Awas Mencampur Makanan Ini Bisa membuat Kamu Keracunan
Awas Mencampur Makanan Ini Bisa membuat Kamu Keracunan

Awas Mencampur Makanan Ini Bisa membuat Kamu Keracunan

Pernahkah anda mendengar jika perut merupakan sumber penyakit. Hal tersebut memang benar adanya. Terlebih dengan cara kita memperlakukan perut dengan sesuka  kita yaitu dengan memasukkan apa yang kita sukai tanpa memikirkan efeknya bagi tubuh kita. Coba bayangkan setiap hari perut kita bisa menerima berbagai jenis makanan yang sebenarnya saling bertentangan. Namun karena kebiasaan dan faktor ketidak tahuan membuat kita seakan tidak melakukan " dosa "  terhadap tubuh kita atas makanan yang kita makan. Bahkan karena ego ataupun kenikmatan dari makanan tersebut mungkin bikin kamu ngga setuju dengan apa yang akan saya tulis. Tapi jika kita tidak ingin menutup mata dan telinga. Nyatanya semakin berwarna saja jenis penyakit masyarakat modern. Dan hal tersebut tentunya tak lepas dari kualitas hidup termasuk salah satunya makanan.

Pernahkah kita berfikir jika percampuran makanan yang kita konsumsi dapat menjadi racun bagi tubuh kita? Kali ini saya akan membahas beberapa jenis makanan yang dapat meracuni tubuh jika dimakan bersamaan.
Makanan apa sajakah itu?

1. Daging Dan Susu.
Rasanya sangat wajar jika habis makan daging misalkan sate atau apalah lalu dilanjutkan minum  kopi susu.  Namun ternyata hal tersebut sangat tidak disarankan. Bahkan menelisik anjuran makan yang baik ala nabi pun tidak memperbolehkan, termasuk ikan , daging ayam termasuk jenis unggas lain dengan susu. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat dalam susu dan daging sangat berbeda. Daging pada dasarnya memiliki kandungan ion positif hal tersebut berfungsi sebagai penambah nutrisi bagi tubuh kita. Sementara dalam susu terdapat kandungan ion negatif yang meanfaatnya bagi tubuh sebagai pengusir bakteri.  Ion negatif ini adalah pembawa zat asam . Mencampur daging dengan susu akibatnya membuat daging yang kita konsumsi akan terkontaminasi. Hal tersebut tentunya sangat merugikan kesehatan khususnya lambung.

2. Susu dan Buah.
Saat panas menyengat lalu pingin yang seger - seger apa yang terlintas dalam bayangan kita? Yup es atau sejenisnya. Dan bukan hal asing jika sop buah menjadi pilihan. Pastinya kamu tahu dong apa aja isian di dalamnya berbagai macam buah di campur sirup gula plus susu. Aduuuh....nyes nikmatnya. Namun tahukah kamu jika ternyata minuman pelepas dahaga ini nggak baik untuk kesehatan. Hal tersebut sebagaimana yang di ungkapkan oleh praktisi dan ahli gizi Jan Dier dalam bukunya The Complete Book Of Combining. A new approach to the hay diet and healthy eating (1998 )
Dalam satu bagiannya Dier menyebuttkan jika mengkonsumsi buah bersamaan dengan susu merupakan suatu kesalahan. Hal tersebut dikarenakan buah mempunyai Ph rendah sehingga menyebabkan fermentasi di lambunglambung maka jika ingin mengkonsumsi buah sebaiknya buah saja. Sementara penggabungan keduanya membuat asam yang terkandung dalam buah akan mengikat protein yang terdapat dalam susu dan hal ini tentu saja merugikan kesehatan lambung. Hal yang demikian juga berlaku pada susu dan cuka.

3. Daging dan Cuka.
Kandungan nutrisi yang terdapat pada daging sebenarnya sangat di butuhkan tubuh. Namun ternyata dika dalamproses memasak atau saat menikmatinya di tambah cuka sangat buruk efeknya bagi tubuh kita. Daging pada umunya bersifat panas sementara cuka bersifat hangat. Penggabungan keduanya dapat  mengoveraktifkan sirkulasi dan energi. Compendium of materia medica sebuah buku pengobatan herbal Cina menyebutkan jika daging kambing dan cuka di masak bersama maka akan merugikan jantung.

4. Kepiting dan Teh.
Bagi masyarakat kita teh merupakan minuman di segala waktu. Baik saat santai maupun sesudah makan karena itu saat selesai makan kepitingpun kita lanjutkan minum teh. Apakah ada yang salah. Tentu saja, dalam teh terdapat zat asam tahnic. Penggabungan keduanya membuat cairan lambung akan diencerkan. Akibatnya terjadi gangguan asimilasi dan mengurangi kinerja lambung dalam mensterilkan wilayah lambung.

5. Udang dan Vitamin C.
Mengkonsumsi udang dan vitamin C menjadi masalah tersendiri bagi kesehatan kamu. Percampuran keduanya membuat yerjadinya raxun arsenik yang membahayakan kesehatan.

6. Ubi jalar dan Kesemek.
Bagi saya yang menderita maag tidak asing lagi dengan bahaya ubi jalar. Hal tersebut ternyata memang terbukti. Terlebih lagi jika kedua makanan ini dikonsumsi bersamaan maka akibatnya akan lebih fatal bagi lambung. Percampuran keduanya membuat terjadi penyumbatan perut sehingga meningkatkan asam lambung dan perdarahan pada lambung.

7. Wortel dan Lobak Putih.
Kandungan vitamin A yang terdapat dalam wortel sangat baik untuk mata. Namun hal tersebut dapat berubah 180° jika di konsumsi bersamaan dengan lobak. Pasalnya ada zat tertentu dalam wortel yang bisa merusak vitamin dalam lobak putih.

8. Kedelai dan Bayam.
Makan sayur bayam dengan lauk tahu atau tempe bagi kita sudah menjadi hal yang wajar. Namun ternyata menurut anggota ISAGI ( Ikatan Sarjana Gizi Indonesia ) hal tersebut tidak bagus bagi tubuh. Sebenarnya tahu dan bayam memiliki kandungan protein dan zat besi yang sangat diperlukan bagi tubuh. Namun bayam memiliki kandungan asam oksalat sehingga menghambat penyerapan kalsium.

9. Daging dan Semangka.
Seperti ungkapan saya yang dulu daging merupakan makanan yang panas sementara semangka dingin. Mengkonsumsi keduanya membuat gizi dari daging menurun drastis. Hal tersebut jika terjadi terus menerus dapat nerbahaya bagi penderita asthenia limpa yang akan membahayakan lambung dan liampa.

10. Sayur Bayam dan Teh.
Saya yang nulis artikel inipun juga baru ngeh jika ternyata bayam dan teh tidak boleh dikonsumsi bersamaan. Demikian seperti yang di ungapkan oleh Binar yang tergabung dalam ISAGI atau Organisasi Ikatan Sarjana Gizi Indonesia. Hal tersebut karena dalam bayam terdapat oksalat yang dapat menghambat penyerapan kalsium.

11. Susu  dan Telur.
Penikmat STMJ pasti tau apa saja isi di dalamnya. Yaitu antara lain susu dan telur. Namun minuman kesehatan ini ternyata tidak sepenuhnya menyehatkan, pasalnya susu dan telur jika di konsumsi bersamaan akan mengurangi protease yaitu zat yang membantu tubuh mencerna protein.

12. Daging dan Ikan.
Nabi Muhammad mengajarkan pada kita untuk tidak mncampur kwdua makanan ini agar terhindar dari penyakit. Namun anehnya justru yang mwngamalkan ini adalah orang Yahudi yang notabene sangat membenci Islam. Dalam sebuah artikel di sebutkan dalam satu meja makan tidak pernah tersedia dua menu ini di waktu berdamaan.

Nah demikian penjelasan sedikit dari saya tentang beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan. Jika kamu menyayangi tubuh kamu tak ada salahnya berubah menjadi lebih baik. JikaJika benar benar  ingin makan beri jarak 2 jam dengan makanan yang bertentangan.


Baca Lainya : Sering Makan Bakso? Awas, Inilah Bahayanya Bagi Kesehatan Anda

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar