Menyingkap Ragam Pedang Rosululloh SAW yang Begitu Melegenda

watch_later Tuesday, 28 March 2017
Banyak ahli sejarah yang menyebutkan jika Nabi Muhammad memiliki 11 pedang, namun hingga saat ini hanya ada 9 saja yang keberadaanya diketahui. Sebagaimana diungkapkan oleh Abd al - Aziz al - Lumthi al - Miksani dalam kitab Qurrat al - Abashar fi Sirat al- Musyaffa' al - Mukhtar mengungkapkan, Setelah wafat Rasulullah meninggalkan 9 buah pedang yang keberadaanya tersebar di Musseum di Istanbul dan Masjid di Kairo.

1. Al - Ma'thur



Pedang dengan nama lain Ma' thur al - Fijar ini dulunya merupakan milik dari Abdullah yang tak lain ayah dari Rasulullah. Beliau menerima pedang ini disaat belum diangkat menjadi Nabi. Satu peristiwa penting yang ditulis sejarah adalah di saat Nabi Muhammad berhijrah dari Makkah menuju Madinah ditemani pedang tersebut. Sampai akhirnya oleh nabi pedang inipun di wariskan kepada menantunya yaitu Ali bin Abu Thalib beserta peralatan perang lainnya. Saat ini pedang  Al - Ma' thur tersimpan rapi di museum Topkapi Istanbul, berbentuk blade dengan panjang 99 cm. Pegangan dari emas dengan bentuk 2 ular yang berlapis zamrut dan pirus. Sementara di dekat pegangan terdapat ukiran yang bertuliskan huruf  Arab yang berbunyi 'Abdullah bin Abd al - Mutalib.

2. Al Adb


Al - Adb mempunyai arti memotong atau tajam. Pedang ini konon diberikan oleh salah seorang sahabat beliau sebelum terjadinya perang Badar. Nabi Muhammad menggunakan pedang ini saat terjadi Perang Uhud berikutnya para pengikut nabi pun menggunakan pedang ini untuk menunjukkan kesetiannya. Untuk melihat pedang ini,  sekarang tersimpan di Masjid Husain Kairo Mesir.

3. Dhu Al Faqar


Pedang ini merupakan hasil rampasan perang Badar, yang oleh Nabi kemudian diberikan kepada Ali bin Abi Thalib. Namun ditengah berkecamuknya  perang Uhud Sayyidina Ali mengembalikan pedang tersebut kepada Nabi dengan tangan dan bahu berlumuran darah. Meskipun banyak sumber yang mengatakan jika pedang yang memiliki dua mata pedang ini teap milik Ali bin Abi Thalib.

4. Hatf


Merupakan pedang Rasulullah hasil rampasan perang dari Banu Qaynaqa.
Sebelum itu dikisahkan ketika Nabi Daud As berusia 20 tahun ia berhasil mengalahkan  Goliath dan sebagai hasil rampasan pedang Al Battar pun dimilikinya. Namun oleh Allah Nabi Daud yang di beri kemampuan lebih dalam bidang peralatan perang. Beliau sangat ahli dalam membuat baju baja, alat perang, bahkan pedang yang beliau namakan Hatf. Pedang ini secara bentuk hampir menyerupai Al Battar namun agak lebih besar. Berbentuk blade, dengan panjang 112 cm dan lebar 8 cm. Sebelum sampai ke tangan Nabi pedang ini sempat disimpan suku Levita yaitu suku yang menyimpan segala senjata milik kaum Israel. Saat ini pedang Hatf tersimpan di museum Topkapi Istanbul.

5. Al Battar


Sama seperti pedang Hatf, pedang tersebut diperoleh Rasulullah dari rampasan perang Banu Qoynaqa. Disebut juga pedangnya para nabi. Karena di dalam pedang ini terdapat ukiran tulisan Arab yang berbunyi : ' Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS,  Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Zakaria AS, Nabi Yahya AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad SAW. Selain itu terdapat gambar nabi Daud yang memotong kepala Goliath sang pemilik pedang ini sebenarnya. Dalam pedang tersebut terdapat tulisan yang diidentifikasikan sebagai tulisan Nabatean. Pedang yang memiliki panjang 101 cm dengan bentuk balde ini sekarang tersimpan rapi di museum Topkapi di Istanbul. Konon pedang inilah yang nantinya digunakan nabi Isa AS setelah kembali untuk menghabisi Dajjal.

6. Al Mikhdam


Ada dua versi mengenai kepemilikan pedang ini. Menurut versi pertama pedang ini sebenarnya milik Rasulullah Muhammad yang si berikan kepada menantunya Sayyidina Ali yang kemudian kepemilikannya sampai kepada anak - anaknya. Namun versi yang lain menyebutkan jika pedang ini sebenarnya merupakan milik Ali bin Abi Thalib hasil dari rampasan perang ketika beliau memimpin perang di Syiria. Pedang berbentuk blade dengan panjang 97 cm ini mempunyai tulisan arab yang berbunyi ' Zayn al - Din al - Albidin. Untuk menjumpai pedang ini sekarang disimpan di museum Topkapi Istanbul.

7. Al Rasub


Merupakan pedang keluarga Nabi Muhammad SAW, yang disimpan oleh kwluarga beliau. Seperti halnya bangsa Israel yang menyimpan bahtera. Pedang Rasub memiliki panjang 140 cm, dengan lingkaran emas yang bertuliskan Ja' far al - Shadiq. Keberadaannya dapat di jumpai di meseum Topkapi.

8. Al Qadib


Pedang ini jika dilihat sekilas hampir menyerupai tongkat, berbentuk bilah tipis dengan panjang 100 cm yang terbungkus sarung kulit yang sicelup. Pada sisi pedang yang terbuat dari perak terdapat tulisan Syahadat " Tidak ada Tuhan selain Allah , Muhammad Rasul Allah - Muhammad bin Abdallah bin aabd al - Munthalib. Menurut berbagai sumber pedang ini tidak digunakan dalam peperangan apapun namun diguakan saat Rasulullah sedang bepergian. Keberadaannya dirumah Nabi dan kemudian hanya digunakan oleh Khalifah Fatmid. Saat ini bisa di jumpai di Museum Topkapi.

9. Qal 'a


Dikenal juga dengan "Qal'i " atau "Qul' ay". Sebuah nama yang berhubungan dengan sebuah tempat si Dyiria atau dekat China dan India. Namun ulama negara lain menunjuk bahwa kata Qal 'i  tersebut merupakan nama dari timah atau sejenis timah putih yang ditambang dari berbagai lokasi. Asal usul pedang inipun juga masih misterius setidaknya ada dua pendapat tentang pedang Qal 'a. Pendapat pertama pedang ini merupakan satu dari tiga rampasan perang dari Bani Qaynaqa, pendapat kedua, jika kakek nabilah pemilik pedang ini saat beliau menemukan air Zam - zam. dang ini berbentuk gelombang dengan panjang 100 cm ini terdapat tulisan bahasa Arab yang berbunyi" ini adalah pedang mulia dari rumah nabi Muhammad SAW, rasul Allah. Untuk melihat pedang ini dapat dijumpai di museum Topkapi.

Baca Lainya : 10 Negara Dengan Predikat Negara Termiskin di Dunia, Kamu Harus Baca!!

Sumber referensi : http://www.boombastis.com/pedang-milik-rasulullah/22723
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.