Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Ciplukan, Dahulu Sempat Terpinggirkan Kini Menjadi Buah Yang Super Mahal

Ciplukan, mendengar namanya pasti yang terpikirkan adalah tanaman liar yang biasa tumbuh di sawah atau pekarangan. Dikalangan anak era 90 an ciplukan sering kali jadi buruan karena memang rasanya yang manis. Bahkan tak jarang mereka rela blusukan ke sawah atau ladang untuk mencarinya.

Meskipun sejak dahulu ciplukan sudah di sukai anak-anak namun di kalangan petani tanaman ini begitu tidak berharga. Dan parahnya, keberadaanya terkadang di anggap sebagai hama. Hingga sering kali ciplukan dibabat begitu saja dan di jadikan pakan ternak. 

Namun itu dulu lo ya, para petani dahulu pasti gak bakalan nyangka, kalau ciplukan bakalan berovulusi secara nilai jadi tanaman yang super mahal seperti saat ini. Bayangkan saja saat ini buah ciplukan bisa mejeng di supermarket dengan harga tembus Rp. 300 ribuan untuk per kilogramnya. Siapa sangka coba, para petani dahulu semisal saat ini masih ada pasti bakalan bilang "ASTAGA" kok bisa ya!!
 
 Tak heran jika saat ini ciplukan menjadi salah satu buah super mahal, karena memang eksistensinya yang jarang dan susah untuk dibudidayakan. Sehingga para pengepul kerap kali mengalami kesulitan untuk memasoknya. Alasan lain yang mencengangkan adalah karena buah ciplukan mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Mau tau apa saja manfaatnya. Simak ulasanya.

Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Sejumlah pakar peneliti herbalis menyimpulkan bahwasanya didalam buah, daun dan akar ciplukan tersimpan senyawa alami yang kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan. Seperti asam malat, asam sitrat, fisan alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula.

Karena kandungan senyawa alami yang beragam tersebut ciplukan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti halnya yang dilansir oleh sebuah grop facebook di malaysia buah ciplukan diyakini mampu mengobati, penyakit jantung, sebagai obat asma, kangker payudara, membersihkan kencing kotor, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati strok, sebagai obat kurap dan beberapa penyakit lainya.

Nah, setelah tahu akan kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan, yuk kembali blusukan ke ladang-ladang seperti anak 90an, lumayan kan dijual pun harganya juga melejit.

Baca Lainya : Manfaat Kangkung Beserta Resep Cara Memasak Kangkung Spesial

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar