Skip to main content

follow us

Ketahui Cara Deteksi Modus Penipuan Dengan Cek Nomor Rekening

Kemajuan teknologi yang pesat nyatanya juga memunculkan berbagai tindak kejahatan baru. Terlebih dalam dunia perbankan, banyak sekali modus kejahatan baru yang muncul sehingga sangat meresahkan masyarakat yang gemar melakukan transaksi dengan rekening bank.

Berbagai trik dan cara digunakan oleh si penipu untuk mengelabuhi korbanya. Yang sering terjadi adalah dengan mengirimkan sebuah SMS yang isinya meminta untuk mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening bank tertentu. Padahal saat itu anda tidak tengah terlibat transaksi apapun. Kalau begitu, sudah bisa dipastikan bahwa pesan singkat tersebut adalah penipuan dan nomer rekeningnya adalah nomer rekening bermasalah yang kerap digunakan untuk tindak kejahatan kususnya perbankan.

Semakin maraknya modus penipuan dengan nomor rekening ini, tentu saja membuat banyak nasabah bank yang ketar-ketir. Mereka khawatir akan keamanan setiap transaksi yang dilakukan terutama transaksi online. Para pembeli online merasa was-was apakah nomer rekening penjual yang akan mereka kirimi uang bermasalah atau tidak.

Menanggapi banyaknya keluhan masyarakat atas kejadian tersebut Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bertindak cepat dengan meluncurkan sebuah website cekrekening.id. Dimana dengan website tersebut anda dapat mengecek suatu nomor rekening tertentu, sehingga jika nomor tersebut bermasalah akan ada peringatan sehingga anda bisa membatalkan transaksi yang akan anda lakukan dengan tujuan nomor tersebut. Singkat kata, lewat cekrekening.id, kita akan mengetahui sebuah rekening terindikasi tindakan kriminal atau tidak.

Cara menggunakanya portal cekrekening.id 

Cara menggunakan portal ini sangatlah mudah, anda tinggal masuk saja pada halaman web tersebut kemudian jika sudah masuk pada halaman akan ada dua kolom yang harus diisi, yaitu kolom pertama diisi dengan nama bank yang bersangkutan kemudian untuk kolom kedua diisi dengan nomor rekening yang akan dicek. Jika semua sudah anda masukan dengan benar maka tinggal klik pada " periksa rekening".  Silahkan tunggu beberapa saat maka website akan menampilkan informasi terkait nomor rekening tersebut yang isinya berupa, apakah nomor rekening tersebut pernah dilaporkan atas tindak kejahatan perbankan atau tidak.

Selain untuk memeriksa rekening bermasalah cekrekening.id juga bisa melaporkan nomer rekening yang telah melakukan tindak kejahatan. Misalnya, Anda mempunyai pengalaman pernah tertipu dengan mengirimkan sejumlah uang ke sebuah nomer rekening, laporkan segera lewat cekrekening.id. Caranya pun cukup mudah,  pada laman utama website tersebut pilih menu laporkan nomer rekening, yang ditandai dengan gambar bendera warna putih.

Selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi data yang tersedia, seperti nomer rekening yang bermasalah, nama pemilik rekening dan kronologi penipuannya. Selain itu, Anda juga dapat melampirkan bukti kejahatan dalam laporan tersebut dalam bentuk dokumen atau gambar yang dapat diunggah pada laman tersebut. Untuk memudakan Anda, Kemenkominfo menyediakan kontak yang bisa dihubungi untuk konsultasi di nomor (021) 384.5786 dan 0822-1010-1112. Atau, bisa juga menghubungi lewat email di cybercrimes@mail.kominfo.go.id. 

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar