Buat Mempelai Pria, 6 Langkah Sederhana Ini Bisa Menghindarkanmu Dari Gugup dan Gagap Saat Ijab Qabul lo !
Buat Mempelai Pria, 6 Langkah Sederhana Ini Bisa Menghindarkanmu Dari Gugup dan Gagap Saat Ijab Qabul lo !

Buat Mempelai Pria, 6 Langkah Sederhana Ini Bisa Menghindarkanmu Dari Gugup dan Gagap Saat Ijab Qabul lo !

Momen yang paling ditunggu-tunggu bagi pasangan yang sudah lama menjalin hubungan adalah datangnya saat pernikahan. Hemmm, Dag dig dug ser, pastinya jantung berdetak. Terlebih bagi seorang pria, kenapa demikian? Karena penganten pria lah yang akan mengucapkan kalimat ijab Qabul.

Kelihatanya sederhana dan mudah pastinya, karena hanya beberapa bait kata, pun demikian tak jarang di jumpai kesalahan dalam pengucapanya, entah itu lupa, salah kata,  dikarenan rasa gugup dari mempelai pria sendiri. Hingga akirnya harus diulang hingga beberapa kali, duchh malu kan..!!

Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa tips ni, buat kamu terapin, agar nantinya di momen sakral ijab qabul kamu tidak grogi, hemmm dijamin lancar jaya pokoknya.

Buat kamu kususnya pria bahagia yang mau menikah bacanya lebih khusuk ya..

1. Lakukanlah latihan beberapa minggu sebelum janji suci di ikrarkan

Jangan lupa untuk selalu berlatih mengucapkan kalimat Qabul, agar lidahmu  terbiasa, dan hafal
Yang pertama, cobalah untuk melakukan latihan ijab qabul beberapa minggu sebelum datangnya hari H. Bagaimanapun hal ini juga penting dilakukan selain juga mempersiapkan segala keperluan finansial lainya.
Kamu bisa melakukan latihan dengan teman laki-lakimu, lakukanlah setidak tidak 3 kali dalam seminggu sampai lidahmu benar-benar hafal. So, dengan persiapan yang matang momen sakralmu bakalan lancar untuk kamu lewati, "aduch senangnya penganten baru"

2. Jaga kesehatan tubuhmu dengan melakukan olahraga ringan

Ditengah kesibukan mempersiapkan segala keperluan pernikahan, sempatkanlah untuk berolah raga, untuk kebugaran tubuhmu image via en.wikipedia.org
Bagaimana jadinya kalau di hari H kondisi tubuhmu drop, tentu tidak asik kan. Bagaimanapun kondisi tubuh yang prima sangat diperlukan. Padatnya susunan acara dalam pernikahan tentunya dibutuhkan tubuh yang fit. Dan yang lebih penting, dengan tubuh yang fit maka kamu bisa konsentrasi saat ijab qabul dilaksanakan. Sehingga kamu bisa dengan tegas dan lancar mengucap kalimat qabul. Dan saksi pun cukup sekali menjawab " sah". Alkhamdulilah udah khalal untuk di apa-apain. Eitss, tunggu sampai ntar malam lo ya, tahan dulu....ac

3. Jangan percaya dengan mitos seputar pernikahan, karena malah akan membuatmu tidak tenang

Lupakanlah mitos yang beredar, tetap fokus pada tujuan pernikahan membentuk rumah tangga samawa
Ntah dari mana asal muasal dari mitos tentang ijab-qobul, banyak yang bilang apabila dalam proses ijab-qobul mempelai pria melakukan kesalahan sehingga harus diulang beberapa kali, maka pertanda rumah tangga yang dijalani kelak tidak berlangsung lama  dan akan berakir dengan perceraian.

Lupakanlah mitos yang gak jelas tersebut, karena malah akan membebanimu sehingga dalam proses ikrar ijab-qobul kamu semakin grogi. Mitos kok dipercaya artis artis papan atas mah..banyak yang cerai juga, padahal proses ijab-qobulnya lancar.

4. Buatlah candaan atau ajak bicara, siapapun dia yang ada didekatmu, bisa calon istri, kerabat,  atau bisa juga teman

Sekelas RA aja masih bisa grogi lo, image via bandung.bisnis.com
Momen yang paling mendebarkan adalah menjelang proses ijab-qabul dimulai, dag dig dug, kususnya buat mempelai pria, jantung seakan mau copot nich. Nah untuk mengurangi rasa gugup cobalah untuk membuat candaan ringan, atau ajak bicara siapa saja didekatmu , calon istri, atau pak penghulu juga boleh, hhhh.


5. Usahakan untuk sarapan, sebelum proses ijab-qobul, karena rasa lapar akan mengurangi konsentrasimu

Jangan lupain sarapan ya..image via majalahkuliner.info 
Nah, ini kelihatanya sepele kan, biasanya saking groginya sampai lupa sarapan pagi. Jangan sampai hal ini terjadi, dengan mengupayakan untuk sarapan maka tenagamu lebih fit serta konsentrasi lebih terjaga.

6. Dan yang tak kalah penting adalah berdoa, mohon diberi kemudahan dalam setiap prosesnya.

Berdoalah kepadaNYA agar kamu diberi kemudahan image via alfahmu.com
Dan yang terakir yang perlu kamu lakukan adalah berdoa, mohon agar diberi kemudahan, kelancaran dalam setiap proses yang kamu jalani. Bagaimanapun "YANG MAHA ESA" adalah tempat kembalinya segala urusan. Setelah semua persiapan telah dilakukan dengan baik, maka pasrahkanlah semua kepadaNYA. DIA lah yang akan menjawab semuanya.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar