9 Hal Sepele Yang Terlarang Di China, Mau Tau Apa Aja? Uuups Jangan Heran Lo Ya
9 Hal Sepele Yang Terlarang Di China, Mau Tau Apa Aja? Uuups Jangan Heran Lo Ya

9 Hal Sepele Yang Terlarang Di China, Mau Tau Apa Aja? Uuups Jangan Heran Lo Ya

Selama ini banyak kita dengar bagaimana larangan aneh - aneh dibuat Kim Jong Un untuk mengekang rakyatnya. Dan tentunya dengan alasan yang aneh dan tak masuk akal. Namun nyatanya hal tersebut tak hanya dilakukan negeri diktator tersebut, pasalnya China yang merupakan sekutu terdekatnya Korut melakukan hal serupa ( mungkin mereka merasa senasib sepenanggungan  karena sama - sama menjadi negara komunis ).

Seperti kita tahu sudah sejak lama China melarang FB dan Google masuk ke negaranya, dengan alasan keduanya dapat membocorkan informasi negara, dan kemudian mereka lebih menggunakan produk dalam negeri, okelah alasan tersebut masih dapat diterima, namun larangan berikut ini alasannya nggak banget dan malahan bikin kamu ketawa ngakak. Berikut 9 hal sepele yang katanya dilarang peredaranya di China,

1. Winnie The Pooh



Image via www.digitaljournal.com
Tokoh kartun yang digambarkan berupa beruang imut dan menggemaskan ini hilang di situs pencarian internet dan televisi Cina. Hal ini setelah beredarnya meme yang mengaitkan Presiden Xi dengan tokoh kartun imut tersebut. Seperti dikutip dari Dailymail 14/6/2013 yang mengunggah  foto Xi berjalan dengan Barack Obama, saat terjadi pertemuan tingkat tinggi di California, Amerika Serikat.

Hal tersebut kemudian menjadi heboh setelah Foto keduanya disandingkan dengan gambar Winnie The Pooh yang tengah berjalan dengan sahabatnya Tiger. Meme ini pertama kali diunggah oleh Nicaragua Rabbit di media sosial China Weibo. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama. Karena adminisrtrator Weibo  langsung menghapus foto dan komentar terkait gambar ini. Pemerintah China memang sangat ketat melakukan sensor dunia maya, mereka bisa menghapus semua konten Internet, bahkan kritik sekecil apapun.

2.  Alice In Wonderland


Image via www.worldofwanderlust.com
Senasib dengan Winnie The Pooh yang keberadaanya di larang di Cina, segala yang berbau Alice in Wonderland baik buku maupun film hilang dari peredaran di negeri tirai bambu tersebut. Mau tahu alasannya apa? Karena film tersebut dianggap merendahkan derajat manusia, dimana seluruh bagian film menceritakan bagaimana hewan dapat berbicara dengan manusia.

3. Bunga Melati


Image via www.pinterest.com
Pastinya kamu tahu kan bunga ini? Bahkan di negara kita bunga Melati putih menjadi simbol nasional yaitu " puspa bangsa " .  Karena   Melati merupakan lambang keindahan dalam kesederhanaan dan rendah hati. Hal tersebut dapat dilihat dalam bentuknya yang mungil, sederhana, terdapat bau yang sangat harum, tajam, dan menenangkan. Namun hal tersebut  sangat berbeda dengan pendapat pemerintah China, setelah " Revolusi Melati " di Tunisia. Demonstran China terinspirasi untuk melakukan revolusi mereka sendiri. Akibatnya , pihak berwenang menindak semua yang berkaitan dengan Melati. Bahkan sangking takutnya bunga Melati dilarang ditanam di negara tersebut.

4. Brad Pitt

Image via www.sheknows.com
Meskipun Brad Pitt merupakan aktor papan atas yang dielu - elukan kehadirannya. Nyatanya hal itu tak berlaku di China. Bahkan secara resmi China melarang mantan suami Angeline Jolie ini untuk menginjakkan kakinya di Thiongkok. Seperti dikutip Kompas dari situs film IMDb.com. Mengatakan jika Brad Pitt dilarang memasuki wilayah China berkenaan dengan perannya dalam film Seven Years in Tibet pada  tahun 1997. Film tersebut menceritakan bagaimana kekerasan di Tibet yang disebabkan penguasa China.

5. Avatar 

Image via schmoesknow.com
Larangan aneh berikutnya adalah pelarangan terhadap film Avatar. Meskipun pada awalnya pemerintah China masih memperbolehkan melihat Avatar versi 3D. Nyatanya setelah muncul Avatar versi 2D juga dilarang, hal tersebut dilakukan setelah melihat bagaimana antusiasnya penonton. Sehingga setelah dua minggu tayang film ini dihapus dari jajaran film bioskop China, dan alasannya agar perfilman lokal China dapat menembus box office.

6. Dad Where Are We Going?


Image via www.perthnow.com.au
Sebuah acara realitas dari Tingkok yang di tayangkan di Hunan TV. Episode pertama dimulai pada 11 Oktober 2011, dengan 12 episode. Dimana setiap episodenya menceritakan perjalanan Ayah dan Anak  yang tinggal di pedesaan selama 72 jam tanpa sang ibu. Acara ini di adopsi dari reality Korsel yang berjudul Dad, Where Are We Going ( Wikipedia ). Acara yang sukses besar di China ini membuat pemerintah China mengeluarkan larangan terhadap anak untuk menjadi artis. Alasannya agar anak - anak bisa tetap menjalani kehidupan normal.

7. Personil Militer Dilarang Cari Jodoh Online


Image via thehackernews.com
Pemerintah China benar - benar memperketat berbagai hal yang ada di negaranya. Bukan tanpa alasan, karena China tidak ingin kecolongan atas apa yang ada di negaranya, terlebih informasi penting. Karena itu personil militer dilarang keras mencari jodoh online.

8. Game

Meskipun larangan ini telah dicabut beberapa tahun lalu. China melarang keberadaan game. Terutama untuk orang dewasa. Hal tersebut diawalai dari banyaknya tahanan pria yang dipaksa bermain game World of Craft. Dari sini akhirnya pemerintah melakukan pelarangan karena dikhawatirkan generasi muda hanya akan menghabiskan waktunya dengan Game.

9. Film Perjalanan Waktu


Seperti dikutip m.muvila.com dari Movie Pilot, organisasi pemerintah yang menangani hal - hal tentang radio, film dan televisi mengatakan bahwa film yang menjadikan sejarah sebagai objek mainan, maka akan langsung kena sensor. Menurut panduan dari pihak pengawas radio, film dan televisi China. Film yang menceritakan mitos yang dimodifikasi, mempunyai cerita aneh, mempromosikan teknik feodal, unsur - unsur takhayul, dan reinkarnasi maka kemunginan besar akan diboikot.

Baca Lainya : Mengintip Tradisi "Mencoba Pria" dari Suku Kreung di Kamboja

Sumber referensi : http://www.hipwee.com/feature/selain-facebook-atau-google-9-hal-sepele-ini-dilarang-di-cina-kalau-tahu-alasannya-pasti-ngakak/
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar