Kenali Cara Menguji dan Membedakan Emas Yang Asli dan Palsu

watch_later Friday, 9 December 2016
Logam mulia yang satu ini memang tak lekang oleh zaman. Seberapapun kamu menemukan emas maka akan tetap memiliki harga sesuai dengan masanya. Ya sekalipun emas pada zaman Qorun jika di uangkan maka nilainya akan tetap sama . Mungkin jika memiliki nominal yang berbeda itu karena emas tersebut palsu. Ya seperti milik Dimas kanjeng gitulah.

Nah buat kamu yang ngga pingin ketipu emas yang kamu miliki asli atau palsu. Ngga ada salahnya untuk lebih teliti dalam membeli. Usahakan membeli di tempat yang resmi atau yang bersertifikat. Sebenarnya ada ciri khusus yang bisa menyebutkan keaslian emas. Yaitu dengan mengamati ciri visualnya. Yaitu seperti cap yang tertera dalam perhiasan tersebut seperti fineness 1- 999 atau 0,1 - 0,999 atau dalam karat 10 k, 14k, 18k, 22k, atau 24k. Memang sih terkadang cap ini tidak di temukan pada perhiasan emas model lama. Jadi kamu harus lebih teliti lagi karena emas palsu pun kadang juga memiliki cap seperti itu. Aduuh... Jadi pusing deh kalau gini. Eits tunggu dulu jangan keburu pusing karena masih banyak jalan ke Roma.  Karena kali ini saya akan bahas,

6 Cara Mengenali Emas Murni Biar Kamu Tidak Tertipu Yang Palsu


1. Kenali Perubahan Warna
Hal mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui keaslian emas yang kamu miliki adalah melihat perubahan warna. Caranya gosok bagian tertentu pada perhiasan kamu dengan menggunakan jari,  seperti pinggiran gelang atau bagian dalam gelang. Jika terjadi perubahan warnawarna pada bagian tersebut maka dapat dipastikan emas yang kamu miliki palsu.

2. Gigit Dengan Jari
Jika kita melihat atlet bulutangkis menang kan selalu gigit medali. Nah cara ini juga dapat kita pakai tuh untuk mendeteksi keaslian emas. Karena emas merupakan logam mulia yang unik. Keasliannya bukan di ukur seberapa kerasnya logam tersebut melainkan lunaknya. Karena emas asli 24 kar akan menunjukkan bekas yang dalam jika anda gigit. Hal tersebut menunjukkan betapa emas murni memang tidak keras.

3. Pakai Magnet
Magnet merupakan cara selanjutnya yang bisa kamu pakai mengetahui keaslian emas. Dekatkan magnet dengan perhiasan emas kamu atau emas batangan. Jika emas tersebut tertarik oleh magnet maka kamu wajib curiga terhadap emas yang kamu miliki. So tau dong gimana sifat emas. Emas kan bukan logam biasa jadi tidak akan !ungkin bisa ditarik oleh magnet. Kecuali emas kamu di campur tembaga yang banyak.

4. Mengukur Kepadatan Emas
Emas merupakan logam yang kepadatanya jarang dimiliki oleh logam yang lainnya. Kepadatan emas murni 24 karat adalah 19,3 g/ml. Hal inilah yang bisa di lakukan untuk mengetahui keaslian emas caranya gunakan timbangan yang presisi atau yang lebih baik dengan timbangan digital caranya:
  1. Siapkan gelas yang ada ukuran milimeter isi dengan air.
  2. Catat jumlah air yang dimasukkan dalam gelas dalam milimeter.
  3. Ikat emas meggunakan benang lalu masukkan ke dalam gelas. Catat perubahan sebelum dan setelah dimasuki emas hitung selisihnya.
  4. Gunakan rumus kepadatan = massa/volume. Jika hasilnya mendekati 19g /ml maka dipastikan emas yang anda miliki adalah asli.
5. Gores Emas
Untuk mengetahui cara selanjutnya. Gunakan keramik, kertas, maupun batu.
Goreskan emas yang anda miliki pada ketiga barang tersebut. Jika hasil goresan pada benda - benda tersebut berubah jadi hitam maka dipastikan emas milik kamu palsu.

6.Gunakan Nitrid  Acid
Cara selanjutnya untuk mengetahui keaslian emas adalah dengan meneteskan Nitrid acid pada perhiasan atau batangan emas. Berikut perubahan warna yang dihasilkan jika emas yang kamu miliki bukan asli.
  • - hijau menunjukkan emas bercampur logam besi.
  • - Kuning emas menunjukkan emas bercampur tembaga.
  • - Putih susu menunjukkan emas bercampur perak.
Namun jika emas yang ditetesi nitrid acid tidak berubah warna hal itu menunjukkan emas yang kamu miliki asli.

Bagaimana? Sekarang sudah tau kan gimana cara  mengenali logam mulia.
Semoga artikel ini bisa membantu kamu. Agar tidak keliru dalam berinvestasi emas.


Baca Lainya : 10 Makanan Ini Pastinya Bikin Perutmu Mual, Berani Mencoba?

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.