Mengupas Asal Muasal Mangkok Ayam Jago Merah Yang Begitu Fenomenal
Mengupas Asal Muasal Mangkok Ayam Jago Merah Yang Begitu Fenomenal

Mengupas Asal Muasal Mangkok Ayam Jago Merah Yang Begitu Fenomenal

Buat kamu yang hobi makan bakso, mie ayam, maupun soto pastinya nggak asing dengan mangkok bergambar ayam jago.  Maklum mangkok ini kan melegenda banget. Pasalnya dari saya kecil mangkok ini sudah ada malahan jauh mundur kebelakang mangkok bergambar ayam jago ini sudah dikenal sejak zaman dulu. Sebagai bukti dalam beberapa film jadul mangkok jago sering wara - wiri menghiasi scene saat jagoannya lagi makan. Seperti film To Liong To, atau Serangoon Road ( Singapore tahun 1960 an ). Bahkan dalam Kungfu Hustle ada satu adegannya juga menampilkan mangkok ayam jago ini.

Pokoknya kalau ngomongin masalah mangkok ini memang ngga ada habisnya deh pasalnya, ada berbagai cerita dan kenangan di dalam mangkok jago ini. Dan pastinya, kamu  penasaran banget kan tentang asal muasal si mangkok jago ini. Pasalnya gambar jago yang ada di mangkok tersebut nggak pernah lihat di Indonesia. Yap bener banget, karena konon katanya mangkok ini berasal dari luar negeri. Setidaknya ada dua pendapat mengenai asal muasal mangkok jago yang legendaris ini.

1. Thailand

Hal tersebut didasarkan pada temuan ahli yang menyatakan di tahun 8000 SM di negeri gajah putih masyarakatnya telah membudidaya ayam hutan Gallus, dimana ayam hutan tersebut sangat mirip dengan gambar ayam yang ada dalam gambar mangkok jago tersebut.

2. China

Sebagaimana jenis ayam ini di temukan di Thailand, ternyata di China di tahun 5300 - 4300 SM ditemukan fosil ayam Gallus. Dan jauh sebelum itu saat China dikuasai dinasti Ming diperkirakan mangkok ini telah dipergunakan di daratan China. ( Namun begitu di tahun 2500 - 3000 SM mangkok ini ditemukan di lembah Indus. Dan penemuan terakhir yaitu 409 SM ditemukan di Yunani.)

Dari kedua pendapat tersebut para ahli lebih meyakini jika mangkok tersebut berasal dari China. Mengenai keberadaannya yang sampai ke Indonesia, mereka mengungkapkan jika zaman dahulu banyak saudagar China yang berdagang sampai ke Nusantara. Akibatnya tentu saja mangkok jago inipun ikut diperdagangkan. Dan sampai saat ini akhirnya mangkok jago mengalami asimilasi budaya yang akhirnya diproduksi secara masif di Indonesia. Ya, tentunya dengan kwalitas KW. ( ngga kebayang kan kalau abang bakso beli mangkok ayam jago asli made in China? bakal ngga imbang sama untung yang di dapet ).

Dan mengenai kenapa kok mesti gambar ayam jago yang dipilih. Pada dasarnya kita tahu jika orang China memaknai kehidupan dengan mengedepankan simbol. Nah tak terkecuali dengan gambar jago dalam mangok ini. Ayam jago dalam budaya China dikaitkan dengan kelancaran rizki. Bahkan sering juga kan kita dengar di masyarakat, kalau bangun kesiangan rezekinya bakal di patok ayam. makanya gambar tersebut seolah mewakili manusia supaya tidak kalah sama ayam dalam bangun pagi. Dengan begitu kita berharap semakin pagi kita bangun semakin mudah rejeki  di dapat.

Apapun latar belakar pemilihan gambar ayam jago pada mangkok legendaris ini, kayaknya ngga perlu diperdebatkan, yang penting bagaimana kita menikmati makanan yang disuguhkan para abang penjual bakso, soto, mie ayam dan sejenisnya dapat bertambah nikmat dengan di temani mangkok ayam jago ini.

Baca Lainya : Mengenal Ritual Pernikahan " Mayat Jomblo" yang Bikin Bergidik

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar