Kisah dan Sejarah Asal - Usul Lagu Nina Bobok  yang Menyeramkan
Kisah dan Sejarah Asal - Usul Lagu Nina Bobok  yang Menyeramkan

Kisah dan Sejarah Asal - Usul Lagu Nina Bobok yang Menyeramkan

Jika ditanya, lagu pengantar tidur apa, yang paling populer dan melegenda di kalangan masyarakat. Pastinya kalian sepakat jika lagu "nina bobok" adalah jawabanya. Ya lagu pengantar tidur anak ini memang begitu populer sejak dahulu kala. Namun, tahukah kamu tentang asal-usul terciptanya lagu pengantar tidur ini. Dan siapakah "Nina" yang di maksut dalam lagu tersebut? Yuk, ikuti penelusuran saya berikut ini.

Misteri Dibalik Terciptanya Lagu Nina Bobo', ihhh Sereeeem.


Si Nina dalam lagu tersebut memiliki nama asli Helenina Mustika Van Rodjnik. Adalah seorang anak perempuan dari pasangan suami  istri  berdarah campuran Jawa-Belanda. Sang ayah merupakan warga negara Belanda yang bernama Van Rodjnik (seorang berpangkat kapten) sedang ibundanya adalah warga pribumi yang bernama Mustika yang merupakan seorang penari.

Dikutip dari beberapa sumber Helenina ketika itu memiliki masalah susah tidur, hampir tiap malam Nina tidak bisa tidur. Hingga sang Ibundanya selalu bersenandung untuk menidurkan Nina. Mendengarkan lagu senandung dari Ibundanya Nina pun segera tertidur. Kebiasaan inipun terus berlanjut setiap malam. Hingga suatu ketika sang Ayah Kapten Van Rodjnik meminta Istrinya Mustika untuk membuatkan sebuah lirik lagu sebagai penenang penghantar tidur untuk Nina. Singkat cerita maka terciptalah lirik lagu "nina bobok", yang terkenal hingga saat ini.

"Nina bobo' ...oh nina bobo'...kalau tidak bobo' digigit nyamuk"

 

Dari terciptanya lirik inilah kisah kisah misteri mulai bermunculan.


Suatu ketika saat Nina berusia 6 tahun mengalami sakit demam tinggi hingga nyawanyapun tidak bisa terselamatkan lagi. Kepergian Nina meninggalkan kesedihan yang begitu mendalam bagi kedua orang tuanya. Di suatu hari setelah kepergian Nina, Ibundanya mendengar suara tangisan yang mirip sekali dengan suara Nina, dalam tangisanya tersebut juga meminta untuk dinyanyikan lagu "nina bobok".

Karena rasa sayang dan cintanya kepada Nina yang telah tiada, tanpa disadari sang Bunda pun menyanyikan lagu tersebut. Dan begitu lagu di nyanyikan suara tangisan misterius yang mirip dengan Nina hilang dengan sendirinya.

Setelah kejadian itu setiap hari sang Bunda selalu menyanyikan lagu " nina bobok" berulang kali. Hingga disuatu hari kapten Van Rodjnik tanpa sengaja mendengar istrinya sedang menyanyikan lagu tersebut. Sang kapten pun bertanya pada istrinya kenapa masih menyanyikan lagu nina bobok? Dengan sangat sedih mustika pun menceritakan semua kejadian yang di alami.

Mendengar cerita istrinya, sang kapten bisa memahami bahwa kepergian Nina benar-benar membuat Mustika dirundung kesedihan yang mendalam, maka sang Kapten membiarkan Mustika bersenandung setiap hari untuk mengobati rasa rindu kepada Nina yang telah tiada. Kesedihan yang di rasakan terus menerus dengan begitu mendalam membuat kesehatan Mustika semakin memburuk dan akirnya sang Bunda pun Meninggal.

Akhirnya tinggalah Kapten Van Rojnik sendiri. Sepeninggal istrinya Van Rojnik pun mengalami kejadian yang aneh sama seperti yang di alami istrinya. Sang kapten selalu di hantui suara tangisan anak yang mirip dengan Nina yang juga memintanya menyanyanyikan lagu "nina bobok". Akirnya sang kapten pun menyanyikan lagu "nina bobok" hingga akirnya dia pun meninggal dunia.

Konon jika lagu "nina bobok" ini di nyanyikan untuk menidurkan anak kita di tengah malam maka arwah Nina akan datang dan membuat anak tertidur lelap.

Demikian asal usul lagu "nina bobo". Setelah mengetahui sejarah dan misteri dibalik lagu ini, apakah malam ini ada yang berani menyanyikanya?


Baca Lainya : 6 Mitos Larangan Pernikahan Orang Jawa, Apakah Kamu Percaya?

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar