Mengintip 5 Adat Pernikahan Dengan Budget Termahal di Indonesia

watch_later Monday, 26 December 2016
comment 1 Comment
Indonesia  adalah negara yang luas dengan beribu adat dan kebudayaan yang beraneka ragam. Terbentang dari Sabang-Merauke tak ayal membuat Indonesia begitu tersohor di mata Dunia. Bukan hanya karena wisatanya , namun juga karena kebudayaan dan adat yang unik dari masing-masing daerah.

Salah satu adat unik yang mencuri perhatian adalah tentang pernikahan. Pernikahan adat di Indonesia sangat kental akan unsur budayanya, tahu sendirikan rentetan acara-nya begitu panjang dan melelahkan, belum lagi pernak-pernik yang unik. Karena itulah biaya yang dikeluarkan untuk prosesi pernikahan adat ini pun cukup mahal.

Nah, tahukah kamu bahwa 5 Prosesi Pernikahan Adat di Indonesia ini kabarnya paling mahal lo. Simak ulasanya.

1. Pernikahan Adat Karo.


Sumber foto: instagram/@ditaginsu 

Yang pertama adalah pernikahan adat Karo. Pernikahan adat karo merupakan salah satu suku di Propinsi Sumatera Utara.

Yang menyebabkan biaya pernikahan adat karo ini mahal adalah dikarenakan prosesi pernikahan berlangsung selama 3 hari. Di karo setiap pernikahan dianggap syah apabila telah melewati pengesahan secara agama dan secara adat. Dalam adat karo terdapat 3 tahapan yang harus dijalani oleh kedua calon mempelai yaitu
1. Persiapan Kerja Adat meliputi sitandan ras keluarga pekepar, mbaba belo selambar, nganting manuk.
2. Hari Pesta Adat meliputi kerja adat, persadan tendi.
3. Sesudah Pesta adat yang meliputi rangkaian acara seperti nguling tudung, dan terakir ertatak sebagai penutup rangkaian prosesi pernikahan adat karo.

Maka tak heran jika dalam setiap prosesi pernikahan adat karo ini digelar, bisa menghabiskan puluhan bahkan ratusan juta.

2. Pernikahan Adat Bugis.


Sumber gambar: www.tienkhadijah.com

Dalam pernikahan adat bugis, keluarga mempelai wanita tidak hanya mematok mahar sebagai sarat utama pernikahan, namun terdapat juga istilah yang disebut sebagai "uang panai" yaitu uang yang diberikan calon mempelai pria kepada mempelai wanita untuk keperluan berbagai persiapan pernikahan. Uang panai inilah yang terkadang memberatkan, karena semakin tinggi derajat dan status sosial yang melekat pada wanita yang akan dilamar, maka semakin tinggi pula "uang panai" yang harus dibayarkan oleh seorang pria. Bahkan pernah ada uang panai yang diberikan sampai miliaran. Fantastik bukan. Gimana mau nenikah dengan wanita Bogis, nabung yang banyak dulu ya...

3. Pernikahan Adat Nias.



Sumber gambar: www.bommbastis.com

Berikutnya pernikahan adat dengan biaya termahal adalah dari kepulauan Nias. Dalam pernikahan adat di Pulau Nias terdapat juga mahar yang harus dibayarkan oleh mempelai pria. Penetapan mahar dari keluarga wanita pun juga tidak main-main. Warga di Pulau Nias umumnya menetapkan besar mahar dengan standar setara 25 ekor babi. Jika diuangkan berkisar 50 juta lebih, mengingat harga satu ekor babi berkisar antara 1-2 juta belum lagi dengan biaya tambahan lainya. Bisa dibayangkan betapa banyaknya biaya yang harus dikeluarkan dalam adat pernikahan Nias.

4. Pernikahan Adat Bali.


Sumber gambar: m.weddingku.com
Prosesi pernikahan adat Bali juga bisa dibilang termahal di Indonesia. Banyaknya rangkaian prosesi yang digelar, membuat biayanya pun menjadi mahal. Belum lagi persiapan sesajen serta pernak-pernik lainya. Maka tak heran jika biayanya bisa membengkak puluhan bahkan ratusan juta.

5. Pernikahan Adat Sasak, Lombok Tengah.


Sumber gambar: bombastis.com
Sampai saat ini masyarakat Suku Sasak masih mempertahankan berbagai tradisi adat yang merupakan warisan leluhur. Salah satunya adalah tradisi pernikahan. Dalam pernikahan adat Sasak apabila calon mempelai wanita berasal dari kampung lain, maka mempelai pria akan dikenakan biaya yang mahal, yang umumnya disetarakan dengan 2 ekor kerbau, dan tentunya masih ditambah dengan biaya-biaya penunjang lainya. Kebayang kan, berapa juta yang harus dikeluarkan. 

Oleh karena tingginya biaya yang mesti dikeluarkan mempelai pria saat mempersunting gadis dari luar kampung nya. Maka kebanyakan masyarakat di sana kususnya kaum pria memilih menikah dengan wanita yang berasal dari kampung yang sama.

Nah, itu tadi  tentang pernikahan adat dengan budget termahal di Indonesia. Meskipun demikian bukan berarti kamu harus takut untuk mempersunting gadis dari 5 daerah tersebut, banyak cara kok untuk menekan biaya pernikahan tentunya dengan kesepakatan dari kedua pihak keluarga.


Baca Lainya : 7 Cara Ini Konon Bisa Membuatmu Melihat Hantu

Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

avatar

Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya. salam sukses selalu. Amin

http://karanganbungapapanblog.wordpress.com

Delete 22 February 2017 at 15:40
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.