Ini lho Tahapan Proses Kartu Kredit Sampai Ke Tangan Anda
Ini lho Tahapan Proses Kartu Kredit Sampai Ke Tangan Anda

Ini lho Tahapan Proses Kartu Kredit Sampai Ke Tangan Anda

Kartu kredit, alat pembayaran non tunai ini seolah tak sepi peminat, mengutip dari data yang dirilis oleh  Bank Indonesia sampai dengan akhir  Maret tahun 2017 lalu yaitu sebanyak 17,59 juta unit kartu telah beredar,  hal ini tentu lebih tinggi jika dibanding dengan tahun 2010 yang beredar sebanyak 13,57 juta unit kartu kredit.

Semua itu tentu tak lepas dari  fungsi kartu kredit itu sendiri, dimana banyak orang menganggap keberadaannya sangat menguntungkan. Beberapa keuntungan yang didapat dari penggunaan kartu kredit yaitu:
  • Mempermudah Transaksi
Penggunaan kartu kredit sangat berasa di saat kita kehabisan uang cash. Disinilah kartu kredit siap membantu. Jadi kemanapun anda tidak perlu dibebani dengan harus membawa uang tunai cukup dengan kartu kredit.
  • Fleksibel
Kartu kredit bisa digunakan kapan pun dan dimana pun. Hal ini tentu memberi keuntungan lebih. Terutama saat uang cash di dompet habis, sementara  saat jalan - jalan di mall ada discount. Naah disinilah  anda bisa mengandalkan kartu kredit. Karena anda tidak perlu bingung untuk ambil uang di rumah atau gesek ATM.

  • Bisa Digunakan Bertransaksi Di Seluruh Dunia
Bagi anda yang hoby travelling, tentu memerlukan uang sebagaimana berlaku di negara tersebut. Penggunaan kartu kredit tentu sangat membantu dimana anda tidak perlu repot untuk menukarkan uang. Jadi tinggal bawa kartu kredit anda bisa melakukan transaksi dengan mudah.


Adapun dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengajukan kartu kredit diantaranya:
  • Foto kopi KTP
  • Surat keterangan penghasilan berupa slip gaji/ SKP/SPT
  • Foto copy rekening koran
  • Surat izin profesi 
  • NPWP
  • Dan lainnya  atau untuk lebih jelasnya anda bisa bertanya langsung pada customer service 
Untuk proses pengajuan bisa anda lakukan dengan berbagai cara yaitu

  1. Datang langsung ke kantor cabang bank dengan membawa semua dokumen dan persyaratan yang diperlukan.
  2. Dengan mengirimkan dokumen persyaratan melalui pos ke alamat yang dituju.
  3. Melalui aplikasi online.
  4. Melalui marketing yang menawarkan produk kartu kredit tersebut.
Adapun setelah proses pengajuan dilakukan tidak serta merta kartu kredit bisa diterbitkan , biasanya menunggu hingga 1 sampai 2 Minggu tergantung pada bank yang bersangkutan.


Berikut  tahapan proses kartu kredit  sampai ke tangan nasabah:

  1. Proses Awal
Lama tidaknya proses awal pengajuan kartu kredit sebenarnya tergantung pada diri anda sendiri.  Jika anda sibuk kemungkinan bisa sampai berhari - hari atau paling lama 1 Minggu anda menyelesaikan pengisian formulir. Namun anda bisa memangkas waktu tersebut dengan mengakses secara online.

  • Proses Memasukkan Data Oleh Bank 
Setelah semua data masuk di terima oleh sistem bank, maka fihak bank akan memasukkan data tersebut atau input data. Proses ini biasanya memerlukan waktu antara 1 sampai dengan 3 hari atau lebih.

  • Proses Verifikasi
Setelah semua data dimasukkan, berikutnya fihak bank melakukan verifikasi. Proses Verifikasi biasanya  dilakukan selama 2 sampai dengan 4 hari atau lebih.

  • Proses Survey
Pada proses ini biasanya aplikasi pengajuan kartu kredit anda sudah lengkap. Dan proses survey dilakukan selama 2 sampai dengan 3 hari atau lebih.

  • Proses Analisis Kredit
Di proses ini bank akan melakukan penilaian terhadap kredit anda, yaitu apakah anda pernah punya kartu kredit sebelumnya, atau kah punya kredit macet, pinjaman yang pernah anda lakukan yang tercatat di bank dan lainnya. Prosesnya antara 1 sampai 2 hari.

  • Proses Pembuatan Kartu Kredit
Bila semua proses telah clear dan disetujui. Maka fihak bank akan membuat kartu identitas pribadi (PIN) Proses ini memakan waktu 3 hari.

  • Proses Pengiriman Kartu Kredit
Setelah semua siap. Maka kartu kredit siap dikirim ke alamat anda. Lama pengiriman antara 2 sampai dengan 5 hari. Bila pengiriman dengan surat biasanya memerlukan waktu lebih lama.

Demikian tahapan proses kartu kredit hingga sampai ke tangan nasabah. Jadi setelah membaca artikel tesebut anda bisa mengira - ngira kapan kartu kredit anda akan disetujui dan meluncurkan ke tempat anda.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar