Suka Pakai Kipas Angin Saat Tidur? ups Salah Satu Bahayanya Bisa Bikin Kematian

watch_later Friday, 2 December 2016
Udara panas... Aduuh bikin ngga nyaman deh. Apalagi di saat mau tidur pastinya bikin ngga bisa mejamin mata. Solusinya jika nggak kipas angin pasti AC. Hal tersebut karena kipas angin ataupun AC dapat memberikan rasa sejuk dan nyaman pada diri orang yang kepanasan dan selanjutnya akan mudah terlelap.  Namun tahukah kamu kebiasaan menggunakan kipas angin maupun AC pada waktu  tidur dapat berakibat buruk pada kesehatan. Dan parahnya lagi penggunaan kipas angin  terus - menerus saat tidur dapat menyebabkan kematian ihh ngeri kan.

Berikut adalah 11akibat penggunaan  kipas angin di malam hari.


1. Kekurangan Oksigen
Kipas angin yang langsung diputar berhadapan langsung dengan tubuh kita mengakibatkan kualitas Oksigen menjadi buruk. Hal tersebut karena udara yang kita hirup hanya itu - itu saja . Apalagi jika  ruangan  tanpa ventilasi. Sehingga hal tersebut mengakibatkan udara  tidak dapat berganti dengan yang baru dan akibatnya jika itu terjadi sepanjang malam tubuh kita akan kekurangan oksigen.

2. Otot Menjadi Nyeri
Hal tersebut karena paparan udara dingin yang terjadi sepanjang malam. Biasanya dengan penggunaan AC. Hawa dingin menyebabkan cairan lubrikasi akan berkurang. Padahal cairan ini sangat di perluakan untuk memperkuat sendi tulang dan otot.  Berkurangnya cairan tersebut tentu saja membuat otot terasa nyeri terutama di saat bangun pagi.

3. Menyebabkan Dehidrasi
Hal tersebut seperti di ungkapkan dr. Ali seorang ahli syaraf. Beliau mengatakan ketika seseorang berada dalam ruangan yang berhawa dingin sepanjang malam maka tubuh akan mengalami kekeringan karena udara dingin tersebut menyerap air dalam tubuh. Akibatnya kelembaban tubuh akan menurun dan tubuh merasa sangat haus bahkan parahnya bisa sampai dehidrasi.

4. Penyakit Bell Palsy
Penyakit apakah ini?  Mendengar namanya kayaknya sangat asing di telinga kita. Sebenarnya tidak jika kita penggemar televisi sejati. Karena beberapa waktu yang lalu artis sekaligus gubernur Banten yaitu Rano Karno pernah mengalami penyakit ini. Penyakit bell palsy sebenarnya bukan penyakit yang berbahaya jika langsung di tangani. Namun memang jika melihat fisik orang yang menderita penyakit ini kita akan dibuat takut. Karena wajah orang yang sakit akan " merot " atau ekspresi wajahnya aneh. Penyakit ini sangat kaitannya dengan hawa dingin jadi untuk menghindari dari penyakit bell palsy disarankan  untuk tidak terkena udara dingin terutama sengaja menghadapkan hawa dingin seperti kipas angin ke wajah kita.  Bell palsy dapat sembuh dengan anti biotik. Namun alangkah bijaknya sebelum terkena penyakit ini kita meningkatkan kualitas hidup dengan cara makan - makanan sehat,  olah raga, dan tentunya tidak berdingin - dingin ria.

5. Kualitas Tidur Tidak Baik
Kebiasaan tidur menggunakan kipas angin maupun Ac menjadi kebiasaan. Di sadari atau tidak jika tanpa kipas angin sebelum tidur maka seperti ada sesuatu yang kurang. Akibatnya kipas angin selalu on sebelum tidur. Padahal rasa pegal dan nyeri saat bangun merupakan tanda kualitas tidur yang tidak baik.

6. Gejala Hypotermia
Hypotermia. Weleh - weleh kita kan nggak lagi di kutub utara  kok bisa? Tentu saja. Hypotermia tidak hanya terjadi di udara sebeku kutub namun selama suhu tubuh kita terus menurun dapat mengakibatkan hypotermia.
Suhu dingin yang luar biasa bisa berakibat fatal bagi tubuh kita. Hal tersebut karena pembuluh darah mengkerut.  Sehingga akibatnya aliran darah yang menuju hidung,  telinga, jari tangan, dan kaki menjadi terputus. Adakalanya hawa dingin membuat tubuh kita menggigil sebab memang tubuh kita berada dalam ambang batas yang tidak normal.  Gejala hypotermia dapat terlihat jika suhu tubuh berada di bawah 36 derajat celcius dan akan terjadi hypotermia parah jika suhu tubuh hanya mencapai 32°c.

7. Resiko Terkena Saluran Pernapasan
Udara yang keluar dari kipas angin  dapat membawa  berbagai partikel termasuk  debu. Hal tersebut dapat terjadi jika ruangan dalam keadaan kotor dan di perparah tidak ada ventilasi udara. Akibatnya tentu saja kotoran, kuman, dan virus akan mudah masuk ke saluran pernafasan.

8. Kulit Kering
Terlalu lama bersinggungan denga AC yang pasti tidak bikin kulit kita tambah halus.  Malah sebaliknya seperti yang di sampaikan Dr. Rajan TD seperti di kutip Times of India. " pendingan udara dapat menarik kelembaban dari kulit sehingga kulit menjadi kering.  Bahkan kekeringan berkelanjutan dapat mempengaruhi lapisan kulit yang paling dalam."

9. Kekebalan Tubuh  Dapat Berkurang
Hal tersebut sangat mungkin terjadi mengingat metabolisme tubuh tidak
lancar. Keringat yang seharusnya dapat keluar secara alami terhalangi oleh menurunnya suhu tubuh karena kipas angin. Akibatnya tentu saja metabolisme tubuh tidak lancar. Padahal kita tahu sekresi keringat sangat berguna untuk menggantikan sel - sel imun tubuh. Tentunya hal ini sangat berbahaya karena melemahnya imun dalam tubuh dapat berakibat mudahnya bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh.

10. Menghambat Detoksifikasi Secara Alami
Berkeringat merupakan hal alami yang sangat di perlukan oleh tubuh tentunya selain dengan pipis atau buang air kecil. Hal tersebut berguna untuk mengatur suhu tubuh agar tetap berada pada suhu normal, selain itu pengeluaran racun atau toksin juga lewat keringat dan juga urin. Namun penggunaan kipas angin yang berlebihan dapat mengganggu proses tersebut dan dampak terburuknya proses detoks dalam tubuh tidak dapat terjadi secara maksimal.

11. Penyebab Kematian
Seperti diketahui ruangan yang tidak mempunyai fentilasi yang baik mengakibatkan udara yang ada hanya itu saja. Hal tersebut diperparah dengan kipas angin yang sengaja di hadapkan pada bagian tubuh terutama wajah. Akibatnya bukannya menghirup oksigen yang baik namun justru malah gas O2 yang terhirup. Hal inilah yang membuat kasus kematian terjadi.

Demikian sedikit penjelasan tentang bahaya penggunaan kipas angin dan AC semoga kita bisa lebih bijak dalam menggunakan sesuatu yang bisa membahayakan diri kita.

Baca Lainya : Sering Makan Bakso? Awas, Inilah Bahayanya Bagi Kesehatan Anda
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.