Ketahui Penyebab dan Cara Menangani Motor Injeksi Yang Mogok
Ketahui Penyebab dan Cara Menangani Motor Injeksi Yang Mogok

Ketahui Penyebab dan Cara Menangani Motor Injeksi Yang Mogok

Advertisement
Motor Injeksi tiba-tiba mogok, itulah yang beberapa hari ini admin alami. Artikel ini boleh jadi curhatan tapi bisa juga buat menambah pengetahuan baru bagi anda jika sewaktu-waktu mengalami hal yang sama.

Kebetulan admin mempunyai sebuah motor Mio G, keluaran tahun 2013. Bisa dibilang motor tersebut selalu jadi teman setia mengantar kemana-mana. Hingga beberapa minggu yang lalu motor tiba-tiba mogok. Mesin gak bisa nyala sama sekali.

Akirnya dengan terpaksa motor pun dibawa ke bengkel. Pikiran udah kebayang nich, waduch habis berapa kira-kira?? Dengan diantar temen motorpun di dorong ke bengkel terdekat. Setelah menjelaskan permasalahanya motor admin tinggal untuk diambil sore hari.

******
Dengan perasaan was-was habis berapa kira-kira, bergegaslah kembali ke bengkel.

Setelah bertemu dengan mekanik, admin bertanya, gimana motornya, sudah bisa mas? Apa penyebab kok mogok mas??

Dari penjelasan yang admin tangkap dari mekanik bengkel.

Penyebab motor injeksi admin yang mogok karena disebabkan oleh daya aqi yang tekor.


Loh kok bisa mas hanya aqy tekor motor gak nyala?

Ini penjelasanya, aliran bahan bakar pada motor dengan teknologi injeksi ditekan dengan bantuan fuel pump, dimana fuel pump hanya akan bekerja jika ada daya dari aki.


Oleh karena itu jika aki tekor atau sowak maka akan mempengaruhi sistem kerja pada perangkat injeksi motor. Meskipun tidak semua motor injeksi memiliki gejala yang sama. Jadi jika aki soak atau drop maka harus segera memikirkan untuk mengecas atau lebih baik mengganti dengan yang baru. Karena kebanyakan kasus yang terjadi jika aki sowak maka motor bisa mogok setiap saat, dan meskipun anda berusaha menghidupkannya menggunakan starter kaki dari pagi sampai sorepun, motor injeksi anda tidak akan mau menyala sebelum anda mengecas aki atau menggantinya dengan yang baru. Hal ini biasanya akan dibarengi dengan adanya sinyal dari lampu indikator yang terus menyala.

Segera bawa motor anda ke service center resmi untuk dilakukan pengecekan dan mungkin saja aki anda masih dapat diselamatkan dengan di cas kembali. Tapi jika anda memaksakan mengunakan double starter hingga aki anda drop dan tidak mampu lagi menyalakan lampu indikator maka siap siap membeli aki baru. Biasanya jika aki drop dan sudah tidak ada daya yang tersisa, maka aki tersebut tidak bisa lagi di cas.

Nah, bagi anda yang kebetulan menggunakan motor dengan sistem injeksi, berikut ini beberapa tips, yang bisa dicoba untuk mengantisipasi atau mencegah motor tiba-tiba mogok.

1. Pastikan motor yang anda gunakan termasuk kedalam golongan motor yang ketergantungan dengan Aki. Caranya anda bisa mencoba melepas sekring yang biasa terdapat didaerah box aki. Kemudian coba hidupkan motor menggunakan starter kaki beberapa kali, jika motor tidak dapat dihidupkan setelah 23 kali percobaan. Kemungkinan 80% motor tersebut kecanduan Aki (bergantung Aki / Akiholic)

2. Lakukan perawatan rutin di bengkel resmi, meskipun perawatan tidak menjamin 100% motor aman dari mogok, namun hal ini tentunya dapat meminimalisir kemungkinan motor mogok karena aki soak.

3. Selalu panasi motor sebelum anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi aki tetap prima.

Baca Lainya : Cara Mudah Scan dan Mematikan Virus di Komputer Tanpa Anti Virus

Advertisement

Baca juga:

Loading...

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar