10 Olahan Makanan yang Haram di Panaskan, Ibu Rumah Tangga Harus Paham

watch_later Saturday, February 25
PalingSeru - Sekali waktu pernah kan kita masak makanan dengan porsi besar ? Dan akibatnya sudah bisa dipastikan apa yang kita masak bakal menyisakan makanan sisa . Sebagai ibu rumah tangga tentunya sangat sayang , jika harus membuang makanan begitu saja , terlebih jika yang kita masak tersebut merupakan makanan faforit keluarga . Namun ternyata tidak semua makanan bisa dipanaskan kembali . Hal tersebut bukan tanpa alasan , karena jenis makanan tertentu jika dipanaskan lebih dari satu kali akan meracuni tubuh kita . Mau tahu makanan apa saja yang tidak boleh diangetin lagi ? Berikut 10 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Tubuh Jika di Panaskan Lagi .

1. Bayam.

Gambar via resepumi.com
Secara umum bayam mengandung banyak vitamin K ,A , dan C . Sehingga sudah dapat dipastikan jika mengkonsumsi sayuran hijau ini banyak bermanfaat bagi tubuh . Namun ternyata tidak semudah itu untuk mendapatkan vitamin yang terkandung di dalamnya . Mulai dari proses penyimpanan , pencucian sampai pemasakan harus benar . Dan yang paling penting perlu kita ketahui ternyata  mengkonsumsi bayam malah bisa menjadi racun bagi tubuh kita . Kenapa demikian ? Hal tersebut terjadi jika bayam dipanaskan ulang . Pemanasan yang berulang pada sayur bayam dapat mengoksidasi kandungan zat besi dalam bayam , yang pada akhirnya kandungan zat besi tersebut diubah jadi racun .  Selain itu Nitrit yang dihasilkan akibat pemanasan berulang dapat melepaskan senyawa karsinogen penyebab kanker . Jadi untuk menikmati sayur bayam yang aman sebaiknya jangan mengkonsumsi sayur ini lebih dari 5 jam .

2. Nasi.

Gambar via palingseru.com
Tentunya  sudah bukan hal asing  bagi orang Indonesia dengan makanan yang satu ini . Nasi , merupakan sumber makanan pokok yang setiap hari harus tersedia di meja makan , ya meskipun ada juga yang diet tanpa nasi , namun secara umum itulah makanan wajib orang Indonesia . Karena perut jika belum diisi nasi belum kenyang rasanya . Namun ternyata makanan ini pun juga punya sisi negatif jika kita salah dalam memasaknya terutama dengan menghangatkan nasi kembali . Hal tersebut sebagaimana ditulis oleh agensi standart makanan Amerika yang mana pemanasan nasi kembali dapat  membangkitkan bakteri yang berbahaya . Akibatnya saat nasi sudah dingin bakteri tersebut dapat berkembang biak lebih banyak . Sehingga jika di konsumsi menyebabkan diare dan muntah - muntah .

3. Seledri.

Gambar via tipsbermanfaat.com
Bagi kaum ibu tentunya sudah tak asing dengan bumbu dapur yang satu ini . Seledri merupakan sayuran yang sangat nikmat untuk di campurkan dalam sayur sop , Soto , bahkan bakso . Aroma yang kuat dan khas membuat makanan yang diberi campuran sayur ini bertambah nikmat . Seledri atau Apium Graviolens dalam bahasa latinnya , mempunyai berbagai kandungan vitamin seperti kalsium , vitamin B1 , B2 ,B6 dan vitamin C.  Sehingga tentu saja sayur yang satu ini sangat bermanfaat bagi tubuh . Namun  mengkonsumsi seledri lewat pemanasan berulang ternyata sangat berbahaya .Pemanasan berulang pada seledri membuat asam nitrat dapat berubah menjadi karsinogen , sehingga memicu kanker . Karena itu alangkah bijak jika ingin memanaskan sup daun seledrinya dibuang dulu .

4.  Kentang.

Gambar via selerasa.com
Merupakan sumber karbohidrat kentang juga sangat di sukai oleh masyarakat Indonesia .  Namun biasanya orang Indonesia mengenal kentang untuk dijadikan lauk makan seperti dibuat sambal goreng . Sehingga hal tersebut memungkinkan kentang tidak habis sekali makan . Akibatnya proses pemanasan ulang harus dilakukan agar tidak basi . Namun pemanasan berulang tersebut membuat kentang berbahaya bagi kesehatan . Mengkonsumsi kentang dengan pemanasan berulang maka resiko oksidasi akan terjadi . Sehingga memungkinkan kentang tersebut beracun .

