Pantangan Menikah Menurut Adat Jawa Yang Masih  Banyak Dipercaya
Pantangan Menikah Menurut Adat Jawa Yang Masih  Banyak Dipercaya

Pantangan Menikah Menurut Adat Jawa Yang Masih Banyak Dipercaya


Image via artikelpernikahan.com
Jodoh memang sudah menjadi ketetapan dari sang pencipta. Namun kita sebagai manusia harus berusaha untuk menemukanya. Urusan memilih jodoh memang bisa dibilang cukup rumit. Karena hal tersebut berkaitan dengan pasangan hidup seseorang. Ketika anda salah dalam memilih pasangan hidup tentunya ada penyesalan yang anda rasakan di kemudian hari hingga rumah tangga pun tidak bisa harmonis dan mungkin juga berakir dengan perceraian.

Apalagi jika anda kebetulan tinggal di tanah Jawa. Urusan jodoh akan menjadi lebih sulit lagi. Karena masih banyak orang Jawa yang percaya akan mitos seputar larangan pernikahan. Dalam tradisi jawa ketika seseorang akan melamar kekasihnya biasanya akan dicocokan terlebih dahulu, tanggal lahirnya, wetonnya, hari pasaran dan masih banyak lagi yang lainya. Jika ke semua mendapati kecocokan maka prosesi lamaran pun bisa dilakukan.

Namun jika dari kedua pasangan tidak ada kecocokan dalam hal primbon pernikahan, maka bukan tidak mungkin lagi prosesi lamaran akan dibatalkan karena keluarga takut ketiban sial. Selain itu juga masih ada lagi beberapa pantangan lainya dalam primbon Jawa yang melarang wanita dan pria menikah. Yaitu tidak diperbolehkanya menikah dengan pasangan yang  rubuh karang. Lantas apakah yang dimaksut pasangan rubuh karang, berikut penjelasanya.

  • Orang yang tinggal  berhadapan dengan rumah anda atau tetangga depan rumah.
  • Orang yang tinggal saling membelakangi. Dalam istilah jawa biasa disebut ketemu punggung.
  • Orang yang tinggal disamping kanan dan kiri rumah anda.
Dalam kepercayaan adat jawa jika prosesi pernikahan tetap dilanjutkan dengan pasangan yang termasuk ke dalam rubuh karang, konon kelak rumah tangganya akan mendapati banyak masalah. Mulai dari pertengkaran hingga rizki yang tidak lancar yang mengakibatkan banyak hutang.

Nah, demikian tadi pantangan menikah menurut adat jawa. Percaya atau tidaknya anda tergantung dari kemantapan hati diri anda sendiri.

Namun satu yang pasti, jodoh dan rizki, adalah ketetapan Ilahi.

Baca Lainya : 6 Negara Ini Penduduknya Menggunakan Bahasa Jawa

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar