7 Jalanan Ekstrem Di Dunia Yang Bikin Sport Jantung

watch_later Wednesday, July 26
Jalan pada umumnya merupakan  sarana penting bagi penunjang transportasi. Tingginya mobilitas membuat jalan menjadi bagian penting bagi manusia, terutama untuk akses barang dan jasa dalam kaitanya memenuhi kebutuhan sehari - hari. Karena itulah kenapa keberadaan jalan sangat penting, sehingga masyarakat maupun pemerintah sampai membuat jalan - jalan yang keberadaanya sampai membuat orang geleng - geleng kepala. Kali ini Kepitingonline akan mengulas 7 Jalanan Ekstrem Di Dunia Yang Bikin Sport Jantung Saat Melewatinya.


1. Guoliang Tunnel Road ( China )


Guoliang Tunnel Road, Cina via www.fella.com
Terletak di provinsi Hunan, China, jalan terowongan Guoliang,  dibangun oleh 13 orang warga desa setempat, dalam waktu 5 tahun mereka  bahu membahu menyelesaikan terowongan ini. Meskipun tak sedikit yang harus meregang nyawa saat pembangunannya nyatanya mereka tak mau menyerah dan terus melanjutkan pembangunan. Terowongan yang dijuluki " jalan yang tidak mentolerir kesalahan " ini memiliki panjang 1200 m, lebar 5 meter, dan tinggi 4 meter. Hingga akhirnya pada 1 Mei 1977  Guoliang Tunnel dibuka untuk lalu lintas. Jalan ini merupakan satu dari sebagian jalan ektrem yang ada di dunia.  Namun demikian rute jalan ini sangat indah dan merupakan rute utama pariwisata China.

2. ZojiLa Pass ( India )


Jozila Pas image via www.daylimail.co.uk
Jalan yang terletak di bagian barat pegunungan Himalaya ini berada pada ketinggian 3,528 meter diatas permukaan laut. Diantara batuan pegunungan dan jurang disatu sisinya, kendaraan harus ekstra hati - hati dalam melewatinya. Dan tentunya jalanan Zojila hanya bisa dilewati satu arah. Sebuah foto jepretan Blaine Harrington menggambarkan bagaimana truk tangki berjalan perlahan diantara kerumunan kambing. Sungguh dalam melewati rute Ladakh dan Khasmir  butuh sopir dengan keahlian khusus.

3.Hana Highway ( Maui Hawaii )


Hana Highway image via www.hawaii.com
Hana Highway dibangun di pesisir pantai Maui,  jalanan sepanjang 112 km, dengan rute  yang sempit dan berliku ini menghubungkan Kahului dan Hana di kepulauan Hawaii. Melewati jalanan ini kita harus siap dengan 600 kelokan dan 59 jembatan dalam 84 kilometer. Jadi bisa dibayangkan bagaimana ekstremnya melewati Hana Highway. Sayangnya karena rawan longsor Hana Highwai tidak dibuka setiap hari.

4.Yungas ( Bolivia )


Yungas image via sibir.bg
Jalan kematian, bagi siapapun yang mendengar nama jalan ini pasti ngeri apalagi bermimpi untuk melewatinya, pastinya ngga banget. Terletak di km 61 sampai dengan 69 dari kota La Paz menuju ke Coroico Provinsi Yungas Bolivia. Di juluki kota kematian karena tingginya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di jalan tersebut. Puncak jalan kematian berada pada ketinggian 4700 meter diatas permukaan laut dengan nama la Cumbre. Bahkan diturunan yang tajam pesepeda bisa menuruninya sampai kecepatan 50 km / jam, bisa dibayangkan gimana ngerinya jalan ini. Di tahun 90 an jalan ini meminta korban 300 orang setiap tahunnya. Bahkan pada pada pada tahun 1980 an sebuah bus yang masuk kejurang menewaskan 100 orang penumpangnya. Untuk memberi tanda bagi pengguna jalan yang lain jika di tempat itu pernah terjadi kecelakaan di beberapa tempat diberi tanda salib. Namun kecelakaan jauh berkurang setelah di tahun 2006 sebuah jalanan baru by pass dari La Paz Ke Coroico di buka untuk umum. Sehingga jalan Yungas lebih sering digunakan para petualang sepeda yang ingin menikmati sensasi Yungas.

5. Tianmen ( China )


Tianmen image via wikipedia.org
Masih dalam satu kawasan taman nasional pegunungan Tianmen, Zhangjiajie Tiongkok jalanan menawan ini memiliki panjang 11 km dengan jurang di salah satu tepinya. Puncak Tianmen berada di ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut. Saat sampai puncaknya terlihat kelak kelok jalanan diantara rimbunya kawasan hutan. Jadi meskipun berkendara di tempat ini bikin sport jantung tapi pemandangan yang ditawarkan bisa membuat anda terbuai.  Maka jangan heran jika jalan ini disebut juga " gerbang menuju surga " ya karena jika anda lalai karena pesona alamnya bisa - bisa nyawa yang langsung melayang menuju surga hi, hi, hi.

6. Atlantic Ocean Road ( Norwegia )


Atlantic Ocean Road image via brilio.net
Merupakan jalanan menantang selanjutnya. Jalan ini sebenarnya merupakan jembatan yang menghubungkan dua kota di Norwegia yaitu Kristiansund dan Molde. Dengan panjang 8,3 kilometer. Jalanan ini cukup membuat anda berdebar - debar saat melewatinya pasalnya ketinggianya hanya 2 meter diatas permukaan laut, belum lagi dengan kelokan ekstrem yang pastinya bisa bikin yang melewatinya tersentak begitu kena hempasan air laut.

7. Taroko Gorge ( Taiwan )


Dikenal sebagai jalanan paling berbahaya di Taiwan, Taroko Gorge penuh dengan tikungan tajam, selain itu jalanan ini sangat sempit dengan tebing di kanan kirinya. Foto hasil jepretan John Micley mengabadikan bagaimana ektemnya jalanan ini namun dengan pemandangan yang menakjubkan.
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.