5. Jamur.

Gambar via resepdanmasakan.com
Makanan yang satu ini merupakan pengganti daging yang sangat nikmat . Tak heran jamur menjadi menu pilihan bagi para ibu . Rasa yang gurih , dan nikmat membuat orang menyukai makanan ini . Namun bagi para ibu sebaiknya lebih berhati - hati dalam memasak jamur , terlebih ketika harus memanaskan ulang . Proses pemanasan ulang pada sayur jamur sangat berbahaya bagi tubuh hal tersebut karena kandungan protein dalam jamur dapat berubah komposisinya . sehingga dapat menyebabkan masalah di pencernaan yang dapat mempengaruhi kinerja jantung .

6. Gorengan.

Gambar via bekasiurbancity.com
Pas lagi hujan rasanya sangat nikmat makan gorengan ditemani segelas teh hangat atau pun kopi . Ya dimanapun anda berada yang penting masih di Indonesia gorengan merupakan makanan yang paling di cari . Karena selain enak juga murah meriah . Namun seperti pada umumnya gorengan pasti membutuhkan minyak untuk menggorenggnya . Dan hal ini sudah tentu sangat berbahaya bagi kesehatan . Sayangnya kadang ketika ada gorengan yang masih sisa kita sayang membuangya lalu di goreng ulang . Dan hal tersebut tentunya lebih berbahaya lagi karena kandungan lemak dalam gorengan akan lebih tinggi dan hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan .

7. Telur.

Gambar via inforesepku.com
Merupakan makanan paling gampang dimasak saat kondisi darurat . Tinggal goreng maka siap jadi lauk makan . Namun begitu bukan main - main vitamin yang terkandung di didalamnya seperti protein , riboplafin atau B2 , vitamin A , B , kalsium , fosfor , lesitin , dan zat besi . Sehingga sudah dapat dipastikan telur juga diperlukan tubuh .yang pentingbtidak kebanyakan saja dalam mengkonsumsinya . Namun yang lebih berbahaya dari telur adalah ketika dilakukan pemanasan ulang , kuning telur akan hilang nutrisinya bahkan bagian kuning telur tersebut mengandung racun .

8. Santan.

Gambar via detik.com
Di daerah saya santan merupakan bumbu wajib yang harus ada dalam setiap masakan .Karena itu sangat wajar jika di jumpai banyak ibu - ibu yang memborong kelapa kala harga kelapa murah .  Namun entah mengapa kebanyakan mereka yang suka mengkonsumsi santan masih aman - aman saja .  Bukan sesuatu yang ajaib tentunya karena sebenarnya dalam santan sendiri terdapat berbagai manfaat yang berguna oleh tubuh diantaranya adalah , mencegah anemia , penuaan , memperkuat imunitas , memperkuat tulang , kaya anti oksidan dan lainnya . Lalu apakah yang menyebabkan santan berbahaya bagi tubuh yaitu ketika proses pemanasan santan dilakukan dalam waktu yang lama dan berulang , sehingga hal tersebut membuat asam lemak yang tadinya sehat berubah menjadi lemak trans yang jahat sehingga berpengaruh bagi kesehatan . Karena itu alangkah baiknya jika mengkonsumsi santan dalam kondisi dimasak sebentar atau tanpa dimasak agar kandungan gizinya dapat dinikmati tubuh .

9. Brokoli.

Gambar via selerasa com
Sayur hijau yang mempunyai nama latin Brassica oleracea varitalica ini merupakan sayur sekaligus obat . Berbagai kandungan vitamin terdapat di dalamnya seperti vitamin C , kalsium , vitamin K , karoten lutein dan lainnya . Sehingga sayuran ini sangat baik untuk melawan dan mencegah kanker jika dalam pengolahan penyimpanan dan pengolahan dilakukan dalam keadaan benar . Namun sebaliknya jika cara memasaknya salah kandungan nutrisinya akan berkurang . Tak hanya itu bahaya brokoli sangat berbahaya bagi tubih jika dipanaskan lagi , Seperti halnya bayam  asam nitrat yang dihasilkan dapat memicu tumbuhnya sel karsinogenik penyebab kanker .

10. Ayam.

Gambar via resepayam.net
Sangat wajar kiranya memanaskan ayam sisa , karena bagaimanapun semakin sering dipanaskan bumbu yang terkandumg di dalamnya semakin merasuk dalam daging . Namun sebenarnya pemanasan berulang sangat tidak di anjurkan . Hal tersebut karena pemanasan berulang dapat merusak komposisi protein . Karena itu alangkah baiknya jika menghangatkan daging ayam dilakukan dengan cara singkat dengan api kecil.

Baca Lainya : Tahu Gak Sih, 10 Jajanan Lawas Ini Sekarang Harganya Jauh Berlipat Jika Dibanding Tempo Dulu


Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.