Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mudah Mengganti PIN Rekening BRI, Lewat Mesin ATM, SMS Banking, Internet Banking dan Mobile Banking

Cara ganti PIN BRI - Akhir-akhir ini sering kali kita dengar pemberitaan tentang kejahatan perbankan. Dimana banyak nasabah yang mengadukan bahwa rekeningnya telah dibobol oleh orang yang tak bertanggung jawab. Kenapa ini bisa terjadi? Apakah sistim keamanan pada bank lemah?

Sebenarnya bukan sistim keamanan bank yang lemah, bank selaku pemegang dana nasabah telah memberikan keamanan yang berlapis pada setiap rekening nasabahnya yaitu salah satunya diberikan PIN. Setiap transaksi yang dilakukan nasabah lewat fasilitas layanan dari bank mewajibkan nasabah untuk selalu memasukan PIN baik itu transaksi dari Mesin ATM, Internet Banking, Mobil Banking atau juga SMS Banking. 

Lalu apa sebabnya? Dalam banyak kasus yang telah terungkap oleh pihak yang berwenang, kejahatan perbankan sering kali terjadi karena pelaku berhasil mencuri PIN  dari rekening tabungan nasabah. Ada banyak cara yang dilakukan oleh pelaku, dan yang paling sering digunakan adalah modus kejahatan skimming pada mesin ATM dan modus phissing melalui internet banking.




Apa itu Skimming dan Phissing ?

Skimming adalah modus kejahatan perbankan dengan target sasaranya adalah pengguna mesin ATM. Dimana pelaku biasanya menaruh sebuah alat yang biasa disebut skimmer pada area sekitar lubang slot kartu ATM. Karena bentuknya yang kecil maka akan terlihat samar sehingga luput dari pandangan pengguna ATM. Dengan alat tersebut pelaku dapat dengan mudah mengetahui segala data terkait kartu ATM Anda dan data tersebutlah yang nantinya digunakan untuk membobol rekening nasabah. 

Selain memasang alat Skimmer biasanya pelaku juga akan memasang sebuah kamera kecil dan diletakan di sekitar tombol keyboard ATM yang mana kamera tersebut berfungsi untuk merekam segala aktifitas saat nasabah memasukan PIN ATM. Ketika data dan password ATM berhasil di dapat maka dengan mudah pelaku kejahatan bisa menguras saldo tabungan di dalam rekening.

Sedangkan Phissing adalah modus kejahatan perbankan dengan target sasaranya adalah pengguna layanan Internet banking maupun mobile banking. Cara kerja phishing ini beragam teknik, mulai dari phishing via email, SMS, telepon hingga pesan WhatsApp/DM sosial media. Biasanya sang pelaku kejahatan akan mengirimkan sebuah link kepada target sasaranya. Modus seperti ini lebih sering berhasil memperdaya  korbanya karena korban merasa tidak sadar sehingga dengan sukarela memberikan data-data pribadinya terkait akun Internet Bankingnya.

Nah, guna menghindari hal-hal seperti ini yang jelas merugikan. Maka sebagai nasabah Anda pun harus lebih pandai dari pelaku kejahatan. Ada beberapa cara jitu yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan rekening Anda dari para pelaku kejahatan tersebut. Salah satunya adalah dengan rutin melakukan pergantin PIN pada semua fasilitas layanan yang diberikan oleh bank, baik itu PIN ATM, PIN SMS Banking, PIN Internet Banking, Maupun PIN Mobile Banking. Dengan mengganti PIN secara berkala maka kerahasian PIN rekening Anda tetap bisa terjaga. 

Bagi Anda yang masih bingung tentang bagaimana cara melakukan pergantian PIN pada rekening BRI berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap langkah-langkahnya. Namun sebelumnya anda harus mempersiapkan terlebih dahulu PIN yang baru, simak beberapa hal penting di bawah ini dalam menggunakan PIN baru.


Pilih PIN Dengan Kombinasi Angka yang Sulit

Kebiasaan banyak orang adalah menggunakan tanggal lahirnya sebagai PIN, baik itu untuk PIN ATM maupun untuk PIN fasilitas Internet Banking. Jika anda adalah salah satu dari sekian orang tersebut, sadarilah bahwasanya penggunaan tanggal lahir sebagai PIN rekening sangat rentan untuk dibobol oleh pelaku kejahatan perbankan. 

Kemungkinan terburuk lainya adalah saat anda kehilangan dompet beserta dengan isinya termasuk Kartu Debet Aanda, maka kartu anda akan mudah di curi password-nya dengan melihat tanggal lahir yang tertera di KTP aAnda. Untuk itu pilihlah kombinasi angka secara acak dan pastikan Anda untuk selalu menghafalkannya.


Jangan Simpan PIN di Dalam SmartPhone

Kebiasaan satu ini juga masih sangat sering dijumpai. Yaitu menyimpan PIN di dalam kontak Smartphone. Dengan alasan takut lupa banyak nasabah yang sengaja melakukan cara ini. Padahal sudah jelas di terangkan bahwa PIN ATM maupun PIN Internet Banking sifatnya sangat rahasia, sehingga sebisa mungkin Anda sebagai nasabah bank harus pintar-pintar menghafalnya. Dengan menghafalkannya maka kerahasian sudah pasti terjaga dengan catatan Anda tidak membocorkanya pada siapapun juga.

