Ini loooh, 7 Hewan Yang Paling Ditakuti Oleh Ular

watch_later Sunday, 9 October 2016
7 Hewan Yang Paling Ditakuti Oleh Ular - Hewan ini termasuk dalam ketegori reptil . Ular merupakan reptilia tak berkaki dan bertubuh panjang , yang merupakan hewan carnivora atau pemakan daging. Umumnya hewan ini memangsa berbagai jenis hewan yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya. Cara hewan ini berburu dan melumpuhkan mangsanya pun cukup beragam, ada yang menggunakan racun dari bisa nya, melilitkan tubuhnya, atau juga dengan penyamaran, tergantung dari jenis ular itu sendiri.

Berbicara mengenai ular, tahukah anda jika ada beberapa jenis hewan yang keberadaanya sangat ditakuti oleh hewan ini. Ya, dalam siklus rantai makanan yang melibatkan ular di dalamnya. Hewan ini tidak menduduki tingkat teratas dari rantai makanan. Sehingga kemungkinan ular untuk di mangsa hewan lainya cukup tinggi. Nah, berikut ini adalah pemangsa yang sangat di hindari ular, apa sajakah itu?

7 Hewan yang Keberadaanya Sangat Ditakuti Ular

1. Landak

Landak merupakan hewan yang tubuhnya di selimuti oleh rambut berbentuk duri-duri tajam, yang berfungsi sebagai senjata untuk pertahanan diri dari pemangsa. Hewan ini merupakan salah satu yang paling ditakuti ular. Sebab duri-duri yang tajam bisa melukai tubuh ular, di ketahui seekor landak dapat dengan mudah membunuh seekor ular viper. Ketika pertarungan terjadi tubuh ular akan banyak yang terluka oleh duri-duri tajam dari landak, di saat ular terluka dan mulai lemah maka kebiasaan landak akan menyerang ular dengan melakukan beberapa gigitan tepat di area leher, hingga membuat ular mati. Namun, landak bukanlah hewan yang kebal akan racun dari bisa ular, jika landak tergigit oleh racun ular maka hewan ini juga akan mati.

2. Burung Sekretaris

Burung Sekretaris merupakan hewan berikutnya yang amat dibenci oleh ular. Seekor burung sekretaris dapat melumpuhkan ular dengan mudah untuk di mangsa. Cara melumpuhkan mangsanya pun cukup unik yaitu dengan melakukan tendangan. Seekor ular akan langsung terkapar tak berdaya setelah menerima tendangan dari burung sekretaris dengan sepasang kakinya yang panjang. Burung sekretaris memang memiliki sepasang kaki yang panjang dan kuat sehingga burung ini diklasifikasikan ke dalam family yang berbeda dari burung pemangsa lainya yaitu Sagitari Dae. Selain membunuh mangsanya dengan melakukan tendangan dengan kaki-kakinya yang kuat, burung sekretaris bisa juga membunuh mangsanya dengan nembawa mangsa terbang dan menjatuhkanya dari ketinggian di atas batu.

3. Luwak

Keberadaan luwak sangat dihindari oleh ular karena luwak juga memangsa ular. Luwak terkenal sebagai hewan yang tak mengenal takut. Seekor luak tidak akan terbunuh  oleh racun dari bisa ular, karena luak memiliki kekebalan terhadap racun ular, sekalipun ular cobra yang dikenal memiliki racun yang mematikan. Dalam pertarunganya dengan mangsa "ular" luak dengan cekatan akan menggigit bagian leher dari ular, rahang yang kuat dan gigi tajam mampu melumpuhkan ular dalam waktu yang singkat. Sekalipun luak kebal terhadap racun ular namun bukan berarti tidak ada efek yang ditimbulkan. Apabila luak tergigit oleh ular yang berbisa maka luak akan pingsan untuk beberapa menit lamanya, sebelum tersadar kembali dan memangsa ular buruanya.

4. Ular Pemangsa

Dalam beberapa kasus terjadi canibalisme dalam dunia ular, dimana hewan ini akan berburu dan memangsa jenisnya sendiri. Seperti seeekor ular King Cobra, yang merupakan ular berbisa terpanjang di dunia, panjang dari king kobra bisaa mencapai 6 m, di Amerika Utara kerap kali hewan ini berburu dan memangsa sejenisnya yaitu ular derik atau rattler. King Kobra juga memiki ketahanan terhadap bisa racun ular derik.

5. Mongoose

Mongoses merupakan hewan sejenis musang. Tampilan fisik hewan ini tidaklah besar, bahkan terkesan imut. Namun mongoose dapat melumpuhkan ular cobra sepanjang 3 m dengan amat mudah, hanya dengan pandangan sorot matanya yang tajam. Setelah ular terkelabuhi oleh mongoose dan diam di tempat, dengan begitu cepatnya mongoses akan melumpuhkan ular dengan gigitanya yang tajam. Hewan ini juga memiliki ketahanan terhadap bisa ular, jika tergigit mongoose akan pingsan beberapa jam lamanya dan akan tersadar dengan sendirinya.

6. Armadillo

Berikutnya ular akan sangat takut jika menjumpai Armadillo. Hewan mamalia plasental kecil yan hanya berukuran 75 cm ini, memiliki perisai yang kuat dan tajam di tubuhnya. Seekor ular bisa dengan mudah terkoyak oleh perisai ini. Cara melumpuhkan lawanya terbilang unik yaitu dengan menabrakan tubuh yang penuh perisai yang tajam ke tubuh lawan/mangsanya.

7. Burung Raptor

Dan hewan terakir yang paling dihindari ular adalah burung raptor. Hewan yang berdarah panas ini, merupakan hewan pemangsa didunia, menjadikan ular sebagai makanan vavoritnya. Sepasang kaki dengan kuku yang tajam yang melengkung serta paruh yang kuat, sangat mudah bagi burung ini untuk menaklukan ular. Burung raptor memiliki penglihatan yang sangat tajam hingga jarak yang tak terkira. Burung ini akan mengintai mangsanya dari ketinggian, dan secepat kilat akan menukik mencengkeram mangsanya dan membawanya terbang untuk di mangsa.

Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.