Cara Daftar dan Aktivasi Mandiri Mobile Banking Terbaru
Cara Daftar dan Aktivasi Mandiri Mobile Banking Terbaru

Cara Daftar dan Aktivasi Mandiri Mobile Banking Terbaru

Memang tidak bisa dipungkiri kehadiran Internet telah membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia modern. Lebih dari separuh penduduk di bumi ini telah memanfaatkanya untuk berbagai kepentingan. Mengetahui besarnya minat masyarakat terhadap internet, bank-bank di Indonesia pun tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan berbagai layanan perbankan yang berbasis Internet.

Dengan adanya layanan tersebut segala proses transaksi perbankan dapat dilakukan dengan mudah selama masih terhubung dengan jaringan internet. Hanya berbekal ponsel nasabah dapat dengan mudah mengakses rekeningnya guna melakukan berbagai transaksi mulai dari cek saldo hingga transaksi tranfer uang dan masih banyak lagi layanan transaksi lainya yang bisa dilakukan. Layanan tersebut diberi nama Mobile Banking.

Mobile banking merupakan layanan berbasis internet yang diluncurkan oleh bank  untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagai fitur yang ada pada telepon pintar(smartphone).  Dan salah satu bank yang menyediakan layanan tersebut adalah Bank Mandiri.


Nah, bagi anda nasabah Bank Mandiri yang masih belum mengetahui tentang layanan ini dan cara mengaktifkanya berikut akan kami berikan penjelasanya.

Cara Daftar Mobile Banking Mandiri

Mobil Banking merupakan layanan online dari bank terkait yang diperuntukan bagi nasabah guna memudahkan berbagai transaksi perbankan. Jenis layanan ini hanya bisa diakses dengan jaringan Internet. Untuk bisa menikmati layanan ini ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mandiri Mobile Banking

  • Untuk bisa menggunakan layanan Mandiri Mobile Banking harus mempunyai rekening tabungan di bank Mandiri, dan merupakan pengguna mandiri internet aktif dan pengguna SMS banking yang statusnya sudah terdaftar untuk transaksi finansial. 
  • Layanan Mobile Banking pengguna aktif setelah membuat PIN mobile banking pada mesin PINPad atau mengganti PIN mobile banking yang dikirim bank melalui SMS ke nomor telepon nasabah yang terdaftar atau telah teregistrasi  pada layanan.
  • Nasabah harus mengunduh dan menginstall aplikasi Mandiri Mobile di Smartphone nya, melalui layanan unduhan yang menjadi mitra dari Bank Mandiri. Untuk Android bisa diunduh di Play Store, Blackberry di App World, dsb.
  • Jenis layanan Mandiri Online hanya bisa dijalankan pada satu kartu SIM yang terdaftar pada smartphone yang telah mengunduh aplikasi tersebut dan hanya bisa diakses dengan jaringan Internet.
  • Setiap pengguna layanan ini akan diberikan pengamanan berupa SMS OTP setiap kali akan melakukan transaksi misal transfer, bayar tagihan, dll. Yang akan dikirimkan secara otomatis pada nomor telepone yang terdaftar.  SMS OTP merupakan kombinasi 6 digit angka dan hanya berlaku untuk satu kali transaksi.

Cara Registrasi dan Aktivasi Mobile Banking Mandiri

Registrasi Mobile Banking Mandiri bisa dilakakukan via ATM atau juga datang langsung di kantor cabang Mandiri. Namun yang perlu anda kitahui, jika mendaftar dari mesin ATM,  transaksi yang bisa dilakukan lewat Mandiri Online hanya sebatas transaksi non-finansial. Artinya anda tidak dapat melakukan transaksi yang bersifat finansial seperti transfer, bayar tagihan, dsb. Agar anda dapat melakukan transaksi Mandiri Online secara keseluruhan anda masih harus mengaktifkan m-Token Mandiri dengan datang langsung di kantor cabang mandiri.  

Oleh karenanya untuk lebih menghemat waktu anda, kami sarankan anda untuk datang langsung di kantor cabang mandiri untuk registrasi karena lebih mudah dan langsung bisa mengaktifkan Mandiri Token. Dengan panduan petugas Custumer Servis, prosesnya tidak butuh waktu lama. Untuk mendaftar pada layanan silahkan bawa buku tabungan, KTP, dan kartu debet Bank Mandiri. Nantinya anda akan diberikan formulir untuk diisi terkait data anda.

Selanjutnya tinggal ikuti saja setiap petunjuk dari petugas,  mulai dari aktivasi, pembuata user ID dan pembuatan pasword. Jika semua proses telah selesei dilakukan nantinya anda akan diberikan struk registrasi yang berisi User ID, dan juga akan mendapatkan Token Mandiri yang dikirimkan ke nomor telepon yang sudah terdaftar pada layanan. Token Mandiri diperlukan untuk aktivasi pada layanan agar bisa melakukan berbagai transaksi finansial secara online baik lewat SmartPhone maupun PC.

 Cara Aktivasi Mandiri Token

Berikutnya Anda Harus Melakukan Aktivasi M Token, proses aktivasi ini akan dipandu petugas. Namun jika anda memutuskan untuk aktivasi M Token sendiri berikut langkah - langkahnya,
  • Silahkan Login di ib Mandiri, dengan mengunjungi situs web www.ib.bankmandiri.co.id kemudian masukan user ID dan Pasword.
  • Dari menu utama silahkan pilih menu Administrasi lanjukan dengan pilih menu Aktivasi Token PIN Mandiri.
  • Berikutnya nyalakan peranngkat Token PIN Mandiri anda dan aktifkan Token PIN dengan klik/tekan tombol merah 
  • Lanjutkan dengan memasukan 6 digit angka token PIN Mandiri yang sudah anda dapatkan sewaktu registrasi di bank.
  • Berikutnya pada layar akan muncul tulisan: APPLI
  • Lanjut dengan tekan angka 2 pada keypad (Metoda APPLI 2) dan pada layar Token PIN Mandiri akan tampil 6 digit nomor PIN Mandiri.
  • Selanjutnya kembali ke layar browser komputer atau ponsel anda dan silahkan masukkan 6 digit nomor PIN Mandiri tersebut pada kolom “Masukkan PIN Mandiri Anda untuk Aktivasi” dan tekan  ‘KIRIM’.
  • Pada Token PIN Mandiri anda, tekan tombol segitiga merah untuk kembali ke menu APPLI, atau tekan tombol segitiga merah sekali lagi jika anda ingin mematikan perangkat Token PIN Mandiri anda.
  • Selamat proses aktivasi Token PIN Mandiri anda telah selesai.

Sampai tahap ini anda sudah berhasil terdaftar pada layanan dan sudah bisa mengakses dan menikmati kemudahan dari Mandiri Online, dengan cara :

#Masuk ke layanan  melalui website resmi bank Mandiri di alamat www.bankmandiri.co.id lalu pilih tombol Login dan pilih Mandiri Online Personal.
Setelah masuk pada akun Mandiri Online anda silahkan pilih menu sesuai dengan kebutuhan transaksi anda dan jika transaksi berhasil dilakukan jangan lupa log out sebelum menutup browser anda.
#Masuk melalui Mandiri Online Apps, untuk menggunakan aplikasi ini anda harus mendownload dan menginstall aplikasi tersebut pada smartphone. Untuk pengguna Android silahkan download di Play Store , Blackberyy App untuk OS Blackberry dan lewat Store App untuk iOS Apple. Lalu, setelah itu Anda perlu membuat password yang akan digunakan pada masuk (log-in) atau keluar (log-out) pada aplikasi Mobile Banking Mandiri tersebut. Untuk menggunakanya silahkan buka dan masukan User Id dan pasword yang telah anda buat, kemudian pilih transaksi apa yang akan anda lakukan.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar