Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Tarik Tunai / Ambil Uang Pakai Kartu ATM BRI di Mesin ATM BNI Link

Bisakah mengambil uang di mesin ATM BNI dengan menggunakan kartu ATM BRI? Jawabanya adalah tentu saja bisa. Namun pastinya akan dikenakan biaya tambahan yang akan dipotong langsung dari rekening BRI Anda karena transaksi yang dilakukan menggunakan ATM yang berbeda. 

Saya mendengar dari teman, katanya ambil uang di ATM BNI dengan kartu BRI  gratis ? Pastikan dulu teman Anda tersebut menggunakan jenis ATM BNI apa. Jika transaksi dengan menggunakan mesin ATM BNI biasa pasti juga akan dikenakan biaya tambahan yaitu sebesar Rp.7500. Namun apabila transaksi dilakukan dengan ATM BNI jenis link maka tidak dikenakan biaya alias gratis.

Memang tidak bisa dipungkiri jika kegiatan tarik tunai di ATM sudah menjadi aktifitas rutin bagi kebanyakan orang. Namun, terkadang kita sebagai nasabah terkendala dengan keberadaan mesin ATM yang letaknya sangat jauh dari lokasi kita berada. Akibatnya kita harus mengeluarkan banyak waktu untuk menuju ke gerai ATM yang sesuai dengan bank kita. Ini tentu menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi pihak bank untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, bagaimana nasabah bisa melakukan transaksi di berbagai mesin ATM yang berbeda bank tanpa adanya potongan. 

Maka dari itu diterbitkanlah yang namanya ATM Link. Jaringan ATM ini merupakan Buah hasil kerjasama dari bank BUMN, seperti Bank BTN, BNI, Mandiri dan BRI. Dengan menggunakan ATM link maka Anda tidak dikenakan biaya atau bebas potongan saat bertransaksi tarik tunai. Tak hanya transaksi tarik tunai saja yang bisa dilakukan di ATM Link ini, Anda pun juga bisa melakukan transakai lainya seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan dsb. Namun untuk transaksi transfer antar bank, Anda akan dikenakan potongan sebesar Rp 4000 untuk pengguna kartu ATM 4 bank Himbara.

Tetapi sampai saat ini masih banyak nasabah yang tidak mengetahui apa itu ATM link dan bagaimana cara penggunaanya. Karena ketidaktahuanya itulah nasabah hanya akan bertransaksi di mesin ATM yang sesuai dengan bank nya. 

Seperti telah disebutkan diatas ATM link adalah jaringan mesin ATM hasil kerja sama dari 4 Bank BUMN terbesar di Indonesia yaitu Bank BTN, Mandiri, BNI, dan BRI. Secara fisik bentuk ATM Link ini sama saja dengan ATM pada umumnya. Untuk mengenalinya sebenarnya cukup gampang. ATM jenis link memiliki ciri layar berwarna dasar putih dengan bagian tepinya ada garis membentuk kotak merah. Terdapat tulisan “Selamat Datang di ATM Link Untuk berbagai transaksi yang aman, ekonomis, dan mudah” di tengah layar, logo “LINK” di kiri atas layar, serta logo “BTN, BNI, Mandiri dan BRI” di layar bagian bawah. 


Hingga saat ini, total sudah lebih dari 50 ribu ATM Link (Himbara) yang tersebar di seluruh wilayah tanah air. Dan kemungkinan akan terus bertambah jumlahnya. 

Keuntungan Menggunakan Mesin ATM Link

Menggunakan mesin ATM Link memberikan banyak sekali keuntungan bagi anda sebagai seorang nasabah bank pemerintah. Dan salah satu keuntungan adalah Anda bisa melakukan transaksi di berbagai mesin ATM yang tergabung dalam jaringan ATM Himbara. 

Penjelasan sederhananya adalah jika Anda adalah salah satu nasabah dan pemegang kartu ATM dari 4 bank ini ( BTN, BRI, BNI, Mandiri) maka Anda dapat dengan mudah bertransaksi dengan menggunakan ATM link dari masing masing bank tersebut. Dan pastinya untuk transaksi tarik tunai bebas dari biaya atau gratis.

Bagaimanakah Cara menggunakan ATM Link ?

Dalam penggunaan mesin ATM ini sama saja dengan mesin ATM biasa pada umumnya. Anda tinggal memasukan kartu ATM bank Anda ke salah satu mesin ATM link dari 4 bank tersebut selanjutnya tinggal ikuti saja perintah yang tertera di layar ATM. Sebagai contohnya kami akan menjelaskan Cara tarik tunai di ATM Link BNI dengan menggunakan Kartu ATM BRI begini langkah-langkahnya :


  1. Cari ATM Bank BNI yang berlogo ATM Link
  2. Berikutnya masukkan kartu ATM Anda dan pilih bahasa (pilih saja "Bahasa Indonesia" agar lebih mudah).
  3. Langkah selanjutnya, masukkan pin ATM Anda dengan benar. Awas hati-hati jangan sampai salah dan ketahuan oleh orang disekitarmu.
  4. Selanjutnya bakal muncul nominal tarikan uang yaitu 50.000, 200.000, 250.000, 500.000, 1.000.000, 1.250.000. Silakan klik salah satu nominal tersebut untuk proses pengambilan Uangnya. Dan apabila Anda ingin melakukan tarik tunai dalam jumlah lain (misal 100.000), silakan pilih penarikan jumlah lain dan ikuti pedoman selanjutnya.
  5. Terakhir pilih sumber dana dari rekening tabungan dan tunggu hingga struk, kartu ATM, dan uang  keluar.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara tarik menggunakan ATM Link BNI dengan kartu ATM BRI di atas? Bila di daerah kamu terdapat mesin ATM seperti itu (re:atm linSelamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Post a comment for " 5 Cara Tarik Tunai / Ambil Uang Pakai Kartu ATM BRI di Mesin ATM BNI Link"