WOW..Teknologi Pengamanan Mata Uang Rupiah Baru TernyataTerbaik Di Dunia

watch_later Wednesday, 21 December 2016
Gambar dari pojoksatu.id
Peluncuran 11 mata uang NKRI baru oleh Bank Indonesia menjadi momen tersendiri bagi rakyat Indonesia. Hal ini tentu saja disambut dengan suka cita mengingat telah lama BI tidak menerbitkan uang baru. Peluncuran uang baru tersebut  dilakukan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo bersama beberapa menteri .

Secara nominal uang baru yang diluncurkan tahun ini masih sama yaitu 100 ribu, 50 ribu, 20 ribu, 10 ribu, 5 ribu, 2 ribu , 1 ribu kertas, 1 ribu logam, 500 logam, 200 logam,  dan 100 logam. Yang membedakan adalah gambar ( meskipun secara umum masih menggunakan gambar pahlawan Nasional) , warna dan tentu saja pengaman.

Dan kali ini kita patut berbangga karena pengaman untuk rupiah merupakan yang terbaik di dunia. Hal tersebut seperti yang di sampaikan oleh gubernur bank Indonesia yaitu Agus Martowardoyo sebagaimana saya kutip dari "katadata.co.id". Menurut  Agus selaku gubernur BI, Uang baru yang di keluarkan pada 19 Desember 2016 kemarin memiliki 12 pengaman, tentu saja fungsinya agar tidak mudah dipalsukan bahkan teknologi pengamanan tersebut merupakan yang terbaik di dunia saat ini.

Berikut Adalah 12 Pengaman Uang Baru NKRI


1. Bank Note Paper / Bahan Pembuat Uang
Menurut Agus Marowardoyo bahan pembuat uang berasal dari luar negeri. Sebagaimana bahan pembuat uang kertas yang lalu. Hal ini dipilih karena kualitas bahan pembuat uang yang bagus. Agus menambahkan meski bahan tersebut impor namun proses lelang tetap berdasar standar internasional yang tata kelolanya baik. Adapun pencetakan sepenuhnya dilakukan di Indonesia.

2. Watermark ( tanda air )
Penggunaan watermark   dapat terlihat jika uang diterawangkan ke arah cahaya.

3. Tactile Effect /lambang negara
Penggunaan gambar lambang negara wajib di gunakan pada setiap mata uang yang dikeluarkan oleh suatu negara. Kali ini tactile effec di cetak timbul dan terasa kasar bila di raba.

4. Laten Image
Merupakan pengaman , jika dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang.  Laten image pada uang baru ini memperkuat fitur sebelumnya yaitu mikroteks tulisan Bank Insonesia yang sangat kecil.

5. Colour Shifting
Pengaman ini mempunyai ciri apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda akan terjadi perubahan  warna kontras. Unsur ini memperkuat optical variable ink atau tinta berubah warna .

6. Rainbow Feture
Ciri rainbow feature adalah jika dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi multiwarna berupa angka nominal.

7. Irisafe
Merupakan pigmen yang dapat berubah warna dari merah tembaga menjadi hijau, sementara biru menjadi kuning keemasan.

8. Microteks
Ciri ini berupa tulisan yang sangat kecil yang hanya bisa dibaca lewat kaca pembesar.

9. Rectroverso
Gambar saling isi yang menjadi logo Bank Indonesia.

10. Blind Code /Kode Tuna Netra
Berupa efek rabaan atau tactile effect sehingga mampu membedakan pecahan uang dengan lebih mudah.

11. Security Tread atau Benang Pengaman
Merupakan garis miring melintang dari atas ke bawah dan akan memunculkan tulisan BI 100000 berulang ulang apabila diterawang dengan cahaya.

12. Ultraviolet feature
Demikian 12 pengaman yang membuat rupiah semakin sulit di palsu. Semoga dalam waktu dekat ini saya bisa melihat wujud asli uang baru. Maklum wong ndeso, jatah uang barunya selalu terakhir.


Baca Lainya : Keren... Mata Uang Negara Ini Bergambar Pokemon

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.