10 Negara Ini Tak Punya kekuatan Militer, Duuh Gimana Jadinya?

watch_later Thursday, 29 December 2016
Sumber gambar: jadiberita.com
Kebaradaan suatu negara sepertinya tidak bisa dilepaskan dari Angkatan bersenjata. Hal tersebut memang penting adanya mengingat keamanan serta kedaulatan negara bertumpu pada bidang militer. Seperti kita tahu untuk menjaga kedaulatan wilayah suatu negara, sebagian besar negara sampai rela menganggarkan budget yang luar biasa untuk memperkuat angkatan bersenjata mereka. Hal tersebut bukan tanpa alasan sebab semakin kuat militer yang dimiliki, maka semakin segan negara lain.

Namun bagaimanakah jika sebuah negera tidak memiliki kekuatan militer sama sekali? Hah.... benarkah lalu bagaimana negara tersebut dapat bertahan dari ancaman negara lain?  Berikut adalah 10 Negara yang dapat bertahan tanpa kekuatan militer. 


1. Vatikan




Sumber gambar: detik.com

Negara dengan luas 44 hektar ini menjadi salah satu negara yang tidak mempunyai kekuatan militer. Kota suci bagi seluruh umat Katolik dunia ini sebenarnya dulu sempat memiliki pasukan militer yang bernama Garda Noble dan Palatine Garda. Namun keberadaan kedua pasukan tersebut dihapus oleh  Paus Paulus Vl sejak tahun 1970. Mengingat pentingnya Vatikan bagi umat Katolik , juga keberadaannya yang berada di tengah kota Roma, maka pemerintah Italia mengambil alih kemiliteran yang ada di Vatikan dengan menempatkan pasukan Garda Swiss Sri Paus serta Gendarmerie Corps. Pasukan ini bertugas sebagai pengawal pribadi Paus, penjaga istana Vatikan, petugas upacara serta pengatur lalu lintas dan kriminal. Jadi meskipun secara kenegaraan Vatikan tidak punya militer namun akan tetap aman selama dalam perlindungan Italia.


2. Andora



Sumber gambar: m.detik.com

Andora merupakan suatu negara kecil yang didiami oleh sekitar  85 ribu jiwa. Mayoritas penduduknya beragama Katolik. Hal yang membuat negara ini terkenal adalah  di saat tahun 1945 dimana secara terang terangan Andora menantang Jerman untuk berperang dengan hanya 10 tentara. Untuk menjaga keamanan negara saat ini Andora hanya memiliki 240 pasukan saja. Untuk mengatasi darurat militer negara ini bekerja sama dengan Spanyol dan Prancis. Bahkan demi menjaga kedaulatannya Andora juga tergabung dalam NATO.


3. Liechtenstein



Sumber gambar: kompasiana.com

Memiliki kemerdekaanya tahun 1815 setelah diakui kedaulatanya melalui konfederasi Jerman. Meskipun telah menjadi negara sendiri bahasa resminya adalah Jerman. Sejarah militer Liechtenstein berakir pada tahun 1868. Setelah pemerintah sepakat menghapuskan  militer karena ketidak adaan biaya . Namun uniknya meski tanpa militer negara ini sangat aman. Bahkan saat malam pun warga liechteinstein tidak harus tidur dengan rumah terkunci. Kasus kriminal terakhir dilaporkan terjadi tahun 1997. Namun begitu , jika ada ancaman dari negara luar akan sangat berbahaya sekali mengingat tidak ada satupun negara lain yang diajak bekerja sama melindungi Liechtenstein.

4. Nauru



Sumber gambar: m.tempo.co

Merupakan negara republik terkecil di dunia. Luas wilayahnya hanya 21km/segi . Nauru dulunya merupakan negara yang kaya raya dengan penjualan fosfat . Namun keserakahan membuat negara ini jatuh miskin sampai tidak bisa mendanai militer. Pemerintah hanya sanggup membayar sejumlah kecil Polisi yang  bertugas mengamankan penjuru pulau. Sehingga untuk  menjaga stabilitas dari serangan luar, pemerintah Nauru memilih Australia sebagai pelindungnya . Sebagaimana tahun 1940 saat negara itu di serang oleh Jerman.


5. Samoa




Sumber gambar: m.kompasiana.com

Negara yang terletak di samudra Pasifik ini tidak punya kekuatan militer sama sekali. Untuk mempertahankan dari serangan luar,  negara ini bergantung pada Selandia baru.


6. Kepulauan Marshall



Sumber gambar: m.kompasiana.com
Negara yang terletak di samudra Pasifik sebelah barat ini menjadi negara berdaulat semenjak diberikan kemerdekaan oleh Amerika dan secara militer juga Amerika menjadi pelindung negara ini atas dasar perjanjian asosiasi bebas.



7. Granada



Panorama Grenada: www. Terasmamuju.com
Negara kecil yang berpenduduk lebih kurang 103 ribu ini merupakan negara selanjutnya yang tidak punya militer. Kenyataan ini bertambah pahit setelah Amerika menginfasi negara ini dengan menurunkan 1900 tentaranya. Alasan sepele yang mendasari infasi Amerika adalah ingin melindungi warganegaranya yang bekerja di Granada. Apadaya Granada tidak punya militer , dan hanya memiliki kepolisian royal granat yang hanya bisa pasrah melihat negaranya di invasi.


8. Kepulauan Solomon



Sumber gambar: m.brilio.net
Secara geografis kepulauan Solomon terdiri dari ribuan pulau. Sebagai mana Indonesia seharusnya negara ini juga mempunyai militer untuk melindungi wilayahnya. Namun kenyataanya  sejak tahun 1893 negara ini tidak mempunyai kekuatan militer setelah secara paksa oleh Inggris dihapuskan. Untuk menjaga keamanan Solomon dibantu Inggris sampai tahun 1998. Namun sejak ditinggalkan Inggris sampai tahun 2006 terjadi konflik di berbagai aspek . Sehingga untuk memulihkan keadaan Australia dan Selandia baru ikut campur tangan.


9. Palau



Sumber gambar: boombastis.com
Berada di samudra Pasifik barat yang merupakan bagian dari Mikronesia,
Berdiri sebagai negara yang berdaulat di bawah PBB Pasifik selama 3 tahun sebelum mendapatkan kemerdekaan di tahun 1978. Namun kemerdekaan sepenuhnya baru di dapat di tahun 1994 ketika terjadi kesepakatan asosiasi bebas. Untuk hal militer pemerintah Amerika berkuasa sepenuhnya.


10. Monako



Sumber gambar: m.brilio.net
Negara berbendera sama seperti  Indonesia merupakan negara kerajaan yang terletak di sebelah timur Prancis. Secara militer Monako bergantung pada Prancis. Namun untuk urusan lokal mereka memiliki satuan pengamanan khusus. Yaitu pengamanan untuk menjaga pemerintah dan kerajaan serta untuk menjaga ketertiban umum dan pemadam kebakaran.


Baca Lainya : 7 Cara Ini Konon Bisa Membuatmu Melihat Hantu

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.