2017, Kekuatan Militer Indonesia Menjadi Yang Terkuat ke-14 Dunia

watch_later Thursday, April 27
Sebagai Warga Negara Indonesia kita harus berbangga. Pasalnya sang Garuda kembali membuktikan dirinya menjadi salah satu negara yang menpunyai kekuatan militer terdasyat di Dunia.
Image via anonews.com
GFI (Global FirePower Indexs) baru-baru ini telah merilis peringkat kekuatan militer negara-negara di dunia. Dalam penyusunan peringkat tersebut, GFI melakukan evaluasi dengan banyak pertimbangan yang mencangkup lebih dari 50 faktor. Beberapa di antaranya meliputi anggaran militer, jumlah dan kekuatan personil, serta kekuatan persenjataan/alutsista yang masing-masing dimiliki suatu negara.

Dalam susunan peringkat tersebut Indonesia masuk ke dalam jajaran 15 negara dengan peta kekuatan militer terhebat di dunia  yaitu menduduki peringkat ke 14 dunia. Dengan peringkat tersebut menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara ASEAN dengan kekuatan militer terhebat bahkan negara tetangga tidak bisa menyamainya. Malaysia dan Singapura masing-masing hanya menempati posisi ke 34 dan 64 dunia. Indonesia memiliki 876.000 personil aktif, 468 tank, 420 pesawat, serta 5 unit kapal selam. Sedangkan total anggaran yang digelontorkan menurut indeks GSI sebesar USD6,9 Miliar.

Sementara itu posisi teratas peta kekuatan militer dunia masih di duduki oleh Amerika Serikat. AS saat ini tercatat sebagai negara dengan anggaran militer terbesar di Dunia yaitu dengan dana mencapai USD581 miliar. Dengan anggaran militer yang melimpah maka tak heran jika militer AS mempunyai 8.848 tank, 13.444 pesawat, 19 kapal induk, 75 kapal selam, serta memiliki 2.500.000 personel militer aktif.

Sementara itu, Rusia sang seteru abadi AS berada satu tingkat dibawahnya. Meskipun Rusia unggul dalam jumlah personel dan thank. Namun GFI menempatkan Rusia pada peringkat kedua. Hal ini dikarenakan Rusia kalah dalam jumlah keseluruhan alutsista serta anggaran militer. Rusia tercatat memiliki personil militer aktif sebanyak 4.017.110, 15.398 tank, 3.547 pesawat, 60 kapal selam, serta 1 kapal induk dengan anggaran mencapai USD46,6 miliar.

Untuk peringkat ke tiga di isi negeri tirai bambu Cina. Cina beberapa tahun belakangan ini memang tengah gencar-gencarnya membangun kekuatan militer. Salah satu yang menjadi perhatian dunia adalah keberadaan kapal induknya. Ditengah berbagai konflik yang ada, Cina unjuk gigi dengan meluncurkan Kapal Induk terbaru yang dibuat dan dikembangkan sendiri. Dengan demikian Cina saat ini memiliki 2 buah Kapal Induk. Alutsista lainya berupa 9.150 tank, 2.942 pesawat, dan 68 kapal selam serta dukungan 4.635.000 personil aktif. Untuk anggaran militer pemerintah Cina menggelontorkan dana sebesar USD155,6.

Berikut detail peringkat lainya (1-25),

Baca Lainya : 10 Negara Ini Tak Punya kekuatan Militer, Duuh Gimana Jadinya?

 Sumber : http://news.okezone.com/read/2017/03/18/18/1646017/wow-kekuatan-militer-indonesia-masuk-15-besar-dunia
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.