10 Negara Dengan Predikat Negara Termiskin di Dunia, Kamu Harus Baca!!

watch_later Wednesday, 28 December 2016
Tinggal di negara yang kaya dengan pemimpin yang royal kepada rakyat rasanya merupakan impian setiap manusia di bumi ini. Namun sayangnya tak semua negara sanggup memenuhi impian tersebut, ya termasuk negara kita. Namun sepatutnya kita mesti harus bersyukur pasalnya di bawah kita masih banyak negara yang jauh lebih nelangsa dari Indonesia tercinta kita. Berikut 10 Negara Yang Memiliki Pendapatan Terendah menurut laman Gazettereview .

 

1. Papua Nugini


Negara yang berbatasan langsung dengan provinsi Papua ini menjadi negara dengan pendapatan perkapita 539,62 dollar pertahunnya. Hal tersebut memang  sangat memungkinkan mengingat  perekonomian negara ini masih bertumpu pada sektor agraris.  Dengan komoditas utama sagu, ubi, talas, padi, kacang, serta buah mete. Negara persemakmuran Inggris  juga menjadi salah satu eksportir kopi, kelapa, coklat , dan karet.  Sementara untuk hasil tambang Papua Nugini memiliki tembaga.

2. Ethiopia


Negara yang dulunya dikenal dengan nama Abyssinia ini merupakan negara merdeka tertua di Afrika. Bahkan konon katananya negeri ini pun merupakan salah satu negeri tertua di dunia. Namun pada kenyataanya perjalanan panjang menjadi sebuah negara tak juga membuat Ethiopia menjadi sebuah negara yang makmur. Hal tersebut memang tak lepas dari wilayah Afrika sendiri yang gersang dan tandus. Apalagi di perparah  dengan perang saudara yang tak berkesudahan sehingga kedua kondisi tersebut sempat menjadikan Ethiopia negara yang mengalami kelaparan parahparah di tahun 1984 - 1985. Negara yang merupakan tanduk Afrika ini hanya memilili 505,00 dollar perkapita .

3. Gambia


Negara yang telah memproklamirkan diri menjadi republik Islam ini menjadi negara selanjutnya dengan pendapatan perkapita  sebesar  484,10 dollar. Komoditi ekspor yang bisa digunakan untuk meningkatkan perekonomian Gambia hanya bertumpu pada sektor pertanian dan perikanan. Tak kalah memilukan Uni Eropa yang merupakan penyokong dana kemanusiaan, menghentikan bantuannya setelah negara ini berhenti menjadi negara persemakmuran.

4. Kongo



Duluorang mengenal negara ini dengan sebutan Zaire. Negara yang berada di Afrika tengah barat   ini sebenarnya kaya akan minyak bumi. Namun konflik perang saudara yang berkepanjangan yaitu di tahun 1993 sampai tahun 2003 membuat negara ini  porak poranda. Maka akibatnya tak dapat dielakkan lagi hingga sekarang Kongo masih terus berjuang untuk mwmperbaiki perekonomian negaranya. Tercatat pendapatan negara ini hanya 484,20 dollar perkapita.

5. Liberia


Berdiri pada tahun 1822 merupakan negara bentukan  ACS atau Amerika  Colonization Society. Negara ini dibentuk sebagai tempat untuk budak yang di bebaskan oleh banyak orang di Amerika. Negara ini mengalami konflik tak berkesudahan di tahun 1989 sampai 2003. Perang saudara meluluh lantakkan berbagai sektor, tak terkecuali pendidikan dan  ekonomi. Penduduk negara ini yang melek huruf tak lebih dari 25 % maka tak mengherankan jika 20 % saja masyarakat liberia yang dapat bekerja pada sektor formal. Bahkan wajib belajar pun hanya 1,3 tahun bisa dibayangkan bagaimana keadaan negeri ini. Sebenarnya secara ekonomi negara ini merupakan pengekspor karet dan bijih besi. Namun tetap saja pertumbuhan ekonomi yang tidak merata membuat negara ini hanya memiliki 454,30 dollar perkapita.

6. Madagaskar


Negara ini sebenarnya di tahun 2005 menemukan cadangan minyak bumi, bahkan mempunyai pertambangan batu permata berupa safir. Namun karena pemerintahan yang korup membuat madagaskar tetap bertahan menjadi negara miskin. Perekonomian rakyat hanya bertumpu pada sumber daya alam. Penebangan kayu menjadi salah satu upaya untuk bertahan hidup masyarakatnya . Tak ayal semakin tahun SDA semakin berkurang. Kondisi geografi seakan ikut melengkapi kesengsaraan Madagaskar, mengingat jalur udara dan laut hanya bisa di tempuh untuk proses perdagangan. Pendapatan perkapita negara ini 463,00 dollar perkapita.

7. Nigeria


Meskipun di tahun 2013 secara GDP ( Gross Domestic Product ) negara ini mencapai 510 miliar dollar, dan merupakan ekonomi terbesar di Afrika, namun kenyatannya hal tersebut tak banyak berimbas bagi kesejahteraan rakyat Nigeria. Bahkan menurut PBB negara ini masih menempati urutan 153 negara miskin di dunia. Rakyat Nigeria hanya mampu mendapatkan pengahasilan 12500 / hari. Total pendapatan perkapita negara ini tak lebih dari 415, 40 dollar/ kapita.

8. Republik Afrika Tengah


Negara dengan mata pencaharian penduduknya bertani ini merupakan negara dengan pendapatan terendah selanjutnya, Meskipun sektor ekonomi ditunjang dengan Keberadaan intan, mangan, emas, tembaga dan minyak bumi .Perekonomian Republik Afrika belum juga stabil . Apalagi hal tersebut
dipengaruhi situasi politik yang terus bergolak negara ini hanya memiliki 333, 20 pendapatan perkapita.

9. Burundi


Banyaknya warga Burundi yang lebih memilih keluar dari negaranya membuktikan bahwa secara ekonomi negara ini sangat memprihatinkan. Namun jika di telisik secara mendalam berbagai faktor membuat Birundi menjadi negara yang tak nyaman di tinggali. Berbagai masalah komplek sepwrti sosial masyarakat yang rusak, kekerasan, kemiskinan, korupsi membuat negara ini tak bisa move on dari ketertinggalannya. Bahkan pendapatan negara ini hanya 267,10 dollar/kapita.

10. Malawi


Sungguh miris rasanya melihat keberadaan negara ini. Dengan pendapatan 1 dollar sehari rakyat Malawi harus berjuang keras untuk hidupnya. Negara rawan bencana dengan HIV aids menggerogoti rakyat Malawi. Bahkan untuk bertahan hidup mereka menjual air seni yang konon katanya untuk pupuk. Pendapatan perkapita negara ini 226,50.


Baca Lainya : 12 Negara Ini Punya Tradisi Unik Dalam Meminum Kopi

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.