Mengapa Anak Sulit Dikendalikan?Orang Tua Wajib Baca

watch_later Tuesday, June 7
comment 1 Comment

Banyak orang tua mengalami kesulitan saat berbicara pada anak. Bahkan ada orang tua yang sama sekali tidak bisa berbicara verbal pada anak. Karena tidak tau harus memulai dari mana. Padahal komunikasi adalah dasar untuk menentukan hubungan antara orang tua dan anak selanjutnya. Terlebih jika kondisi orang tua labil karena pekerjaan, kecapean atau lain hal yang dapat menyulut emosi para orang tua. Akhirnya cercaan, cacian, makian yang tanpa sadar keluar dari mulut orang tua, membuat anak merasa sebagai bahan pelampiasan atas kesalahan yang tidak seberapa ia lakukan. Namun sayangnya kebanyakan orang tua tidak menyadari jika hal tersebut dapat menyakiti anak secara psikologi.

Dr.A.Joseph Brustein seorang ahli anak mengungkapkan"anak tidak akan berubah menjadi lebih baik sebelum orang tua mengubah kebiasaan lama mereka dengan berbicara yang penuh penolakan dengan berbicara yang penuh kasih sayang namun hal yang berbeda jika kita menguasai seni mengolah kata dengan penuh kasih sayang".
Sering kali kita dengar anak menolak apa yang dikatakan orang tua. Hal tersebut karena orang tua ketika berbicara pada anak seperti komandan perang yang  memerintah anak buahnya, akhirnya bukannya nurut justru anak semakin melawan karena merasa tidak dihargai.
Dari sini sudah sepatutnya kita selaku orang tua mulai belajar menguasai seni bicara pada anak,

1. Cobalah mengerti

Cari tau kenapa dia melakukan hal itu tanpa membentak atau memarahi ajak dia berdiskusi sampai menemukan kesepakatan antara orang tua dan anak. Dan memberi konsekwensi jika melanggar kesepakatan.

2. Ajak  bicara dari hati ke hati

Ajak anak berbicara dengan lembut jika dia melakukan kesalahan. Jangan seperti polisi  yang sedang mengintrogasi tersangka. Dengan rangkulan dan belaian sayang sehingga anak merasa di perhatikan.

3. Beri Apresiasi

Jangan ragu untuk memberikan hadiah setelah melihat perubahan perilaku anak. Tidak harus dengan barang. Pujian, pelukan, ungkapan sayang adalah bukti apresiasi kita sebagai orang tua terhadap anak.

Dari ulasan di atas hal yang terpenting dalam berkomunikasi antara orang tua dan anak adalah kemampuan orang tua berbicara secara lembut dengan mengerti kondisi anak tanpa menghakimi serta tidak membatasi anak untuk berbicara sesuai kemampuanya.
avatar

web hostingya pakai apa ya

Delete 22 June 2016 at 08:57
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.