7 Bentuk Mata Uang Aneh Yang Pernah Ada Di Dunia
7 Bentuk Mata Uang Aneh Yang Pernah Ada Di Dunia

7 Bentuk Mata Uang Aneh Yang Pernah Ada Di Dunia

Keberadaan uang memang tidak dapat dipisahkan dengan manusia hal tersebut sangat wajar kiranya , mengingat transaksi paling mudah dilakukan adalah dengan uang . Meskipun tak sedikit juga orang modern yang menggunakan berbagai macam kartu kredit  maupun kartu debit sebagai alat pembayaran .

Menilik perkembangan uang yang mengikuti zaman , konon mata uang yang pertama kali keluar berupa koin atau logam. Yaitu sekitar  700 tahun SM yang diperkenalkan di Lydia atau  sekarang dikenal dengan Turki.  Baru selanjutnya di abad ke 10 uang kertas menjadi alat transaksi pembayaran .

Bukan sesuatu hal yang aneh rasanya jika bentuk uang koin dan kertas menjadi pilihan mata uang  dunia mengingat kedua bahan uang  ini sangat praktis di bawa kemana - mana . Namun tahukah anda jika di belahan dunia lain terdapat berbagai bentuk mata uang yang nyleneh dan tidak lazim .

Mau tahu negara mana saja yang pernah punya bentuk mata uang yang unik dan aneh . Berikut 7 Bentuk Mata Uang  Aneh Yang Pernah Ada Di Dunia . 

1. Squirrel Pelts

Sungguh sulit di percaya jika negara sebesar Rusia pernah menggunakan mata uang jenis ini . Ya benar saja , kulit tupai dipilih sebagai mata uang . Konon hal tersebut di pilih karena kulit tupai dapat menghindarkan rakyat Rusia dari wabah penyakit yang ditularkan oleh satwa . Tidak main - main  bukan hanya bagian kulitnya saja yang diambil sebagai mata uang . Bahkan bagian lain seperti telinga , hidung , dan kuku juga diambil sebagai uang recehan .


2. Moose Jaw Centennial

Negara selanjutnya yang pernah memakai bahan unik dalam pembuatan mata uangnya adalah Jerman . Sesaat setelah perang dunia pertama berakhir . Negara ini porak  - poranda . Secara otomatis pemerintah Jerman pun harus memutar otak agar perekonomian negara tersebut tetap berjalan Di tengah kesulitan keuangan negara ini akhirnya membuat gebrakan dengan membuat mata uang berbahan kayu . Namun tak hanya itu bahan lain seperti aluminium foil , kartu resmi sisa perang dan kain sutra pun jadi bahan untuk membuat uang .

3. Batu Rai

Suku Yapese merupakan suku yang mendiami pulau Yap yang terletak di kepulauan Solomon , Samudra Pasifik .  Suku ini punya keunikan tersendiri dengan mata uang  yang di pergunakan dalam transaksi mereka . Batu Rai atau batu uang , begitu nama mata uang tersebut . Memiliki berat 8 ton dengan diameter 12 kaki batu ini merupakan mata uang yang sangat unik di dunia. Untuk memiliki batu ini pun tidak main - main karena harus bertaruh nyawa . Bagaimana tidak , karena  untuk memiliki mata uang ini ,  harus kuat memindahkan dari tempat yang sebelumnya . Bahkan semakin banyak orang yang gagal dalam memindahkan batu ini maka nominalnya pun akan bertambah besar. Batu rai hingga saat ini masih dipakai dalam bertransaksi , mulai dari membeli tanah , mas kawin dan lainnya.

4. Green Stamp Money 

Atau lebih tepatnya uang dalam bentuk voucher .  Uang ini sempat beredar di Vietnam di tahun 1970 an . Keunikan uang ini adalah jika ingin membelikan barang harus menyobek bagian tepi kupon kertas tersebut. Namun sayang nya tidak semua barang dapat dibeli dengan uang jenis ini kecuali hanya pakaian dan sejenisnya saja .

5. Garam

Merupakan salah satu penyedap rasa terpenting bagi makanan , garam menjadi mata uang selanjutnya yang pernah ada di dunia . Bahkan sangking berharganya , garam menjadi pemicu terjadinya perang mungkin kalau sekarang setara minyak bumi kali ya....? Tercatat beberapa negara berkonflik hanya gara - gara garam seperti Jerman yang memerangi Polandia , Venesia dengan Genoa . Bergengsinya garam membuat negara besar kala itu seperti China , Yunani , dan Romawi pun tak mau kalah dalam perdagangan garam .

6. Pisau

Siapa yang menyangka jika benda tajam yang sering di gunakan di dapur ini dulunya juga merupakan mata uang . China merupakan negara yang pernah menggunakan mata uang tersebut di tahun 600 - 200 SM . Baru setelah kaisar Qin Shi Huang berkuasa mata uang pisau di tarik dari peredaran dan di ganti dengan mata uang koin bulat yang ditengahnya terrdapat lobang segi empat . Namun jika anda penasaran ingin melihat bagaimana mata uang pisau ini anda dapat berkunjung ke The British Museum .

7. Tutup Botol Bir

Jikalau di negara kita bir merupakan minuman yang ilegal maka tidak seperti itu di negara Kamerun . Negara dengan jumlah peminum bir terbesar di Afrika ini pada akhirnya menjadikan tutup botol bir sebagai mata uang. Hal itu sebenarnya di dasari pada persaingan usaha dari perusahaan minuman keras di negara tersebut. Untuk menarik konsumen perusahaan tersebut membuat undian berhadiah di dalam tutup botol . Berbagai hadiah di tawarkan mulai handphone , alat elektronik bahkan sampai mobil mewah . Karena itulah pada akhirnya tutup - tutup botol ini menjadi barang berharga. Dan asal tahu saja 5 tutup botol miras dapat digunakan untuk naik taksi dalam kota. Namun hal tersebut tidak secara umum berlaku di Kamerun tetapi hanya  di beberapa wilayah saja.


Baca Lainya : Ini Lho Yang Menyebabkan Uang Asli Tidak Gampang Robek


Sumber referensi :
http://www.mbakbro.com/2017/01/5-Benda-Aneh-Ini-Pernah-Digunakan-Sebagai-Mata-Uang.html
https://blog.tokopedia.com/2015/02/dari-kayu-sampai-kulit-tupai-ini-dia-7-mata-uang-ter-aneh-di-dunia/



Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar