Masih Sering Bersihin Telinga  Pakai Cotton Buds ? Berhati-Hatilah Karena Bukanya Bersih Tapi Malah Bisa Merusak Telingamu
Masih Sering Bersihin Telinga  Pakai Cotton Buds ? Berhati-Hatilah Karena Bukanya Bersih Tapi Malah Bisa Merusak Telingamu

Masih Sering Bersihin Telinga Pakai Cotton Buds ? Berhati-Hatilah Karena Bukanya Bersih Tapi Malah Bisa Merusak Telingamu

Cotton buds,  tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini. Benda mungil dengan ujung yang berlapis kapas ini adalah alat yang pastinya sering kamu gunakan untuk membersihkan telinga. Iya kan..? Ketika telinga kamu terasa tidak nyaman atau gatal hampir bisa jadi kamu akan segera mencari benda mungil ini (cutton buds) untuk keperluan membersihkan telinga yang gatal tersebut.

Namun tahukah kamu, kebiasaan membersihkan telinga dengan cutton buds ternyata memiliki resiko yang besar lo, karena bisa membahayakan kesehatan telinga kamu. Banyak sudah kasus kerusakan gendang telinga yang terjadi sebagai akibat kesalahan dalam penggunaan cutton buds ini. Bahkan dari beberapa sumber lain menyebutkan, setiap tahunya rumah sakit di Inggris menerima sekitar 7.000 pasien dengan luka ditelinga akibat penggunaan yang salah dari Cutton buds ini. Hemm ngeri kan..jika hal ini sampai terjadi pada kamu.


Image via lifestyle.okezone.com
Pada dasarnya telinga sudah dirancang kusus untuk bisa membersihkan dirinya sendiri secara alami. Cairan telinga yang sering dianggap sebagai kotoran oleh beberapa orang, justru sebenarnya adalah merupakan zat anti bakterial untuk menahan kotoran yang masuk dalam telinga. Ketika ada kotoran yang masuk ke saluran telinga maka secara otomatis akan tertahan oleh cairan tersebut, yang mana dengan proses yang alami kotoran akan terdorong keluar dengan sendirinya.

Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cutton Buds


Awas jika terlalu dalam memasukan cutton buds gendang telinga bisa robek lo,
Perlu kamu tahu, membersihkan telinga dengan Cutton Buds malah akan jauh mendorong kotoran yang ada masuk ke dalam telinga, hingga kotoran bukanya keluar melainkan semakin menumpuk yang pada akirnya malah menyumbat saluran pendengaran. Bahkan yang lebih fatal gendang telinga bisa robek akibat tertusuk cutton buds jika terlalu dalam memasukanya.

Michael Seidman yang merupakan Dr. Spesialis THT dari Amerika Serikat menuturkan " sangat berbahaya membersihkan telinga dengan cutton buds, kami pernah memiliki pasiens yang terinfeksi saluran pendengaran, wajah menjadi kaku, bahkan tuli".

Hemm, bisa dibayangkan betapa bahayanya membersihkan telinga dengan cutton buds. Jika sudah tahu bahayanya apa reaksi kamu? Tetap menggunakan cutton buds untuk membersihkan telinga atau pergi ke dokter spesialis THT jika telinga kamu bermasalah ? Jadilah orang yang bijak dengan menentukan pilihan yang benar ya..?

Mau yang PalingSeru, Baca Ini :

Oww.., Jadi Karena Alasan Ini Orang Indonesia Sering Gonta-Ganti No Telepon
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar