10 Cara Yang Bisa Menghindarkanmu Dari Sambaran Petir

watch_later Thursday, 8 December 2016
Siklus 5 tahunan yang terjadi tahun ini benar - benar membuat hujan berlangsung sepanjang tahun. Terhitung sejak Januari 2016 sampai Desember hujan seakan tiada henti. Jikalau berhenti paling beberapa hari terus hujan lagi. Dan hal ini tentunya bikin kita susah. Karena selain banjir pastinya banyak petir. Karena seperti kita tau jika ada hujan pasti ada petir. Dua hal tersebut bagaikan sijoli yang tak dapat dipisahkan.

Sebenarnya kalau kita tahu bunyi petir yang menggelegar tersebut berfungsi menyeimbangkan alam agar elektron yang berlebih di udara dapat terbuang. Namun tak dapat dipungkiri keganasan petir tak ayal membuat kita takut. Karena bukan saja membuat celaka bahkan sampai harus kehilangan nyawa. Ihhh.... Serem kan. Sebenarnya kenapa sih selalu ada petir saat hujan? Hal tersebut karena saat hujan udara mengandung kadar air yang tinggi dan daya isolasinya rendah sehingga arus menjadi lebih mudah mengalir. Sementara awan mengandung listrik bermuatan negatif dan positif. Maka perbedaan muatan inilah yang akhirnya membuat gelegar petir yang menyeramkan.

Lalu hal apa sajakah yang mesti kita lakukan saat petir menggelegar datang?


1. Cari Tempat Aman Untuk Berlindung
Jika kamu berada di luar ruangan saat terdengar petir, sebaiknya segera cari tempat yang aman untuk berlindung. Seperti masuk dalam bangunan maupun ke dalam mobil. Meskipun jika dilihat mobil memiliki lapisan seperti logam namun mobil menjadi tempat yang aman untuk berlindung. Hal tersebut karena arus petir akan mengelilingi permukaan mobil berikutnya arus akan hilanghilang menuju tanah. Hal tersebut sama jikalau kita berada dalam pesawat. Karena pesawat terbuat dari bahan yang anti petir. Kan sereeem jika saat di angkasa tiba - tiba ada petir.

2. Jangan Berada Di Bawah Tower Atau Bangunan Berbahan Logam
Benda berbahan logam merupakan salah satu penghantar listrik yang baik. Karena itu jika terdengar bunyi petir sebaiknya kamu segera meninggalkan tempat itu.

3. Jauhkan Diri Kamu Dari Roda Atau Sayap Pesawat
Hal tersebut tentunya buat kamu yang bekerja di bandara. Petir yang biasanya melepaskan energi pada tanah lapang bisa saja menyambar ekor pesawat yang lebih tinggi. Akibatnya tentu saja sangat berbahaya jika kamu berada di bawah sayap atau roda pesawat.  Karena bisa saja kamu ikut terkena aliran listrik dari petir tersebut.

4. Jangan Berlindung Di Bawah Pohon
Hujan yang disertai petir kadang membuat kita asal dalam mencari tempat berteduh. Pohon yang kita anggap aman untuk berlindung dari hujan dan petir justru menjadi petaka tersendiri. Hal tersebut karena pohon dapat mengalirkan arus listrik dari petir yang menyambar. Sekali lagi karena pohon yang terkena hujan dapat dengan mudah menghantarkan listrik. Jadi buat kamu yang pingin berteduh sebaiknya cari bangunan rumah.

5. Segera Keluar Dari Air Jika Terdengar Petir
Jika kamu sedang berada di kolam renang. Ataupun saat mandi di dalam ruangan sebaiknya segera tinggalkan tempat tersebut. Hal ini karena air merupakan sarana paling berbahaya jika terkena sambaran petir.

6. Matikan Handphone
Dimanapun kamu berada jika terdengar suara petir sebaiknya matikan Hp. Meskipun pada dasarnya Hp hanya mempunyai materi logam yang sedikit Namun masih bisa berbahaya jika ada petir menyambar. Demikian pula dengan pesawat telephone hal tersebut karena arus listrik dapat lewat melalui kabel telephone.

7. Hindari Api
Bukan hanya air sebagai media untuk penghantar listrik. Api juga sangat berbahaya saat petir menyambar. Untuk menjaga keselamatan sebaiknya jika petir berbunyi hentikan acara masak kamu.

8. Segera Masuk Kapal
Saat dalam perjalanan menggunakan kapl laut hendaknya lebih berhati - hati saat musim hujan dan ketika terdengar petir. Segera masuk ke dalam ruangan dan jangan berada di bawah tiang layar.

9. Matikan Barang Elektronik
Untuk menjaga kamu dari bahaya tersambar petir matikan semua alat elektronik. Sekalipun tidak menyambar ternyata petir bisa membuat peralatan eletronik  rusak jika terus onn dengan listrik saat ada petir. Hal tersebut karena  tegangan listrik dapat bertambah saat petir menyambar.

10.Jauhi Pintu Dan Jendela
Meskipun sudah berada dalam rumah bukan berarti kita sudah aman sepenuhnya. Tutup pintu, jendela , rumah anda. Termasuk kamar mandi karena tempat tersebut bisa membuat anda terkena bahaya petir. Jangan lupa pakai sandal yang kering untuk mengurangi resiko tersambar petir.

Demikian cara menghindarkan diri dari bahaya petir. Semoga bisa membantu.


Baca Lainya : Setuju Gak? Mengendarai Motor Vespa itu Lebih Keren Dari Pada Motor Lainya

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.