Tips Mengunakan Lensa Kontak Agar Nyaman Dipakai Dan Tidak Berbahaya Bagi Mata
Tips Mengunakan Lensa Kontak Agar Nyaman Dipakai Dan Tidak Berbahaya Bagi Mata

Tips Mengunakan Lensa Kontak Agar Nyaman Dipakai Dan Tidak Berbahaya Bagi Mata


Hal yang umum dilakukan ketika mata sedang bermasalah seperi minus atau plus adalah dengan menggunakan kacamata. Namun dengan berkembangnya zaman anda lebih mempunyai banyak pilihan diantaranya dengan menggunakan lensa kontak.

Penggunaan lensa kontak dipilih karena selain simpel adalah faktor estetika. Karena pemakaian lensa kontak langsung menempel pada kornea mata jadi meskipun pada saat itu mata kita tengah bermasalah seperti minus tidak bakal ada orang yang tahu.

Namun beberapa tahun belakangan ini fungsi lensa kontak sudah banyak mengalami pergeseran, dari awalnya yang cuma sebagai pengganti kacamata bagi orang yang mempunyai masalah dengan mata. Menjadi sebuah tren untuk menunjang penampilan wanita. Bahkan para ahli kecantikan pun tak ragu untuk menjadikan lensa kontak sebagai sebuah tren mode.

Maka tak heran jika kita sering melihat kornea mata seseorang dapat berubah - ubah dalam waktu sehari. Namun dibalik indahnya warna mata sesuai keinginan kita apabila tidak tahu cara merawat serta menggunakan lensa kontak yang baik dan benar  justru akan membayakan mata kita bahkan parahnya sampai terjadi kebutaan. Seperti yang dialami oleh seorang model beberapa waktu yang lalu.

Karena itu sebelum memutuskan untuk memakai lensa kontak sebaiknya pahami dulu bagaimana cara memakai serta merawat lensa kontak. 

Baca tips menarik lainya :

Tips menggunakan lensa kontak agar terasa nyaman dan tidak berbabaya bagi kesehatan mata kita.


1. Cuci tangan dengan bersih sebelum menggunakan lensa kontak pastikan tangan anda sudah di cuci  bersih.Gunakan sabun yang tidak mengandung   banyak.Pastikan benar -    benar bersih jangan sampai ada sisa sabun yang menempel di tangan.

2. Saat anda beraktivitas yang berhubungan dengan air  usahakan untuk tidak memakai lensa kontak.

3. Bersihkan lensa kontak, membersihkan lensa kontak adalah wajib anda lakukan yaitu dengan cara letakkan lensa kontak pada telapak tangan anda lalu tuangkan larutan khusus untuk lensa kontak 2 sampai tiga tetes. Kemudian bersihkan lensa kontak dengan cara menggosok lembut lakukan selama 15 sampai 20 detik. Bilas dengan larutan sekali lagi dan pastikan sudah benar- benar bersih baru kemudiam masukkan dalam tempat yang sebelumya telah diisi larutan khusus,  pastikan lensa kontak anda benar - benar sudah terendam. Perendaman bisa anda lakukan minimal selama 4 jam sampai dengan 24 jam karena semakin lama anda merendam semakin mudah dan nyaman lensa kontak dipakai.

4. Gunakan cairan khusus dari dokter dan buang setelah cairan tersebut di pakai.

5. Jika anda menggunakan lensa kontak satu kali pakai hendaknya tidak usah dibersihkan karena lensa jenis ini tidak disarankan untuk dipakai lebih dari sekali. Karena akibatnya buruk bagi mata.

6. Penggunaan lensa kontak biasanya membuat mata lebih sensitif, akibatnya jika kita melakukan aktivitas dibawah sinar matahari langsung mata jadi lebih silau. Karena itu untuk mengatasinya gunakan kacamata hitam dan topi saat anda keluar rumah.

7. Seperti saya singgung di atas seorang model harus mengalami kebutaan karena lensa kontak hal tersebut karena saat tidur dia lupa untuk melepas lensa kontak yang dipakainya, karena itu lensa kontak hendaknya dilepas saat anda akan tidur meskipun ada  ahli yang mengatakan lensa kontak tertentu sudah dirancang aman dipakai saat kita tidur. Namun demi menjaga aset kita untuk melihat dunia alangkah baiknya jika sebelum tidur dilepas saja. Hal tersebut karena oksigen yang mengnai kornea mata lebih sedikit akibat terhalang lensa kontak. Akibatnya tentu saja bila hal tersebut terus berkelanjutan malah dapat merusak mata anda.

8. Misalkan lensa kontak anda terjatuh saat anda membersihkan. Jangan langsung dipakai kembali terlebih jika minus mata anda tidak sama. Namun jika kedua mata anda memiliki minus yang sama tidak apa - apa.

9. Pastikan anda telah bermake up sebelum memakai lensa kontak. Karena jika anda memakai lensa kotak sebelum bermake up di khawatirkan make up anda mengenai mata.

10. Selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa dari kontak lensa anda.Pemakaian lensa kontak yang telah kadaluwarsa dapat memicu masalah baru bagi mata anda.

Demikian tips merawat lensa kontak. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin memakai lensa kontak.





Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar