8 Bahan Alami Mengatasi Ruam dan Gatal Pada Kulit Ketiak
8 Bahan Alami Mengatasi Ruam dan Gatal Pada Kulit Ketiak

8 Bahan Alami Mengatasi Ruam dan Gatal Pada Kulit Ketiak


Pernah nggak sih ngalamin ruam pada kulit ketiak. Tentunya rasa gatal, perih, panas bercampur jadi satu saat gangguan kesehatan ini terjadi. Beberapa tanda dapat kamu lihat saat  terjadi ruam, diantaranya adalah muncul benjolan kecil yang jika di sentuh akan terasa sakit, warna kulit menghitam,  serta  kulit kemerahan bahkan sampai mengelupas.   Jika kamu tahu,  hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor. Yang sering kita tahu sih karena sering mencabut bulu ketiak atau mencukurnya. Ya, memang bener sih salah satu alasanya seperti itu. Namun ada berbagai faktor lain yang perlu kamu tahu. Diantaranya adalah  :

1. Penyumbatan folikel rambut.
Kebiasaan kita mencukur atau mencabut bulu ketiak ternyata membuat folikel rambut mengalami kerusakan. Hal tersebut akhirnya menyebabkan infeksi dan berikutnya memicu rasa sakit.
2. Penggunaan deodoran .
Penggunaan deodoran sangat berpengaruh pada sensitivitas kulit kamu. Karena secara umum deodoran mengandung aluminium, parfum, alkohol, dan paraben. Sehingga kesemuanya itu dapat memicu ruam pada ketiak kamu.
3. Pemakaian baju ketat berbahan sintetis.
Hal tersebut karena gesekan antara pakaian dan kulit yang terlalu sering. Sehingga menyebabkan kulit ketiak semakin lembab akibatnya ruam tidak dapat dihindarkan.
4. Udara Panas.
Udara panas terutama daerah perkotaan membuat keringat banyak yang keluar hal tersebut diperparah dengan pemakaian baju yang terlalu ketat.
5. Kebersihan tubuh kurang terjaga.
Karena lembab dan gelap ketiak sangat cocok untuk perkembangan jamur dan bakteri. Apalagi jika kebersihan tubuh kurang terjaga maka akan sangat mudah ruam terjadi. Karena itu tidak ada salahnya degera mandi jika merasa tubuh sudah berkeringat.

Nah jika kamu sudah tahu faktor pemicu ruam pada ketiak, kali ini saya juga akan mencarikan solusi mengatasi ruam pada ketiak yang menjengkelkan.

8 Cara mengatasi ruam pada kulit ketiak secara alami.


1. Oatmeal
Oatmel mempunyai senyawa fenolik antioksidan dalam gandum yang mempunyai sifat anti inflamasi dan anti iritasi. Sehingga sangat bagus untuk kulit terutama yang bermasalah. Manfaat oatmeal dapat menormalkan ph, dan juga membuat kulit lembab dan juga melembutkan kulit.
Cara buat:
1. Campur 1 cangkir oatmeal koloid dalam bak air hahat.
2. Tambahkan sedikit minyak esensial kesukaan kamu.
3. Rendam ketiak kamu selama 15 sampai 20 menit.

2. Lidah buaya
Lidah buaya atau aloevera mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi gatal dan kemerahan kulit.
Caranya. Ambil 1 potong lidah buaya . Ambil bagian tengah lalu belah jadi 2. Kerok sedikit menggunakan sendok lalu tempelkan pada kulit ketiak kamu untuk waktu 15 sampai 30 menit. Lakukan secara teratur.

3. Kompres dengan es
Es sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa panas dan sakit pada ruam kamu. Caranya ambil  es lalu bungkus fengan kain tipis .Gunakan untuk menggosok area yang terkena ruam.

4. Shea butter
Di dapat dari pohon sheashea yang diambil minyaknya. Bermanfaat sebagai anti oksidan , anti jamur dan anti inflamasi. Hal ini sangat di butuhkan oleh bagian ketiak kamu yang ruam.
Caranya:
Bersihkan dulu ketiak kamu lalu keringkan dengan handuk, setelah itu oleskan minyak shea . Ulangi sampai beberapa kali.

5. Minyak kelapa
Minyak kelapa memang sudah dikenal manfaatnya berbagai masalah kulit dan rambut bisa diatasi dengan pemakaian minyak ini secara teratur.Hal tersebut karena dalam minyak kelapa terkandungterkandung vitamin E yang sangat berguna sekali untuk penyembuhan. Caranya ambil sedikit minyak kelapa lalu oleskan pada ruam . Diamkan untuk beberapa waktu lalu bersihkan.

6. Lemon
Kandungan asam sitrat pada lemon dapat mempercepat proses penyembuhan  serta penghilang bau badan. Selain itu lemon juga memiliki antioksidan. Caranya ambil satu buah lemon lalu belah jadi 2 . Gosokkan pada ruam. Namun jika kulitmu sensitif peras sedikit lemon lalu tambahkan air.

7. Pohon teh
Minyak pohon teh dipercaya dapat menyembuhkan infeksi kulit seperti kurap, jamur, serta eksim. Hal tersebut karena minyak pohon teh memiliki antiseptik dan anti jamur. Sehingga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan jamur.
Caranya:
-  Bersihkan kulit ketiak kamu lalu keringkan.
-  Ambil 5 tetes minyak esensial dan tambahkan dengan 1 sendok makan   minyak zaitun.
- Usapkan pada ruam kamu diamkan selama beberapa waktu.
- Bersihkan.

8. Cuka apel
Kebanyakan
orang menggunakan cuka apel untuk diet. Namun kegunaan lainya ternyata bisa mengobati ruam.  Kandungan anti jamur dan anti bakteri menjadikan cuka apel sangat baik untuk mengobati ruam dan peradangan kamu. Bahkan asam asetat di dalamya dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit kamu.
Cara buat:
1. Masukkan 1 sendok teh mentah organik dan cuja sari apel.
2. Tambahkan 1/2 cangkir air untuk melarutkan.
3. Oleskan pada bagian ruam kamu.

Demikian ulasan tentang faktor pemicu ruam serta obat alaminya. Selamat mencoba.


Baca Lainya : Suka Pakai Headset ! Sudah Tahu Resikonya ?

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar