Dengan Cara Ini, AC Rumah Anda Bisa Awet Hingga Lebih Dari 10 Tahun, Silahlan Coba!!

watch_later Monday, 6 March 2017
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini AC atau pendingin udara menjadi suatu kebutuhan utama yang ada di dalam rumah. Padatnya perumahan serta tidak ada pohon rindang disekitar rumah, menjadikan suhu udara terasa semakin panas, sehingga banyak orang yang mengakalinya dengan memasang beberapa AC (Air Conditioner) di dalam rumahnya.

Karena suhu udara yang panas bukan tidak mungkin sang empunya rumah menyalakan AC hingga nonstop 24 jam. Ketika hal ini dilakukan sudah pasti nilai keawetan AC akan berkurang sehingga cepat mengalami kerusakan.

Dalam jangka waktu 1-2 tahun mungkin masih bisa bertahan, namun ketika memasuki usia 3 tahun biasanya akan muncul berbagai kendala, dan bahkan AC terkadang mati total dan tidak bisa digunakan lagi.

Lalu Bagaimana Cara Merawatnya Agar Bisa Awet ? Yups, mungkin pertanyaan tersebut ada dibenak anda saat ini.

Sebenarnya cara merawat AC agar bisa bertahan lama tidaklah begitu sulit, asalkan anda mengetahui cara menggunakanya dengan benar. Nah, maka dari itu cobalah untuk menerapkan tips berikut ini agar AC menjadi lebih awet hingga lebih 10 tahun.

Selalu Gunakanlah Timer : Ketika anda menyalakan AC maka cobalah untuk memasang timer. Usahakan untuk set timer sesuai kebutuhan, sehingga dengan sendirinya AC akan mati sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Nah, yang perlu diperhatikan adalah ketika set timer agar jangan menyalakan AC lebih dari 5 jam, serta sebaiknya jangan terlalu sering mengatur suhu dibawah 22° Celcius. Karena jika hal ini anda lakukan AC akan gampang sekali panas, yang pada akirnya menyebabkan AC rusak.

Ohw iya mungkin anda bertanya kenapa mesti set suhu di 22°C ? Karena suhu tersebut merupakan suhu ruangan yang pas di negara kita yang iklimnya tropis.

Bersihkan Filter AC Secara Berkala : Hal ini bertujuan untuk mencegah debu agar tidak terlalu banyak menumpuk di filter. Karena jika terlalu banyak debu yang menghalangi aliran udara, bisa menyebabkan fungsi AC terganggu. Yang mana lama kelamaan AC bisa jadi rusak.

Oleh karena itu usahakan selalu rutin membersihkan filter AC minimal 1-2 bulan sekali. Jika memang sudah tidak memungkinkan lagi untuk dibersihkan sebaiknya anda segera mengganti dengan filter yang baru.

Bersihkan Juga Kumparan AC : sama halnya dengan filter, apabila kumparan AC anda biarkan terlalu lama, maka sudah pasti akan banyak debu yang menempel. Sehingga jika dibiarkan terus menerus debu akan semakin banyak yang akirnya banyaknya debu tersebut mempengaruhi kemampuan kumparan dalam menyerap panas. Ini tentu sangat tidak baik karena bisa menyebabkan AC kelebihan beban sehingga bisa menyebabkan korselt.

Periksa Thermostat : Thermostat merupakan rangkaian komponen pada AC yang berfungsi sebagai pengatur suhu. Oleh karena itu periksalah selalu thermostat untuk sekedar memastikan AC bekerja dengan baik, sehingga temperatur ruangan dapat terjaga dengan baik.

Servis Secara Berkala : Dan yang terakir adalah lakukan servis AC secara berkala. Anda bisa memanfaatkan tukang servise AC panggilan untuk melakukan perawatan AC. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan segera memperbaiki jika ada kerusakan kerusakan kecil yang berpotensi semakin besar jika tidak segera diperbaiki. Dengan menerapkan beberapa tips diatas AC anda pun bisa bertahan lebih lama.

Baca Lainya : Tips Membuat Rumah Tetap Sejuk Dan Dingin Walaupun Tanpa AC


Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.