Masih Bingung Cara Setor Tunai di ATM BRI? Baca Tutorial Lengkapnya Disini!!
Masih Bingung Cara Setor Tunai di ATM BRI? Baca Tutorial Lengkapnya Disini!!

Masih Bingung Cara Setor Tunai di ATM BRI? Baca Tutorial Lengkapnya Disini!!



Jika dulu transfer uang ke rekening sendiri mewajibkan nasabah untuk datang di kantor cabang BRI. Namun berkat kemajuan tegnologi yang pesat, saat ini menabung di bank bisa dilakukan tanpa harus datang dan antri di kantor cabang BRI.

Cash Deposit Machine (CDM) adalah Sebuah Mesin ATM yang dapat digunakan nasabah untuk melakukan penyetoran tunai / menabung di bank secara real time on line dengan rekening. Dengan mesin ini uang anda dapat dengan cepat masuk ke rekening tabungan.

Meskipun mesin Setor Tunai BRI sudah lama diluncurkan, namun faktanya masih banyak yang belum tahu kegunaanya. Hal ini wajar terjadi, mengingat keberadaan mesin ini tidak sebanyak mesin ATM BRI pada umumnya. Biasanya pihak bank hanya akan meletakan jenis mesin ATM setor tunai hanya di kantor cabang yang memiliki nasabah cukup padat.

Nah, bagi anda yang saat ini masih bingung tentang bagaimana cara mengoperasikan mesin Setor Tunai BRI, berikut akan kami pandu secara  jelas langkah demi langkah penggunaanya.

Cara Setor Tunai Di ATM BRI


Silahkan Kunjungi Mesin Setor Tunai BRI - Langkah pertama tentu saja anda harus datang di tempat yang menyediakan jenis mesin ini. Mesin setoran tunai biasanya akan ditandai dengan label "Setor Tunai".  Silahkan anda datang dengan membawa kartu ATM BRI dan sejumlah uang yang akan disetorkan. Harap perhatikan ada beberapa hal yang wajib anda ketahui agar uang bisa diterima mesin dan transaksi sukses dilakukan.
  • Pecahan uang tunai yang dapat anda setorkan melalui mesin Setor Tunai BRI adalah Pecahan uang kertas rupiah dengan nominal : Rp. 50.000 dan Rp. 100.000. 
  • Kondisi uang yang akan disetorkan harus baik. 
  • Jumlah lembar uang dalam sekali penyetoran maksimal 50 lembar. 
  • Batas limit setoran perhari sebesar Rp. juta. 
  • Minimal nominal dalam sekali penyetoran sebesar Rp.50 ribu ( 1 lembar). 
  • Dalam sekali penyetoran lembar uang dapat dicampur antara pecahan Rp.50 ribu dan Rp.100ribu. Tidak boleh terdapat steples, isolasi, stiker dan lain sebagainya.
  • Uang tidak boleh basah, lembab ataupun juga lengket. 
  • Tidak boleh uang lusuh, sobek, ataupun juga terlipat.
Baca Lainya : BRI: Segera Ganti Kartu ATM BRI Lama Anda Menjadi ATM Chip


Masukan Kartu ATM - Langkah berikutnya, ketika anda sudah ada di gerai mesin ATM silahkan langsung saja masukan kartu ATM, pada lubang slot yang ada. Perhatikan posisi kartu ATM yang benar, jangan sampai terbalik saat memasukanya. Posisi kartu ATM yang benar seperti gambar berikut ini.

Pilih Bahasa - Pada halaman baru yang terbuka, anda akan dihadapkan pada pilihan bahasa. Ada dua bahasa yang bisa anda pilih. Kami sarankan untuk memilih "Bahasa Indonesia"  agar lebih mudah untuk mengenali setiap menu yang ditampilkan, apa lagi jika anda kurang fasih dalam Berbahasa Inggris.

Masukan PIN - Langkah berikutnya anda akan diminta memasukan nomor PIN ATM BRI anda. Silahkan masukan 6 digit PIN anda dengan benar. Ingat masukan PIN dengan hati hati dan jangan sampai salah memasukan PIN ATM lebih dari 3 kali. Sebab jika hal ini terjadi maka secara otimatis kartu ATM anda akannterblokir oleh sistem. Perhatikan juga saat memasukan PIN selalu tutupibdengan tangan atau benda lainya, pastikan hanya anda saja yang dapat melihatnya. Hal ini bertujuan agar kerahasiaan PIN ATM tetap terjaga.

Pilih Menu "Setor tunai" - Setelah PIN anda masukan dengan benar maka layar minitor pada mesin ATM akan menampilkan halaman baru yang berisi beberapa pilihan menu. Karena anda akan melakukan transaksi setor tunai silahkan langsung saja pilih "Setor Tunai".

Masukan Uang Pada Mesin ATM - Berikutnya secara otomatis kotak penyimpanan uang akan terbuka. Langsung saja silahkan masukan sejumlah nominal uang yang akan anda setorkan. Dalam sekali penyetoran anda hanya bisa memasukan 50 lembar uang kertas. Apabila uang yang akan anda setorkan berjumlah 100 lembar maka anda harus melakukan setor tunai sebanyak 2 kali. Setelah uang dimasukan maka secara otomatis kotak penyimpanan uang akan tertutup. Dan mesin ATM akan melakukan penghitungan.

Muncul Konfirmasi Transaksi - Kembali monitor akan menampilkan halaman baru yang berisi konfirmasi transaksi setor tunai anda yang meliputi, jumlah lembar uang yang anda setorkan dan jumlah nominal uang anda,pastikan semua data konfirmasi benar dan selanjutnya silahkan pilih "Setor". Lihat Gambar,

Ambil Struk Bukti Transaksi - Mesin akan mengeluarkan struk bukti transaksi, silahkan ambil dan simpan sruk tersebut. Sampai disini berarti anda sudah berhasil melakukan setor tunai di ATM BRI. Dan uang yang anda setorkan sudah masuk ke rekening anda. Untuk memastikanya anda bisa melakukan cek saldo tabungan.

Baca Lainya : Cara Cek Jumlah Saldo Rekening BRI Langsung Melalui Mesin ATM

Ambil Kartu ATM - Bersamaan dengan keluarnya struk bukti transaksi layar monitor akan menampilkan halaman baru yang menyatakan transaksi anda telah berhasil dilakukan. Dan akan ada pertanyaan apakah anda ingin transaksi lagi atau tidak. Jika anda ingin menutup transaksi silahkan pilih "Tidak" dan kartu ATM akan keluar dari mesin. Silahkan ambil dan siman kartu ATM anda. Selesei.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar