Tips Membuat Rumah Tetap Sejuk Dan Dingin Walaupun Tanpa AC

watch_later Monday, 19 December 2016
Pernah dengar pepatah yang mengatakan rumahku adalah istanaku. Ya, rumah merupakan tempat yang kita tinggali sudah seyogyanya jika kita mendasainya agar selalu nyaman saat berada di dalamnya. Salah satu hal terpenting yang sering kali dilewatkan saat mendesain rumah adalah membuat udara di dalam rumah tetap sejuk dan dingin. Tentu hal ini menjadi sangat penting sekali agar setiap orang yang berada di rumah tersebut merasa nyaman saat berada di dalamnya.

Di era yang modern ini sebenarnya tidaklah sulit untuk membuat udara rumah menjadi sejuk juga dingin, karena anda bisa dengan mudah memasang AC dalam ruangan yang diperlukan. Namun tentu saja pemasangan AC ini akan membuat tagihan listrik semakin membengkak. Untuk mereka yang berkantong tebal tentu hal ini tidak akan menjadi beban tersendiri. Namun bagaimana dengan mereka yang berada dalam keadaan pas-pasan.

Nah, untuk itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mendesain rumah, agar suasana dalam ruangan tetap nyaman, sejuk dan dingin tanpa memasang AC. Apa sajakah itu?

1. PASTIKAN VENTILASI RUMAH CUKUP.
Satu hal yang wajib anda untuk benar- benar perhatikan adalah memberi ventilasi udara yang cukup pada setiap ruangan. Ini menjadi sangat penting sekali sebagai sirkulasi udara agar setiap ruang dalam rumah tidak menjadi pengap dan panas hingga tidak nyaman untuk ditempati.

2. TAMBAHKAN JENDELA RUANGAN.
Jika rumah yang anda bangun berada pada lokasi yang padat. Maka untuk memaksimalkan sirkulasi udara anda ada baiknya untuk menambahkan jendela ruangan dengan ukuran besar  yang bertujuan agar pergantian udara bisa lebih leluasa sehingga udara dalam ruangan tidak pengap.

3. TAMBAHKAN KIPAS ANGIN.
Jika dirasa ventilasi belum cukup membuat sirkulasi udara dalam ruangan menjadi sejuk. Maka ada alternatif untuk menambahkan kipas angin. Namun tentu saja penambahan kipas angin akan membuat tagihan listrik anda akan sedikit meningkat.

4. MENAMBAHKAN TANAMAN POT DI DALAM RUMAH.
Langkah berikutnya yang mungkin bisa anda gunakan adalah dengan menaruh tanaman pot di beberapa bagian dalam rumah. Tanaman ini akan sedikit bisa menyerap udara panas, selain itu adanya tanaman yang mungkin anda taruh di sudut-sudut rumah akan membuat tampilan rumah menjadi lebih asri, sehingga bisa menenangkan penghuninya.

Ok, itu tadi beberapa tips yang bisa anda terapkan, untuk membuat rumah tetap sejuk walaupun tanpa pemasangan AC. Selain dengan beberapa cara di atas, anda pun dapat berkreasi sendiri untuk bisa membuat hunian terasa nyaman, karena rumahku adalah istanaku.


Baca Lainya : 3 Cara Membuat Rumah Senantiasa Rapi dan Bersih Sepanjang Waktu

Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.