12 Negara Ini Punya Tradisi Unik Dalam Meminum Kopi
12 Negara Ini Punya Tradisi Unik Dalam Meminum Kopi

12 Negara Ini Punya Tradisi Unik Dalam Meminum Kopi


Kopi. Minuman yang di hasilkan dari biji kopi yang di sangrai kemudian dihaluskan ini memang menjadi salah satu minuman vavorit di dunia. Berbagai cerita menyebutkan sejarah di temukannya kopi. Dahulu konon katanya ada seorang penggembala kambing di negeri Abbessynia atau yang sekarang lebih dikenal dengan Ethiopia  tanpa sengaja menemukan biji kopi. Singkat cerita pemuda tersebut memproses biji kopi tersebut menjadi minuman. Dan ternyata setelah di coba minuman tersebut sangat nikmat. Akibatnya banyak orang yang penasaran dan mulai menngemari minuman yang satu ini.

Selanjutnya kopi menyebar ke Mesir, dan Yaman. Bahkan di abad 15 penyebaran kopi telah sampai ke Persia, Turki , Mesir, dan Afrika Utara. Namun sejarah lain menyebutkan jika yang mengkonsumsi kopi pertama adalah seorang muslim yaitu Ali - al shadili yang menggunakan minuman ini untuk menguatkan agar ia tetap terjaga saat melakukan sholat di Malam hari. Karena sebab inilah maka kopi sempat dilarang keberadaanya oleh pendeta Italia karena menurut para pendeta kopi adalah minuman orang muslim. Hingga suatu ketika  raja Swedia yaitu raja Gustaf ll mendapati 2 orang kembar yang bersalah.  Dalam proses hukumanya kedua  saudara kembar ini di suruh  minum kopi dan yang satunya lagi di suruh minum teh. Barang siapa dalam masa hukuman ini meninggal lebih dahulu maka dialah yang bersalah. Tak di duga 2 kembar tersebut yang meninggal lebih dulu adalah yang minum teh pada usia 86 tahun.  Dari kejadian ini maka diputuskan yang bersalah adalah yang minum teh. Dari hukuman yang di berikan raja Gustaf ini akhirnya membuat nama kopi menjadi lebih populer dan diyakini gara - gara hal ini masyarakat Swedia jadi tergila gila sama kopi. Dan eksistensi kopi pun semakin  mendunia.

Maka tak heran jika dari Kota Megapolitan sampai di pelosok terpencil dunia orang pasti mengenal kopi. Dari sini akhirnya cara menikmati kopi pun berbeda - beda sesuai dengan adat dan kebudayaan orang yang meminumnya. Demikian akan saya ulas,

12 Cara Unik Penduduk Dunia Dalam Menikmati Kopi


1. Indonesia
Merupakan salah satu penghasil kopi termahal di dunia yaitu kopi luwak. Indonesia mempunyai berbagai cara unik dalam menikmati kopi. Kopi jos merupakan salah satunya . Kopi yang terkenal di daerah Yogyakarta ini mempunyai sensasi unik dalam proses pembuatannya. Kopi tubruk ditambah gula lalu di tuang air mendidih. Berikutnya di aduk lalu  bara api yang merah menyala di masukkan ke dalam gelas dan terdengarlah bunyi jos. Nah, inilah kenapa dinamakan kopi jos. Manfaat dari kopi jos ternyata juga baik untuk kesehatan. Karena  kafein yang terkandung di dalamnya lebih rendah. Arang yang di masukkan ke dalam kopi ternyata mampu menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan atau racun.

2. Ethiopia
Untuk menikmati kopi di tempat ini kamu mesti mempunyai kesabaran yang ekstra pasalnya kita harus mengikuti proses pembuatanya dari awal mulai dari memanggang, menggiling, sampai menyeduh. Pada awalnya kopi di negara ini biasa di hidangkan  pakai garam atau mentega. Sampai kemudian kependudukan Italia mengenalkannya dengan  gula.

3. Mexico
Kopi di negara ini disebut cafe de olla untuk menikmatinya biasanya kopi di campur gula rasa karamel atau untuk menambah sensasi manis dan wangi di tambahkan kayu manis.

4. Saudi Arabia
Merupakan daerah penghasil kurma. Maka tak heran untuk menikmati secangkir kopi biasanya orang Saudi menambahkanya manisan kurma.

5.Turki
Turk kahvesi dibuat dari pot tembaga yang panjang. Untuk menikmati kopi ini biasanya orang Turki sambil makan permen.

6. India
Orang India biasa menikmati kopi dengan menambahkan  tanaman Chicory. Setelah dingin akan terdapat busa yang berlapis - lapis. Cara menghidangkan kopi di India dengan menuangkan kopi hitam secara maju mundur diantara dua tumbler stainless stell.

7. Vietnam
Orang - orang Vietnam sangat tau untum memanjakan dirinya. Untuk menikmati kopi mereka biasa menggunakan cangkir yang berfilter atau disebut drip. Kopi dyang telah diseduh selanjutnya di tuang ke saringan untuk berikutnya tekan - tekan kopi tetesan - tetesan kopi yang tanpa ampas itulah yang siap dinikmati. Untuk mendapatkan rasa yang spesial bisa di tambahkan susu.

8. Malaysia
Kopi putih pertama kali diperkenalkan oleh orang China penambang Timah di daerah Perak. Biji kopi di sangrai dengan minyak dari kelapa.

9. Spanyol
Biasa disebut cafe bambon . Kopi di Spanyol memiliki keunikan rasa tersendiri. Perpaduan yang antara espresso dan susu kental manis membuat kopi ini sangat nikmat. Kopi ini biasa disajikan  dengan cara menuangkan susu kental manis yang diatasnya dihiasi espresso.

10. Finlandia
Kaffeost orang Sami biasa menyebutnya. Cara menikmatinya kopi dicampur dengan keju. Keju biasa nya dimakan terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan meminum kopinya.

11. Jepang
Negara dengan penduduk super sibuk ini biasa mesnikmati kopi dengan cara mengandalkan Vending machine. Mereka tidak harus repot untuk membikin kopi. Karena di semua tempat umum terdapat berbagai macam vanding machine tak hanya minuman namun makanan , camilan juga tersedia. Jepang juga dikenal dengan pemakai vanding machine terbesar di dunia.

12. Austria
Biasanya cappuchino di campur espresso kemudian di beri susu yang mendidih. Lalu di atasnya di beri busa susu atau whipped cream.

Gimana kamu udah nggak penasaran lagi kan dengan cara minum kopi orang - orang yang tinggal di luar negeri.


Baca Lainya : Setuju Gak? Mengendarai Motor Vespa itu Lebih Keren Dari Pada Motor Lainya

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar