Tips Mudik Lebaran Dengan Sepeda Motor yang Aman dan Menyenangkan

watch_later Monday, 20 June 2016
Tak dapat dipungkiri lebaran merupakan momen yang paling ditunggu kedatangannya oleh umat muslim di seluruh dunia. Namun adat serta budaya yang berbeda antar tiap negara menjadikan tradisi lebaran lebih unik terjadi di Indonesia. Hal tersebut berkaitan dengan budaya masyarakat Indonesia yang selalu memanfaatkan momen lebaran untuk dapat mudik ke kampung halaman. Berbagai alasan kenapa mesti hari raya yang jadi pilihan banyak orang bisa kompak pulang kampung adalah keinginan untuk bisa berkumpul bareng bersama keluarga besar.

Bagi kebanyakan orang saat - saat itulah yang paling dinanti. Bahkan sangking uniknya tradisi mudik saat lebaran juga di ikuti oleh orang yang tidak punya kampung. Dan akibatnya tentu saja segala armada transportasi bakal dikerahkan. Bagi orang yang berkantong tebal tinggal pilih transportasi apa yang bakal jadi pilihan. Namun bagi mereka yang berkantong pas - pasan bahkan tipis harus berfikir bagaimana memanfaatkan uang yang minim dengan baik.

Karena perlu tau saja jika ada sanak saudara yang bekerja di kota mereka pasti berfikir banyak duwit tanpa tau sebenarnya keadaan kita. Jadi mau tidak mau kita harus meminimalisir pengeluaran uang transport hanya demi bisa ngasi angpau bagi ponakan - ponakan. Dan secara otomatis akhirnya pilihan transportasi jatuh pada sepeda motor. Ya meskipun pilihan tersebut sekarang banyak menuai kontroversi karena banyaknya kasus kecelakaan akibat berkendara sepeda motor,  terlebih saat hari raya yang jalanan otomatis lebih padat.

Baca tips lainya : 

Namun bagaimana lagi karena keadaan memaksa kita untuk memilih  alat transportasi yang satu itu.Memang saat ini pemerintah maupun fihak swasta banyak yang telah menyediakan berbagai kendaraan untuk mudik. Namun kadangkala jadwal keberangkatan mudik masih dalam jam kerja. Dan akibatnya tentu saja sepeda motor jadi pilihan terakhir.

Namun apapun itu yang penting sebelum melakukan mudik hendaknya kita memaksimalkan persiapan, terlebih jika mengendarai sepeda motor. Jika persiapan sudah kita lakukan dengan maksimal dan hanya menyerahkan segala urusan pada Allah insyaalloh kita akan di beri kelancaran dalam perjalanan mudik.

Karena itu sebelum melakukan mudik dengan sepeda motor sebaiknya persiapkan beberapa hal berikut ini:


1. Periksa sepeda motor anda, sudahkah memiliki kelayakan untuk diajaj berkendara jarak    jauh terlebih jika motor tersebut setiap hari anda gunakan untuk bekerja alangkah baiknya  jika anda servis terlebih dahulu. Lihat juga ban motor anda sudah tipis atau belum jika  sudah terlihat tipis tidak ada salahnya mengganti dengan ban baru demi kenyamanan  perjalanan anda.

2. Agar perjalanan semakin nyaman, persiapkan jaket, sarung tangan, helm yang ber SNI serta jas hujan jika sewaktu - waktu di butuhkan.

3. Jangan lupa membawa SIM dan STNK karena surat - surat tersebut sangat membantu sekali dalam kenyamanan perjalanan anda.Jangan sampai anda sengaja tidak membawa trus kabur - kaburan begitu melihat Polisi.Karena bukanya anda menikmati perjalanan pulang kampung namun justru dag dig dug begitu berpapasan dengan pak Polisi.

4. Update berita mengenai jalur mudik mana saja yang bisa anda lalui.Perencanaan jalur  mudik dapat memudahkan anda untuk sampai ke tempat tujuan lebih cepat.

5. Sebelum melakukan perjalanan jauh persiapkan diri anda istirahat yang  cukup serta minum jamu alami seperti kuning telur ayam kampung di  campur soda dapat membuat anda fres ketika berkendara.

6. Sebelum berangkat pastikan tangki bensin teterisi penuh.

7. Jika anda tidak pulang sendirian cukup membawa satu kardus kecil  atau satu ransel barang bawaan. Namun jika anda sendiriaan  anda bisa menambah jok motor dengan kayu sedikit supaya bisa menampung barang bawaan anda.

Bila dirasa semua sudah siap anda dapat memulai perjalanan mudik dengan nyaman. Tak lupa sebelum berangkat berdoa terlebih dahulu agar dalam perjalanan anda selalu dilindungi Allah.

Berikutnya saat dalam perjalanan beberapa hal berikut ini sebaiknya anda lakukan
Jika terasa lelah segeralah istirahat dan jangan lupa selfie


1. Agar anda dapat fokus selama dalam perjalanan sebaiknya teruslah mengingat Alloh dengan cara wirid membaca Asma Alloh sesuai kemampuan anda.

2. Jika dirasa sudah lelah segera cari tempat yang nyaman untuk istirahat. Gunakan posko istirahat, pom bensin, atau bawah pohon yang ramai. Hindari istirahat di tempat yang sepi karena dikhawatirkan jadi sasaran kejahatan.

3. Usahakan slalu ingat slogan Jawa " biar lambat asal selama  " karena mudik merupakan perjalanan untuk berlibur jadi tidak perlu terburu - buru apalagi sampai kebut - kebutan.

4. Lihat tangki bensin kembali sambil istirahat di pom bensin apalagi jika perjalanan anda sudah setengah jalan.

5. Sebaiknya untuk perjalanan di atas 100 km anda mengajak seseorang agar bisa bergantian dalam menyetir. Hal ini dapat mengurangi rasa capek dalam berkendara.

6. Sangat disarankan untuk berangkat sesudah sahur. Karena saat itu biasanya kondisi anda lebih fit dan udarapun masih dingin sehingga anda tidak terlalu lama terpapar matahari.

Demikian beberapa tips pulang kampung yang nyaman dengan motor. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang saat ini lebih memilih mudik untuk menggunakan sepeda motor. Namun jika masih memungkinkan alangkah baiknya jika anda menggunakan transportsasi umum. Selama mudik semoga selamat sampai tujuan dan kembali ke tempat kerja dengan semangat kemenangan amiiiiin.
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.