6 Kesalahan Dalam Pemilihan Warna Cat Dinding Rumah yang Sering Kali Terjadi

watch_later Saturday, 31 December 2016
Setiap pemilik rumah tentunya menginginkan tampilan rumahnya di desain semenarik mungkin. Salah satunya adalah dalam hal pewarnaan dinding. Pengecatan dinding rumah yang tepat akan membuat tampilan rumah lebih memukau. Namun terkadang ada saja orang yang asal-asalan dalam memilih warna cat rumah.

Dalam memilih cat dinding ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Kesalahan dalam memilih cat tentu malah akan membuat tampilan dinding rumah berantakan dan jauh dari nilai seni. Yups, untuk itu yuk pelajari beberapa kesalahan fatal dalam memilih warna cat berikut ini,

1. Hanya Melihat Dari Contoh.


Jika anda membeli cat, pastinya anda akan diberikan sebuah blanko pilihan warna. Nah, terkadang sampel warna pada blanko tersebut jika di aplikasikan secara nyata hasilnya tidak sesuai dengan warna pada gambar. Untuk itu anda harus berhati-hati dalam hal ini. 

2. Tidak Mempertimbangkan Akan Perubahan Warna.


Kesalahan berikutnya yang juga sering kali terjadi adalah tidak mempertimbangkan perubahan warna yang akan terjadi setelah beberapa bulan cat menempel di tembok. Untuk itu dalam membeli cat anda harus mengetahui daya tahan cat, sehingga anda dapat memilih cat yang benar-benar berkualitas baik.

3. Selalu Memilih Warna Yang Terang.


Warna-warna terang memang begitu sedap dipandang mata. Namun banyak orang tidak mempertimbangkan keserasian warna dengan luas ruangan. Ruangan yang sempit dan tidak terlalu luas akan terlalu intens untuk dilakukan pewarnaan terang. Visualnya pun juga terkesan menjadi tidak nyaman.

4. Berlebihan Dalam Pencocokan Warna.


Terkadang orang beranggapan bahwa pemilihan warna cat dinding juga harus dicocokan dengan warna furnitur pada ruang tersebut. Hal ini tidaklah dibenarkan, pasalnya ruangan dengan warna yang sama, malah terlihat membosankan. Selain itu tampilan desain furnitur di ruang tersebut malah terkesan buram dan hambar. Maka siasati dengan metode tabrak warna. Pilihlah warna-warna yang terang atau juga sedikit gelap untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman.

5. Memilih Warna-Warna Yang Menjadi Trend.


Trend warna memang bisa menginspirasi untuk menyegarkan desain interior rumah dengan warna baru. Namun jangan selalu mengikuti trend. Sesuatu yang menjadi trend pastinya banyak diikuti oleh orang.

Sesekali cobalah keluar dari trend warna untuk menciptakan suasana interior rumah yang lain. Ciptakan nuansa yang unik diluar trend yang ada.

6. Terlalu Fanatik Dengan Satu Warna.


Memiliki warna favorit memang syah-syah saja. Namun jangan selalu menggunakan warna favorit dalam setiap peremajaan desain warna rumah anda. Jika warna yang anda gunakan itu-itu saja tentu malah membuat tampilan ruangan membosankan.

Cobalah kalahkan ego anda untuk mengeksplorasi warna baru. Tak ada salahnya kan menggunakan warna baru, karena pastinya rumah anda pun terus berevolusi seiring berjalanya waktu.
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.