Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meski Berusia Tua Nyatanya Israel Lebih Memilih F-15 Dari Pada F-35, Inilah Alasanya!

Pesawat F-35 siapa yang tidak menginginkan pesawat super canggih buatan Amerika Serikat ini. Hampir pasti semua negara menginginkannya, tak berlebihan rasanya jika dikatakan demikian karena memang pesawat ini dilengkapi dengan teknologi terbaru dengan kemampuan siluman yang menjadikanya tidak bisa di deteksi radar lawan. Pesawat ini digadang gadang merupakan pesawat generasi ke 5 yang paling canggih yang telah berhasil diciptakan manusia di abad ini. 

Namun siapa sangka Israel yang merupakan sekutu paling klop dari Amerika malah lebih suka memperbanyak membeli pesawat tempur F-15 Eagle dari pada F-35 Joint Strike Fighter terbaru yang terhebat. Jika dilihat dari umurnya sudah jelas kalau F-15 adalah pesawat yang sudah sangat tua. F-15 terbang perdana pada 27 Juli 1972 dan diperkenalkan pertama kali pada 9 Januari 1976. Lalu apakah yang menjadi alasan Israel lebih memilih untuk memperbanyak F-15?


Baca ; Ancaman Bom Nuklir Korea Utara Yang Membuat Dunia Semakin Ciut Nyali

Meski F-15 merupakan pesawat yang bisa dikatakan sudah usang, namun si burung besi ini menawarkan fleksibilitas yang lebih kepada Israel, khususnya untuk menyerang musuh bebuyutannya yaitu Iran. 

Menurut Aviation Week & Space Technology, Israel membagi kekuatan udaranya menjadi dua kategori yaitu :

  • Jet tempur yang bisa menyerang target di perbatasan Lebanon dan Suriah. Untuk kategori ini Israel menggunakan F-35 nya.
  • Dan jet tempur yang dapat menghantam sasaran jauh seperti halnya program nuklir Iran. Pada kategori kedua ini Israel lebih memilih F-15 alasanya adalah karena F-35 Joint Strike Fighter tidak cukup kuat untuk menjangkau sasaran yang jaraknya ribuan mil di Iran. 

Hal tersebutlah yang membuat Israel enggan berpaling dari F-15 sebagai salah satu jet tempur andalan mereka. Meskipun sudah udzur faktanya F-15 memberikan kombinasi kekuatan dan jangkauan yang begitu mengagumkan karena bisa menyerang target di luar jangkauan sebagian besar angkatan udara.

Sangking kepincutnya dengan jet tempur tersebut pada tahun 2018 Israel mengumumkan untuk membeli lebih banyak F-15 dengan varian kusus atau lebih tepatnya dimodernisasi yaitu F-15IA (Israel Advanced). F-15IA merupakan sebuah varian paling canggih dari F-15 Eagle. Tak main-main sumber yang ada mengatakan jika Israel memesan hingga 20 unit F-15IA dan kabarnya pesawat pesanan yang pertama akan tiba di Israel paling cepat 2023. Lebih detail lagi pesawt F-15 pesanan Israel ini dilengkapi dengan tegnologi mendatang diantaranya adalah kokpit canggih, radar AESA, radar AESA, rangkaian peperangan elektronik digital, komputer misi tercepat di dunia, dan sensor modern. Varian terbaru ini juga mempunyai kemampuan terbang  yang lebih cepat dan juga daya jelajah yang lebih jauh dari F-15 biasa.

Baca ; 5 Negara Dengan Kekuatan Militer Yang Paling Ditakuti Amerika

Post a comment for "Meski Berusia Tua Nyatanya Israel Lebih Memilih F-15 Dari Pada F-35, Inilah Alasanya!"