Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengganti PIN Rekening BRI Lewat Mesin ATM

Di era sekarang ini, sudah banyak orang yang mempercayakan keamanan dana yang dimiliki pada bank. Dan Bank BRI menjadi salah satu Bank yang paling dipercaya oleh masyarakat. Banyak sekali kemudahan transaksi yang bisa anda lakukan jika mempunyai rekening di bank BRI.

Salah satu fasilitas kemudahan tersebut adalah diberikanya sebuah kartu ATM yang bisa anda gunakan untuk melakukan berbagai transaksi, diantaranya tarik tunai, setor tunai, pembayaran, transfer serta transaksi-transaksi lainya tanpa harus berkunjung di kantor cabang Bank BRI. Karena transaksi tersebut bisa anda lakukan menggunakan mesin ATM BRI.

Meskipun banyak sekali kemudahan yang bisa anda lakukan dengan menggunakan ATM BRI, namun anda harus tetap berhati-hati. Pasalnya sudah banyak sekali kasus yang menyeruak terkait mesin ATM, seperti pembobolan PIN ATM.

Oleh karena itu demi keamanan tabungan anda yang lebih exstra ada baiknya anda rutin mengganti PIN ATM BRI. Mengganti PIN ATM perlu anda lakukan secara berkala. Dalam hal ini pihak bank pun menganjurkan untuk selalu melakukan pergantian PIN paling lama setiap 3 bulan sekali.

Nah, sebelum melakukan pergantian  PIN rekening perhatikan dua poin penting berikut ini.

Pilih PIN ATM Dengan Kombinasi Angka yang Sulit

PIN ATM terdiri dari 6 kombinasi angka, kebiasaan banyak orang adalah menggunakan tanggal lahirnya sebagai PIN ATM. Jika anda adalah salah satu dari sekian orang tersebut, sadarilah bahwasanya penggunaan tanggal lahir sebagai PIN rekening sangat rentan untuk dibobol oleh pelaku kejahatan perbankan. Kemungkinan terburuk lainya adalah saat anda kehilangan dompet beserta dengan isinya termasuk Kartu Debet anda, maka kartu anda akan mudah di curi password-nya dengan melihat tanggal lahir yang tertera di KTP anda. Untuk itu pilihlah kombinasi angka secara acak dan pastikan anda untuk selalu menghafalkannya.

Jangan Simpan PIN ATM di Dalam SmartPhone

Kebiasaan satu ini juga masih sangat sering dijumpai. Yaitu menyimpan PIN ATM di dalam kontak Smartphone. Dengan alasan takut lupa banyak nasabah yang sengaja melakukan cara ini. Padahal sudah jelas di terangkan bahwa PIN ATM sifatnya sangat rahasia, sehingga sebisa mungkin anda sebagai nasabah bank harus pintar-pintar menghafalnya. Dengan menghafalkannya maka kerahasian sudah pasti terjaga dengan catatan anda tidak membocorkanya pada siapapun juga.

Setelah PIN ATM telah Anda tentukan selanjutnya anda bisa melakukan pergantian dengan mengunjungi gerai ATM BRI terdekat dari rumah anda. Bagi anda yang masih bingung tentang bagaimana caranya? Berikut ini akan kami jelaskan secara detail untuk anda terkait langkah-langkahnya .

Baca :
Pentingnya Menyimpan Nomor Call Center Custumer Service Bank BRI

Mau Transfer Uang Dari Bank BRI ke Bank Lain? Perhatikan Cara Yang Benar Berikut

Apakah Benar, Uang Logam Rp 500 Edisi Tahun 1991 Memiliki Kandungan Emas?

Cara Mengganti PIN ATM BRI


Seperti biasa silahkan kunjungi mesin ATM BRI terdekat.
  1. Masukan kartu ATM - Setiap transaksi di mesin ATM pastilah selalu diawali dengan memasukan kartu ATM pada lubang slot mesin yang ada. Silahkan langsung saja anda masukan dengan posisi kartu ATM yang benar. Posisi kartu ATM BRI yang benar saat akan dimasukan ke mesin ATM adalah tanda chip berada pada bagian atas kanan.  
  2. Pilih Bahasa - Setelah kartu ATM diterima mesin, maka secara otomatis layar monitor akan menampilkan menu pilihan bahasa. Seperti yang anda ketahui hingga saat ini mesin ATM hanya menyediakan 2 pilihan bahasa saja, yaitu Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris. Silahkan pilih saja Bahasa Indonesia yaitu dengan cara menekan tombol yang berada disampingnya, atau jika mesin ATM yang anda gunakan sudah berteknologi Talk screen anda bisa langsung tap pada layar "Bahasa Indonesia". 
  3. Masukan PIN ATM-Silahkan masukan PIN ATM lama anda. Harap perhatikan baik-baik, saat anda memasukan PIN ATM pastikan semuanya terinput dengan benar. Jangan sampai anda melakukan kesalahan secara berturut-turut sebanyak 3 kali. Sebab jika sampai hal ini terjadi maka kartu ATM anda akan terblokir sehingga tidak bisa digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM. Untuk membukanya anda harus mengurusnya di kantor cabang BRI di kota anda.
  4. Pilih Transaksi Lainya - Setelah PIN ATM terinput dengan benar maka anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan menu. Silahkan anda pilih pada menu "Transaksi Lainya" yang berada pada bagian pojok kanan bawah layar.
  5. Pilih Ubah PIN - Kembali layar pada mesin ATM akan menampilkan halaman baru yang memuat beberapa pilihan submenu. Silahkan anda cari dan pilih pada "Ubah PIN".
  6. Masukan PIN Baru - Selanjutnya anda akan diminta memasukan PIN Baru. Silahkan masukan PIN baru yang telah disiapkan sebelumnya, pada tahap ini biasanya anda diminta untuk memasukan dua kali PIN baru. Setelah anda selesei memasukan PIN baru  mesin akan memerintahkan kembali untuk memasukanya lagi sebagai konfirmasi.
  7. Transaksi Selesei - Sampai tahap ini anda sudah berhasil mengganti PIN. Dan bersamaan dengan itu akan keluar struk konfirmasi bahwa pergantian PIN baru anda telah berhasil. Silahkan ambil dan simpan struk pergantian PIN anda.
  8. Tekan Tidak - Jika anda sudah tidak ingin melanjutkan transaksi lagi, maka pilih Tidak. Maka Kartu ATM anda akan keluar dengan sendirinya, segera ambil jangan sampai ketinggalan.

Bagaimana mudah bukan, sekali lagi kami tegaskan PIN ATM sifatnya sangat rahasia, sehingga pastikan tidak ada satupun orang selain anda yang mengetahuinya agar dana di rekening anda tetap dalam keadaan aman. 

Bagaimana Jika Lupa PIN ATM? Apakah Bisa Di Ganti Yang Baru

Jika anda mengalami kejadian lupa PIN maka langkah benar yang harus anda lakukan adalah datang di kantor cabang BRI terdekat untuk melakukan perubahan PIN baru. Adapun beberapa persyaratan yang harus di bawa adalah KTP, Kartu ATM, dan juga buku tabungan. Persyaratan tersebut juga berlaku bagi anda yang kartunya terblokir. Kartu ATM BRI yang terblokir hanya bisa di urus di kantor cabang BRI. Adapun terkait biayanya tidak dikenakan biaya apapun/gratis. 

Tips Aman Bertransaksi di ATM

Maraknya kasus pembobolan rekening bank beberapa tahun belakangan ini harusnya menjadi pelajaran bagi kita semua terutama nasabah Bak BRI. Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih lokasi ATM serta berhati -hati dalam menggunakanya. Pilihlah lokasi ATM yang ramai pengunjung sebab kebiasaanya pelaku kejahatan selalu mentarget lokasi yang sepi. Jangan menggunakan mesin ATM jika dirasakan adanya suatu kejanggalan misal slot kartu tampak rusak. Jika kebetulan anda mengalami kejadian ini sebaiknya jangan melakukan transaksi dan segera berpindah ke ATM BRI lainya.


TUTORIAL VIDIO :

6 comments for "Cara Mudah Mengganti PIN Rekening BRI Lewat Mesin ATM"

  1. Yups, buat yang belum jelas, silahkan tinggalkan komentar disini ya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo pin atm ganti apa harus ganti di aplikasi m.banking juga kak?? Trmkaih

      Delete
  2. Aku udah lakukan sama persis sprt ituh. Tapi g ada keluar struk . Pas d mnta masukan pin lagi, ktnya salah. Udah keblokir skrg... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih atas kunjunganya. Jika dilakukan benar sesuai dengan panduan diaatas harusnya Pin ATM sudah terganti. Terkait tidak keluar struk bukti pergantian PIN sukses kemungkinan kertas struk ATM nya habis. Nah, apabila kartu ATM nya terblokir cara memulihkanya silahkan berkunjung di kantor cabang BRI, dengan membawa buku tabungan dan KTP, dan silahkan ke bagian custumer servis, Trmaksih!!

      Delete
  3. Waktu mengganti no pin punya saya setelah saya cobak pin anda terblokir..sebagai syarat mengurus apa bisa gan orang lain yg mengurus dgn menggunakan buku rek dan fc ktp..mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat untuk mengurus kartu ATM yang terblokir, harus datang sendiri dan tidak boleh diwakilkan, datang dengan membawa buku tabungan, serta E-KTP

      Delete