10 Bahaya Yang Ditimbulkan Dari Kebiasaan Tidur Sesudah Makan

watch_later Thursday, 23 February 2017
Health - Dulu sering saya dengar ungkapan " paling nikmat setelah makan ya tidur " Dan hal yang demikian dianggap sangat wajar karena katanya inilah cara menikmati hidup . Namun benarkah demikian ? Faktanya tidur selepas makan sangat berpengaruh bagi kesehatan . Dan bukan hanya secara medis telah dibuktikan . Bahkan ribuan tahun lalu Rasulullah pun juga menyebutkan larangan tidur sehabis makan .


Menurut Profesor KP Buteyko MD. PhD, beserta peneliti dari Rusia menyebutkan . Mengkonsumsi makanan sejenis tepung ataupun yang berasa manis seperti roti dan pasta dapat menyebabkan kantuk . Hal tersebut dapat terjadi karena gula darah meningkat drastis .
Akibatnya pankreas melepaskan insulin dalam jumlah besar  sehingga mendorong protein atau triptofan dari aliran darah ke otak , dimana kemudian akan diubah menjadi serotonin yang membuat kita merasa ngantuk.

Jadi sangat wajar memang jika saat perut kenyang kemudian mata ikut mengantuk . Namun jika anda kemudian , menuruti rasa kantuk tersebut langsung dengan merebahkan diri dan tertidur maka , ada bahaya yang akan mengancam kesehatan anda .

Berikut 10 Bahaya Yang Ditimbulkan Dari Kebiasaan Tidur Sesudah Makan.


1. Kegemukan
Makanan yang masuk ke tubuh kita sebenarnya merupakan sumber kalori yang diperlukan tubuh untuk melakukan segala aktivitas . Dan hal tersebut bakal terjadi kebalikannnya jika yang anda lakukan adalah tidur sesudah makan . Kalori yang seharusnya dapat terbakar dengan anda beraktivitas malah menjadi lemak tubuh yang meningkatkan berat badan .

2. Dada Terasa Panas
Efek lain yang ditimbulkan dari kebiasaan tidur sesudah makan adalah rasa panas di dada . Hal tersebut dapat terjadi karena saat kita rebahan asam lambung akan naik ke rongga dada . Akibatnya rongga dada terasa panas dan tidak nyaman . Dan hal ini dapat lebih parah jika dialami oleh penderita maag .

3. Rasa Panas di Tenggorokan
Posisi rebahan saat tidur menyebabkan terjadinya GERD ( Astroesophageal reflux diseases ) atau keadaan dimana katup yang menghubungkan antara perut dan kerongkongan tidak dapat menutup . Akibatnya asam lambung naik sampai ke tenggorokan . Dan  mengakibatkan rasa panas ditenggorokan .

4. Menyebabkan Stroke
Sebuah penelitian dari University of Loannina ,Yunani menyebutkan bahwa kebiasaan tidur sesudah makan dapat meningkatkan resiko terjadinya stroke. Hal tersebut seperti 2 teori yang di kemukakan dari hasil penelitian tersebut .
Teori pertama menyebutkan kebiasaan tidur sesudah makan menyebabkan asam lambung meningkat sehingga memungkinkan  terjadinya peningkatan apnea tidur atau nafas terhenti selama tidur sehingga menyebabkan terjadinya stroke .
Teori kedua menjelaskan jika stroke terjadi karena sistem pencernaan kita yang bekerja terlalu keras , sehingga berpengaruh pada peningkatan tekanan darah , kadar gula dan kolesterol . Yang dapat memicu stroke .

5. Resiko Serangan Jantung
Lemak yang menumpuk dapat menyebabkan penyumbatan bagian - bagian pembuluh darah sehingga hal ini dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung . Berbagai faktor pemicu menumpuknya lemak antara lain kebiasaan makan lalu tidur . Sehingga lemak dan kalori tidak terbakar akibat tertidur .

6. Peradangan Lambung
Kebiasaan langsung tidur sesudah makan menyebabkan makanan tidak dapat di cerna dengan baik . Sehingga lambung harus berusaha ekstra mencerna makanan yang lama hancur karena  lulut yang tertekuk ketika tidur . Hal ini bila berlangsung lama menyebabkan luka yang kemudian terjadi peradangan .

8. Perut Buncit 
Efek lain yang ditimbulkan dari kebiasaan tidur setelah makan adalah perut jadi buncit . Makanan yang seharusnya menjadi kalori berubah jadi lemak . Dan menumpuk dalam perut , hal inilah yang kemudian menjadikan perut orang yang gemar makan langsung tidur buncit .

9. Sakit Maag
Posisi rebahan saat kita tidur menjadikan pencernaan kita tidak dapat mencerna makanan secara sempurna . Akibatnya asam lambung naik dan oksigen tidak bisa lancar masuk ke dalam paru - paru . Sehingga memicu terjadinya sakit maag .

10.  Bakteri Menumpuk Di Rongga Mulut
Kebiasaan tidur sesudah makan . Bisa menyebabkan gangguan mulut . Terlebih jika selepas makan kita tidak gosok gigi . Akibatnya sisa sisa makanan yang tertinggal di sela gigi mengakibatkan naiknya kadar asam dalam mulut  sehingga sangat nyaman sebagai tempat bakteri berkembang .


Baca Lainya : Masih Sering Bersihin Telinga Pakai Cotton Buds ? Berhati-Hatilah Karena Bukanya Bersih Tapi Malah Bisa Merusak Telingamu

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.