8 Aksesories Pada Benda Ini Mungkin Tidak Kamu Tahu Fungsi Sebenarnya

watch_later Wednesday, April 19
Pada dasarnya setiap benda yang diciptakan oleh kreator sudah di desain dengan fitur - fitur spesial untuk memudahkan pemakainya. Namun karena ukurannya yang kecil dan juga tidak adanya petunjuk pemakaian acapkali fitur yang bermanfaat tersebut hanya menjadi hiasan. Padahal jika kita tahu manfaatnya sungguh sangat membantu kita, mau tahu benda apa saja yang sehari - hari ada di hadapan kita tapi kita tidak tahu fungsinya.

1. Garis Dan Titik Yang Menonjol Di Huruf F Dan J Pada Keyboard

Buat kamu yang aktif banget sama komputer pastinya nggak asing sama keyboard kan. Nah pastinya kamu selalu mencet huruf J maupun F saat ngetik dong ya? Nah di kedua bagian tersebut jika kamu perhatikan baik - baik ada sesuatu yang beda dari lainnya, yap garis kecil. Namun sebenarnya apakah fungsi dari garis menonjol tersebut? Ternyata tonjolan kecil yang seperti tidak berarti tersebut sebagai penanda jari telunjuk terutama buat yang ahli dalam  mengetik 10 jari.

2. Saku Kecil Dan Kancing Kecil Pada Celana Jeans

Pasti kamu ngira kalau saku kecil dan kancing yang terdapat dalam celana jeans  hanya sebagai asesoris. Pasalnya untuk apa juga hal tersebut mesti ada dalam celana jeans kalau bukan cuma buat pemanis. Namun hal tersebut salah 100%. Faktanya kedua bagian mungil tersebut ada fungsinya. Kancing kecil digunakan sebagai pengaman pola jeans dan mencegah dari kerusakan sementara kantong kecil digunakan sebagai tempat alroji. Konon dulu celana jeans merupakan celana khusus para penambang, dan seperti diketahui pekerjaan penambang yang keras membuat kantong celana penuh dengan berbagai  barang seperti paku dan benda keras lainnya, akibatnya celana gampang robek. Karena itu untuk menghindari kerusakan ditambahkan kancing logam pada saku celana.

3. Logam bawah Stepler

Nah ini lagi yang sering lepas dari pandangan kita. Tahunya stepler kan bentukannya seperti itu, pakainya pun secara umum kita pasti tahu dong asal jekrek udah nempel. Namun ternyata ada bagian mungil di sisi bawah logam stepler yang kita tidak tahu. Jika kita putar sedikit sebelum dipakai maka hasil jekterkkan stepler akan lebih lebar dari ukuran biasa.

4. Lubang Dan Gerigi Pada Meteran

Pak tukang rasanya sangat familier dengan benda yang satu ini. Yap meteran rol, sebagai alat bantu untuk memudahkan dalam pengukuran ini mempunyai fungsi yang penting dalam pekerjaan. Namun pastinya banyak yang kurang tahu kan fungsi dari gerigi dan lubang pada meteran? Meskipun terlihat sepele ternyata ada fungsi yang penting dalam keduanya. Lubang pada meteran dapat digunakan  sebagai pengait paku saat pengukuran, caranya paku ditancapkan lalu kaitkan lubang pada paku tinggal ukur deh, nah kalau gerigi pada meteran bisa digunakan sebagai pengganti pensil saat menandai hasil ukuran, caranya cukup menggoreskan saja pada bagian yang diinginkan.

5. Lubang Kecil Diantara Kamera Dan Flash Di iPhone

Ini juga rasanya juga hanya sebagai aksesoris untuk mempercantik tampilan iPhone kamu. Namun lagi - lagi kamu salah besar, faktanya lubang kecil tersebut sebenarnya merupakan mikrofon yang funsgsinya untuk menghalau suara bising yang mengganggu saat kamu tengah merekam suara.

6. Lapisan Pada Tutup Botol

Saat beli minuman kemasan pastinya sering kamu buka dulu kan tutupnya, jika kamu iseng lihat dalam tutup tersebut ada seperti gabus pernah mikir itu ada fungsinya ngga? Pastinya ada dong, karena lapisan tersebut dibuat agar botol minuman tersebut lebih rapat.

7. Bagian Bergelombang Pada Penjepit

Penjepit yang satu ini memang tak lekang dimakan masa.Karena dari saya kecil sudah ada jenis penjepit jenis ini. Namun baru ngeh bentuk bergelombang dari penjepit tersebut buat apa ya, sekarang ini. Karena faktanya bentuk tersebut dibuat untuk mempererat jepitan, syaratnya jika bagian yang bergelombang berada di bawah, masalahnya dulu sering kebalik makainya karena difikir bagian bergelombang di atas ( maksutnya bentuknya kan unik jadi ditaruh bagian atas).

8.Lubang Pada Pinggiran Sepatu

Sering lihat kan jenis sepatu olah raga yang pinggirannya ada lubangnya. Dulunya sepatu Converse  membikin model seperti ini untuk atlet basket, meskipun pada akhirnya banyak tiruan yang serupa. Ternyata lubang ini tak hanya hiasan semata. Karena berfungsi sebagai ventilasi udara agar kelembapan kaki terjaga.
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.