lubang slot yang ada. Untuk posisi kartu ATM yang benar adalah tanda chip berada pada bagian atas.

Bagaimana jika saya salah posisi memasukan kartu ATM ? Anda tidak perlu kwatir karena sebetulnya mesin ATM sudah dilengkapi dengan sensor kusus yang dapat membaca kartu ATM. Ketika anda salah memasukanya maka mesin akan menolak kartu anda. Jika anda mengalami hal yang demikian solusinya mudah saja. Tinggal membalik kartu ATM sampai mesin bisa menerimanya.

Pilih Bahasa - Nah, selanjutnya anda akan dihadapkan pada pilihan menu bahasa. Setiap mesin ATM BRI di bekali dengan dua pilihan bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris. Silahkan pilih salah satu diantara keduanya. Disarankan untuk memilih "Bahasa Indonesia" agar anda mudah dalam mengenali dan membaca menu selanjutnya.

Masukan PIN - Setiap kartu ATM sudah pasti dilengkapi dengan PIN sebagai pengamanya. PIN tersebut sifatnya sangat rahasia, bahkan bank pun tidak mengetahuinya. Saat memasukan PIN ATM lakukan dengan sangat hati-hati dan selalu tutupi dengan tangan pastikan tidak ada orang yang tahu PIN tersebut selain anda. Dan ingat jangan sampai salah memasukan PIN ATM lebih dari 3 kali berturut-turut. Sebab jika sampai hal ini terjadi maka kartu anda akan terblokir oleh sistem keamanan bank. Hal ini sebagai langkah antisipasi dari bank guna menghindarkan nasabah dari tindak kejahatan perbankan semisal pembobolan rekening.


Baca : Lupa PIN ATM BRI?? Begini looh Cara Membukanya

Pilih Setor Tunai - Setelah PIN anda masukan dengan benar maka menu pada layar monitor mesin ATM akan terbuka. Terdapat beberapa pilihan menu yang ditampilkan. Langsung saja silahkan anda pilih menu "Setor Tunai".

Masukan Uang Anda - Silahkan tunggu beberapa saat maka kotak penyimpanan uang akan terbuka dengan sendirinya. Setelah kotak penyimpanan uang terbuka maka masukan uang yang akan disetorkan.  Tempatkan uang dalam posisi miring, Setelah selesei angkat tangan anda dan secara otomatis kotak uang tersebut akan menutup dan mesin akan mulai melakukan penghitungan.

Konfirmasi " Setor "- Perhatikan kembali layar pada mesin. Anda akan diberikan konfirmasi jumlah nominal uang terkait transaksi yang anda lakukan. Jika semua sudah benar maka pilih "Setor" dan silahkan tunggu beberapa saat maka kembali layar pada mesin ATM menampilkan konfirmasi terkait nama anda sebagai pemilik rekening, jumlah dana setoran, dan nomor rekening anda. Dan bersamaan dengan itu mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transaksi. Silahkan ambil dan simpan. Terakir jangan lupa untuk kembali mengambil kartu ATM anda.

Bagaimana mudah bukan, jadi anda tidak perlu repot repot antri di bank untuk sekedar menabung. Meskipun terbilang mudah dan cepat, namun nyatanya tak sedikit nasabah yang masih memilih cara klasik untuk menabungkan uangnya langsung lewat bank. Alasanya cukup beragam ada yang takut salah, ada yang takut uangnya hilang ada yang tidak tau tempat mesin ATM ini dan jarak ke bank lebih dekat dari pada ke lokasi ATM Setor tunai.

Nah, bagi anda yang lebih suka menabung langsung di bank berikut ini akan kami berikan panduan secara singkat.

Untuk menabung langsung di bank anda harus membawa buku tabungan dan langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengambil nomor antrian di teller bank. Perhatikan baik-baik  saat pengambilan nomor antrian ini, jangan sampai anda salah mengantri pada bagian Customer Servis. Jika bingung anda bisa bertanya pada petugas security yang berjaga. Selanjutnya biasanya anda akan diberi formulir untuk diisi. Bagi anda yang belum terbiasa mengisi formulir ini pasti akan sedikit bingung. Solusinya mudah anda tinggal minta bantuan petugas security yang berjaga, dan pasti dengan senang hati petugas akan membantu anda.

Selanjutnya anda tinggal menunggu nomor antrian anda dipanggil petugas. Setelah tiba giliran anda, maka petugas teller akan meminta formulir, buku tabungan dan uang yang akan anda tabungkan untuk diproses.

Bagaimana mudah bukan? Baik setor tunai di ATM dan di Bank lewat teller mempunyai kelebihan dan kekurangan masing. Silahkan pilih salah satu diantara keduanya yang nenurut anda paling mudah.


Baca : Jika Kartu ATM Tertelan Mesin Segera Lakukan Langkah Aman Ini

Tips Aman Bertransaksi Via Mesin Setor Tunai BRI

Dalam melakukan transaksi Setor Tunai ada beberapa tips aman, agar anda terhindar dari berbagai tindak kejahatan perbankan.

Kemajuan teknologi ternyata juga dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan perbankan. Seperti yang baru-baru ini terjadi, dimana dana nasabah BRI tiba-tiba berkurang dengan sendirinya, padahal nasabah tidak melakukan transaksi apapun. Setelah ditelusuri oleh pihak yang berwenang diketahui pelaku menggunakan cara skimming guna membobol rekening nasabah.

Skimming merupakan modus kejahatan perbankan dimana pelaku menggunakan alat yang disebut dengan skimmer. Alat tersebut mampu merekam dan membaca data pada kartu ATM anda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu skimming anda bisa melihatnya pada artikel berikut ini.


Baca :Waspadai Modus Membobol Kartu ATM Dengan Cara "Skimming" Agar tak Jadi Korban

Untuk itu guna menghindari kejahatan perbankan perhatikan tips berikut ini.

  • Perhatikan mesin ATM, apabila ada sesuatu yang mencurigakan terutama pada bagian slot ( tempat memasukan kartu) sebaiknya anda jangan dulu melakukan transaksi, laporkan temuan anda tersebut pada petugas security yang berjaga.
  • Sebaiknya anda melakukan transaksi di mesin ATM yang berada di keramaian, sebab pelaku kejahatan biasanya melancarkan aksinya di tempat yang sepi. 
  • Selalu ganti PIN ATM BRI anda setidaknya 3 bulan sekali, hal ini bertujuan agar kerahasiaan PIN ATM anda tetap terjaga.
  • Jika kartu ATM anda masih berjenis pita magnetik (magnetic Stripe) sebaiknya ajukan permohonan pada bank untuk migrasi ke kartu ATM terbaru yang menggunakan tegnologi chip karena lebih aman.
  • Selalu waspada dan jangan pernah mau menerima bantuan terkait segala hal tentang pengoperasian ATM dari orang orang yang tidak anda kenal. Jika anda mengalami kendala sebaiknya anda menghubungi petugas yang berjaga atau jika tidak ada petugasnya anda bisa menghubungi call center BRI.

<

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar