5 Pesona Goa di Trenggalek Jawa Timur Yang Belum Banyak Diketahui

watch_later Monday, March 6
comment 1 Comment
Trenggalek kota kecil di ujung selatan pulau Jawa ini ternyata memiliki berbagai potensi wisata yang tak dapat dipandang sebelah mata . Letak geografis Trenggalek yang bergunung - gunung membuat Trenggalek nampak eksotik , terlebih dengan berbagai pesona wisatanya . Jika beberapa saat lalu kepitingonline banyak membahas pantai , jurug , dan gunung maka kali ini kami akan mencoba menggali potensi wisata lainnya yang terdapat di Trenggalek.

Goa , ya memang beberapa waktu lalu Kepitingonline juga pernah membahas goa lowo namun ternyata tak hanya ada satu goa di Trenggalek Maka berikut ini akan kami ulas 5 Pesona Goa Di Trenggalek Yang Belum Banyak Diketahui .

1. Goa Ngerit


Gambar oleh Adhar Muttaqin(detik travel)
Goa yang sempat dibiarkan terbengkalai ini ,  sejak tahun 2016 mulai berbenah diri . Pihak Swasta telah mengambil alih pengelolaan tempat wisata ini dan menjadikannya lebih menarik . Pengunjung yang datang ke tempat ini pastinya akan dibuat senang dengan tempat wisata unggulan Trenggalek ini , pasalnya dalam satu tempat wisata tak hanya goa yang akan anda temui namun juga air terjun dan juga rumah batu.
Gambar via tukangdolantrenggalek.com
Begitu masuk   area goa pengunjung akan di sambut gunung batu  serta bebatuan alam yang eksotik . Setelah puas menikmati bebatuan indah pengunjung dapat bermain air, di air terjun Ngerit yang jernih dan segar . Bagi yang penasaran pingin menikmati indahnya dalam  goa , pengunjung bisa menyeberangi jembatan bambu lalu masuk ke dalam goa dengan menyusuri lorong gua sepanjang 20 m yang dapat menghubungkan ke lorong lainnya . Uniknya lagi di kawasan gua ngerit terdapat setidaknya 3 gua kecil , ada yang dinamakan gua Pertapan atau goa untuk bertapa orang zaman dahulu dan juga terdapat sebuah mitos barang siapa bisa melempar batu kerikil ke dalam lobang maka apa yang diinginkan bakal terkabul .

Gambar oleh Adhar Muttaqin(detik travel)
Selain itu terdapat pula rumah batu , yang merupakan ceruk yang berada di atas tebing bebatuan raksasa , namun untuk menjangkaunya dibutuhkan nyali yang besar karena pengunjung harus naik dengan tangga sampai ke atas . Ya kira kira 5 meteran lah jadi bagi yang nggak punya nyali mending ngga usah . Namun dari atas rumah batu keindahan alam di sekitar Goa Ngerit akan semakin terpampang nyata.

Pokoknya buat kamu yang penasaran dan pingin berkunjung ke tempat wisata ini nggak bakalan nyesel , mengingat tempatnya yang memang indah dan juga lokasinya mudah ditemukan karena searah dengan Pantai Prigi dan tidak jauh dari jalan raya . Namun bila masih bingung nih alamat lengkapnya di perbatasan Desa Senden kecamatan Kampak dan desa pakel kecamatan Watulimo .

2. Goa Clangap


Gambar via tukangdolantrenggalek.com
Goa yang berada di kecamatan Dongko ini juga tak kalah indahnya dengan Goa lainnya. Dari pintu masuk saja kamu bakal di sambut Stalagtit dan Stalagmit yang nampak indah menggantung di dinding dan langit - langit Goa . Semakin masuk  ke dalam terdapat ruangan yang  cukup luas dengan pemandangan stalagtit yang sangat menawan . Berikutnya untuk mencapai lorong yang lebih jauh kamu harus jalan jongkok karena lorong ini hanya muat dilalui satu orang . Goa yang berada di aliran sungai kecil ini pun juga terdapat banyak kelelawar di dalamnya . Jadi buat kamu yang hobi berpetualang goa clangap merupakan referensi yang bisa kamu jadikan tujuan saat berwisata di Trenggalek .

3. Goa Sompil


Gambar via tukangdolantrenggalek.com
Masih berada di kecamatan Dongko kabupaten Trenggalek . Goa sompil begitu masyarakat daerah tersebut menyebutnya . Sekilas nama sompil mengingatkan nama makanan khas Trenggalek . Namun apa yang melatar belakangi nama Goa tersebut sompil kepitingonline sendiri kurang tahu . Namun yang jelas Goa ini sangat indah meskipun sama saja dengan Goa Clangap yang masih belum di maksimalkan .

Goa yang berada di desa Petung ini menurut warga dulunya sempat akan diresmikan jadi objek wisata. Namun sampai sekarang nampaknya belum terealisasi penuh . Padahal tempat goa ini berada sangat indah . Untuk bisa sampai di goa ini kamu harus naik bukit dengan jalan yang menanjak . Namun sensasi yang bakal kamu terima adalah sejuknya hawa pedesaan dengan keindahan Gunung Semungklung di kejauhan , selain itu hijaunya tanaman padi yang berbentuk tanah terasiring menambah pesona tersendiri bagi petualang sejati.

Gambar via tukangdolantrenggalek.com
Begitu masuk pintu goa maka stalagtit akan tampak menawan di dinding dan atap goa . Bagian dalam Goa ini sangat luas dan panjang , kata masyarakat setempat panjang dari goa ini ada 300 m . Selain itu terdapat dua kubah yang sangat besar di dalam goa . Bahkan kubah tersebut hampir menyerupai kubah di Masjid .

4. Goa Maling Guno


Gambar via tukangdolantrenggalek.com
Goa yang bernama aneh menurut saya ini juga berada di Kecamatan Dongko . Dulunya tempat wisata ini sangat populer di wilayah tersebut . Namun karena gesekan yang terjadi menyebabkan Goa ini sejenak terbengakalai . Keunikan dari Goa ini adalah dari pintu masuk yang sangat sempit dan hanya bisa dilalui dengan jalan jongkok sejauh 15 m . Perjuangan seakan terbayar setelah masuk di dalam goa .
Gambar via tukangdolantrenggalek.com
Terdapat ruang yang sangat luas di dalam goa tersebut dengan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang mempesona . Dari atas goa terdengar gemericik air yang mengalir . Bagi kamu yang pingin datang ke tempat ini rutenya adalah dari Pusat kota Trenggalek langsung ke arah Dongko ,  begitu sampai di Dongko ambil jalan Kampak - Dongko . Lalu sampai Bogoran terdapat pertigaan lihat papan petunjuk Lokasi Goa Maling Guno .

5. Goa Song Singo


Gambar via tukangdolantrenggalek.com
Berada di desa Petung Kecamatan Dongko , pesona Goa ini adalah pada keindahan stalagtit yang ada di dalamnya . Memang secara umum setiap goa pasti memiliki Stalagtit namun yang membedakan dari goa lainnya adalah  stalagtit di goa ini dapat memancarkan cahaya ketika tersorot lampu . Selain itu konon di tengah goa juga terdapat batu yang menyerupai bokor .
Gambar via tukangdolantrenggalek.com
Namun sayang nya tim ekspedisi dari tukangdolantrenggalek yang menjelajah goa ini tidak menemukannya karena dalam goa sudah berubah keadaanya . Mereka tidak bisa melanjutkan perjalanan karena lorong goa tertutup pasir . Rasanya sangat sayang sekali jika potensi Trenggalek yang begitu kaya akan wisata ini tak dimanfaatkan sebaik baiknya . Semoga saat artikel ini kami tulis sudah ada perubahan dari Goa Song Singo .

Demikian ulasan dari Goa di Trenggalek. Semoga artikel ini dapat membuat petualang sejati mau berkunjung untuk mengeksplore keindahan Trenggalek yang masih banyak tersembunyi.
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.