Setelah PIN telah Anda tentukan selanjutnya abisa melakukan persiapan pergantian PIN. Berikut ini akan kami jelaskan secara detail untuk Anda terkait langkah-langkahnya .


 Cara Mengganti PIN di ATM BRI


Seperti biasa silahkan kunjungi mesin ATM BRI terdekat.
  1. Masukan kartu ATM - Setiap transaksi di mesin ATM pastilah selalu diawali dengan memasukan kartu ATM pada lubang slot mesin yang ada. Silahkan langsung saja anda masukan dengan posisi kartu ATM yang benar. Posisi kartu ATM BRI yang benar saat akan dimasukan ke mesin ATM adalah tanda chip berada pada bagian atas kanan.  
  2. Pilih Bahasa - Setelah kartu ATM diterima mesin, maka secara otomatis layar monitor akan menampilkan menu pilihan bahasa. Seperti yang anda ketahui hingga saat ini mesin ATM hanya menyediakan 2 pilihan bahasa saja, yaitu Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris. Silahkan pilih saja Bahasa Indonesia yaitu dengan cara menekan tombol yang berada disampingnya, atau jika mesin ATM yang anda gunakan sudah berteknologi Talk screen anda bisa langsung tap pada layar "Bahasa Indonesia". 
  3. Masukan PIN ATM-Silahkan masukan PIN ATM lama anda. Harap perhatikan baik-baik, saat anda memasukan PIN ATM pastikan semuanya terinput dengan benar. Jangan sampai anda melakukan kesalahan secara berturut-turut sebanyak 3 kali. Sebab jika sampai hal ini terjadi maka kartu ATM anda akan terblokir sehingga tidak bisa digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM. Untuk membukanya anda harus mengurusnya di kantor cabang BRI di kota anda.
  4. Pilih Transaksi Lainya - Setelah PIN ATM terinput dengan benar maka anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan menu. Silahkan anda pilih pada menu "Transaksi Lainya" yang berada pada bagian pojok kanan bawah layar.
  5. Pilih Ubah PIN - Kembali layar pada mesin ATM akan menampilkan halaman baru yang memuat beberapa pilihan submenu. Silahkan anda cari dan pilih pada "Ubah PIN".
  6. Masukan PIN Baru - Selanjutnya anda akan diminta memasukan PIN Baru. Silahkan masukan PIN baru yang telah disiapkan sebelumnya, pada tahap ini biasanya anda diminta untuk memasukan dua kali PIN baru. Setelah anda selesei memasukan PIN baru  mesin akan memerintahkan kembali untuk memasukanya lagi sebagai konfirmasi.
  7. Transaksi Selesei - Sampai tahap ini anda sudah berhasil mengganti PIN. Dan bersamaan dengan itu akan keluar struk konfirmasi bahwa pergantian PIN baru anda telah berhasil. Silahkan ambil dan simpan struk pergantian PIN anda.
  8. Tekan Tidak - Jika anda sudah tidak ingin melanjutkan transaksi lagi, maka pilih Tidak. Maka Kartu ATM anda akan keluar dengan sendirinya, segera ambil jangan sampai ketinggalan.

Cara Ganti PIN Internet Banking BRI

Yang pertama harus Anda lakukan tentu saja menyiapkan PIN baru. Perhatikan baik-baik PIN Internet Banking BRI tidak sama dengan PIN untuk ATM BRI. Jika PIN ATM BRI hanya menggunakan 6 kombinasi angka saja maka pada PIN Internet Banking harus menggunakan kombinasi 8 s/d 12 digit angka dan huruf. Minimal harus mengandung huruf kapital, 1 huruf kecil dan 1 angka (contoh 123456Ka atau Surabaya1).

Perlu diperhatikan juga password tidak boleh diberi spasi serta tidak boleh sama dengan 3 password yang digunakan sebelumnya. Jika PIN sudah anda siapkan selanjutnya Anda bisa melalukan pergantian PIN Internet banking dengan cara:

➤Silahkan mengakses halaman web https://ib.bri.co.id/ib-bri/ bisa dari smartphone dan bisa juga dari komputer ataupun laptop Anda. 
➤Berikutnya silahkan isikan User Id dan password Anda untuk Log in serta jangan lupa isi pula kode validation nya, lihat gambar!


➤Setelah Anda berhasil masuk maka selanjutnya pilih pada link ganti password yang ada pada bagian bawah halaman, lihat gambar!

➤Pada halaman baru yang terbuka silahkan isi semua kolom yang ada. Kolom pertama silahkan isi password lama Anda, kolom dibawahnya silahkan isikan password baru dan pada kolom yang ketiga silahkan isikan kembali password baru untuk konfirmasi. Kemudian silahkan klik pada permintaan mToken untuk mendapatkan mToken terbaru, lihat gambar!

➤Maka kode mToken secara otomatis akan dikirim lewat SMS ke nomor telepone Anda yang telah terdaftar pada layanan Internet banking. Tinggalkan sebentar halaman Internet banking dan silahkan buka SMS tersebut untuk melihat kode mToken.
➤Selanjutnya kembali ke halaman Internet banking dan masukan kode tersebut pada kolom mToken.
Jika semua sudah terisi dengan benar maka silahkan klik pada kolom ubah yang ada pada bagian bawah halaman, lihat gambar!


Cara Ganti PIN Mobile Banking BRI

Ketika Anda melakukan pergantian PIN Mobile Banking BRI maka secara otomatis PIN layanan SMS Banking Anda pun juga ikut terganti. Karena memang dua layanan ini saling terhubung. Dengan demikian Anda bisa mengganti PIN Mobile Banking ini lewat layanan SMS Banking, tanpa harus membuka aplikasi BRI Mobile. Untuk cara ganti PIN BRI Mobile caranya adalah

  • Buka aplikasi BRI Mobile kemudian pilih dan tekan pada menu pada "Mobile Banking BRI"
  • Pada halaman baru yang terbuka silahhkan pilih pada"PELAYANAN NASABAH" dan lanjutkan dengan pilih "GANTI PIN"
  • Selanjutnya langsung saja silahkan masukan PIN yang baru pada kolom atas dan ulangi masukan kembali  PIN baru tersebut pada kolom di bawahnya sebagai konfirmasi. Perhatikan PIN untuk Mobile Banking BRI ini hanya terdiri dari 6 digit angka saja.
  • Jika sudah langsung saja tekan "OK"
  • Kembali Anda akan diminta untuk memasukan PIN lama, silahkan ketikan lagi PIN lama Anda dan jika sudah tekan "SEND"
  • Akan muncul notifikasi yang berbunyi " Mobile banking akan melakukan transaksi menggunakan SMS. Anda yakin melanjutkan transaksi?" maka silahkan tekan "OK"
  • Kembali akan muncul notifikasi yang berbunyi "BRI Mobile akan mengirim SMS ke 3300, izinkan?" Maka langsung saja tekan "KIRIM"
  • Akan ada notifikasi kembali yang menyatakan bahwa transaksi Anda berhasil "Transaksi berhasil terkirim. Silahkan cek inbox SMS untuk status transaksi" silahkan tekan saja "OK"
  • Dan terakir silahkan buka kotak pesan di Smartphone Anda. Jika transaksi berhasil Anda akan mendapatkan SMS dari nomor 3300 yang menyatakan transaksi ganti PIN berhasil.

Cara Ganti PIN BRI Lewat SMS Banking

  • Gunakan HandPhone Yang berisi nomor yang telah terdaftar pada layanan SMS Banking BRI
  • Kemudian silahkan buka kotak pesan dan buat pesan baru dengan format SMS 
  • PIN (spasi) PIN bar4 (spasi) PIN lama kirim ke 3300
  • Contoh Penulisan: PIN 123456 345678 kirim ke 3300
  • Jika sudah,  akan ada Balasan “Ubah Pin Berhasil“ selesai.
  • Apabila belum ada sms balasan dari 3300 maka pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup pada nomor Anda yang terdaftar tersebut.

Catatan : Transaksi Ganti PIN melalui Mibile banking dan SMS Banking ini dikenakan tarif pulsa. Jadi pastikan sebelum Anda melakukan transaksi anda memiliki pulsa yang cukup pada nomor yang telah terdaftar dan teregistrasi pada layanan.


Cara Ganti PIN lewat aplikasi BRIMO

BRImo adalah aplikasi terbaru yang diluncurkan oleh bank BRI dimana aplikasi ini merupakan penggabungan dari tiga layanan perbankan BRI yaitu SMS banking, Internet Banking dan Mobile Banking BRI. Adapun cara mengganti PIN lewat aplikasi BRIMO adalah sebagai berikut 

  • Buka aplikasi BRIMO kemudian silahkan masukan user name serta password nya jika sudah tekan "log in"
  • Setelah login berhasil maka Anda akan dihadaokan pada halaman homepage yang berisi banyak pilihan menu. Silahkan pilih pada menu "Lainya" yang berada pada bagian kiri paling bawah.
  • Pilih "Ubah Password"
  • Silahkan masukan password lama dan baru Anda pada kolom yang tersedia dan jika sudah silahkan tekan "SIMPAN"
  • Selesei

Demikian tadi tentang cara mengganti PIN di semua layanan Bank BRI. Semoga bisa bermanfaat. Salam!@

2 comments for "5 Cara Mudah Mengganti PIN Rekening BRI, Lewat Mesin ATM, SMS Banking, Internet Banking dan Mobile Banking"

  1. Waktu mengganti no pin punya saya setelah saya cobak pin anda terblokir..sebagai syarat mengurus apa bisa gan orang lain yg mengurus dgn menggunakan buku rek dan fc ktp..mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat untuk mengurus kartu ATM yang terblokir, harus datang sendiri dan tidak boleh diwakilkan, datang dengan membawa buku tabungan, serta E-KTP

      Delete