5 Pelaut Muslim Yang Begitu Melegenda dan Paling Di segani di Penjuru Dunia

watch_later Sunday, March 26
Image via www.aliexpress.com
Siapa bilang pelaut terhebat zaman dahulu hanya berasal dari Eropa. Faktanya pelaut muslim pun begitu melegenda bahkan mereka begitu ditakuti dan disegani di penjuru dunia.

Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui tentang siapa-siapa mereka. Berikut ini ulasanya.

1. Ibnu Battuta Sang Penjelajah Muslim Terhebat di Dunia


Image via www.nu.or.id
Ibnu Battuta lahir di Tangier 17 Rajab 703H/ 25 Februari 1304 dengan nama lengkap Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim At Tanji. Pria yang bergelar Syamsuđin bin Battutah ini sejak kecil dibesarkan dalam keluarga yang taat menjaga tradisi islam.

Ibnu Battutah dikenal karena kehebatanya mengarungi samudra, selama hampir 30 tahun beliau mengarungi samudera dan berhasil mengunjungi 3 benua yaitu Afrika, Eropa dan Asía. Tak salah rasanya jika kehebatanya mampu melampaui pelaut Eropa yang selalu diagung-agungkan orang barat, seperti Christhoper Cholumbus, Vasco da Gama, dan Magellan. Tercatat jarak yang ditempuh selama pengembaraanya mengililingi dunia mencapai 73 ribu mil atau sejauh 117 ribu km sungguh pencapaian yang luar biasa kala itu, bahkan melebihi pencapaian jarak tempuh Marcopolo.

2. Laksamana Zhang He ( Cheng Ho )


Image via biografiku.com
Cheng Ho adalah seorang pelaut dan penjelajah muslim asal Tiongkok. Kala itu atas izin dari Kaisar di Dinasti Ming, Laksamana Cheng Ho melakukan pelayaran besar besaran yang dikenal dengan ekspedisi Cheng Ho. Tak main-main sebanyak 27.800 awak di ikutkan dalam ekspedisi tersebut. Hingga tercatat sebagai pelayaran dengan jumlah awak terbanyak dan kapal terbesar abad ke 15.

Dengan menaiki kapal kayu sepanjang 138 m, dengan lebar 56 m ( 5 kali lebih besar dari kapal Columbus ) Laksamana Cheng ho mulai menjelajah samudera dan berhasil singgah di beberapa negara seperti India, Afrika, Asia Tenggara termasuk Indonesia.

3. Khairuddin Barbarossa, Sang Mujahid " Bajak Laut " Momok Eropa


Image via boombastis.com
Di eropa nama Khairuddin Barbarosa dikenal sebagai bajak laut yang amat kejam hingga sangat ditakuti kala itu. Namun, dalam sejarah islam nama beliau begitu disegani sebagai laksamana penjaga khilafah Utsmani.

Awal mulanya Barbarrosa dan keempat saudaranya hanyalah seorang pelaut biasa. Namun dikemudian hari setelah banyaknya penindasan yang dilakukan oleh pelaut-pelaut kristen Eropa, Barbarrosa semakin terketuk hatinya. Ditambah lagi saat kapal dagang kakak tercinta Aruj pernah dibajak oleh ordo militer Saints Jons semakin memantapkan hatinya untuk berjihat melawan penindasan orang Eropa.

Dengan satu buah kapal dan persenjataan yang amat terbatas perjuanganpun dimulai. Berkat ketrampilan yang mumpuni Khairuddin berhasil mengalahkan dan merebut banyak kapal hingga kekuatan armadanya terus bertambah dan semakin kuat yang menjadikanya paling ditakuti di Perairan Mediterania. Karena jenggotnya yang berwarna merah membuat mereka lebih terkenal dengan nama yang menggelegar "Barbarossa si Janggut Merah".

4. Ahmad Ibnu Majid sang Singa Lautan


Image via republika.co.id
Tak ada nama julukan  paling menggetarkan kala itu selain " Singa Lautan". Seorang tokoh yang paling ditakuti di Dunia Maritim di abad 15. Ahmad Ibnu Majid seorang navigator legendaris pada zamanya. Kemampuanya dalam hal seni navigasi menjadikanya begitu disegani. Beliau juga dikenal sebagai pembuat peta atau kartografer.

Kemanpuan dalam hal pelayaran sudah dimiliki  Ahmad Ibnu Majid sejak kecil. Suatu ketika beliau dan teman-temanya mempunyai ide untuk mengarungi beberapa daerah baru yang belum pernah didatangi. Berbekal dengan sebuah kompas buatan sendiri pelayaranpun di mulai. Dari sanalah nama Ahmad Ibnu Majid mulai dikenal luas. Hingga suatu ketika bertemulah beliau dengan Vasco da Gama. Bermula dari kekaguman Vasco da Gama akan kemampuan Ahmad Ibnu Majid dalam mengarungi lautan dengan berbekal kompas buatan sendiri, akirnya diajaklah beliau dalam pelayaranya.

Dalam pelayaranya bersama Vasco da Gama beliau menemukan Tanjung Harapan di sebelah selatan Afrika. Dengan penemuan tersebut akirnya orang eropa menemukan jalur baru pelayaran ke Benua Asia.

5. Turgut Reis


Image via boombastis.com
Turgut Reis, beliau adalah seorang laksamana muda dari kerajaan Ottoman yang amat lihai dalam ilmu pelayaran. Berkat keahlianya itu Turgut sangat ditakuti oleh Kerajaan Spanyol, terutama oleh laksamana dari kerajaan tersebut Andrea Doria. Sering kali Turgut Reis membodohi Andrea Doria dengan banyak strateginya. Karena ketenarannya, Turgut akhirnya benar-benar menggantikan posisi Barbarossa sebagai admiral tertinggi di kerajaan Ottoman.
Nah, demikian tadi 5 Pelaut Muslim yang pernah berjaya dan disegani di penjuru dunia.

Baca Lainya : 10 Negara Dengan Predikat Negara Termiskin di Dunia, Kamu Harus Baca!!

Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.