Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Bagaimana Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda?


Bagaimana Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda - Apakah anda seorang pebisnis? Jika iya, maka Anda harus mampu menjalankan bisnis dan sekaligus membuatnya bisa berkembang. Memulai bisnis mungkin bisa dengan mudah anda lakukan,  namun mengembangkan dan mempertahankannya agar sukses serta bertahan dalam jangka panjang tentulah tidak semudah membalikan telapak tangan.

Ada berbagai langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum bisnis yang anda geluti benar-benar sampai pada titik puncak kejayaan.  Seperti halnya  menentukan strategi bisnis yang tepat, selalu berinovasi, gencar melakukan promosi, perbaiki kualitas barang produksi dan juga yang tak kalah pentingnya adalah pebisnis wajib untuk selalu  mengikuti perkembangan teknologi.

Ya, benar sekali !! Memang tak bisa dipungkiri saat ini teknologi sudah masuk hingga berbagai lini kehidupan. Tak hanya berperan sebagai upaya mempermudah pekerjaan individu, tetapi saat ini teknologi juga merambah ke dunia usaha. Jika anda tidak secepatnya beradaptasi dengan hal ini, bisa dipastikan bisnis yang anda geluti perlahan tapi pasti akan tergerus dan pada akirnya akan "mati".
Terbukti sudah banyak perusahaan yang sukses karena mereka pandai dalam memanfaatkan peran teknologi demi kemajuan bisnis mereka.

Pertanyaanya,  teknologi apakah yang begitu dasyat dan ampuh yang mampu mengantarkan bisnis anda kepuncak kesuksesan? Jawabanya sangat sederhana sekali, karena teknologi ini sebenarnya sudah ada dan bisa jadi telah anda manfaatkan setiap hari.

Ya, secara tidak sadar anda dan jutaan orang lainya setiap hari menggunakan teknologi internet untuk berbagai keperluan, mulai dari sekedar untuk hiburan, hingga menggunakanya untuk mencari berbagai informasi.

Nah,  sebagai seorang pebisnis tentu anda harus mampu melihat dan memanfaatkan peluang ini.  Cobalah berfikir bagaimana caranya anda mendapatkan calon custumer dari pengguna internet yang jumlahnya jutaan tersebut. Okelah jika dalam hal ini anda memanfaatkan akun media sosial dan berbagai  e-commerce untuk memasarkan produk dan menggait calon custumer anda.  Namun,  apakah anda yakin cara tersebut sudah cukup efektif dan bisa mendatangkan  banyak pembeli ?  Jawabanya tentu belum 100% efektif.

Kenapa demikian?  Seorang pebisnis juga harus bisa membaca kebiasaan dan kebutuhan konsumen di internet. Bayangkan jika anda adalah seorang konsumen dan ingin mencari suatu jenis produk barang, lantas apa yang akan anda lakukan? Tentunya anda akan mencari review terlebih dahulu tentang barang tersebut di mesin pencari seperti halnya Google.  Maka setelah anda ketikan kata kuncinya, Google akan menampilkan informasi yang anda perlukan melalui halaman websitenya. Baru setelah itu biasanya pelanggan akan  mencarinya di situs e-commerce, dan selanjutnya melihat media sosial untuk kemudian melakukan chat secara personal jika tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Sayangnya pelaku bisnis di Indonesia masih belum banyak yang punya website. Kebanyakan mereka hanya mengandalkan akun media sosial dan e-commerce saja. Padahal jelas sekali bahwa website menjadi rujukan pertama pelanggan dalam memilih dan menentukan produk barang atau jasa.
Jika hal ini juga terjadi pada Anda,  sudah saatnya Anda berinovasi dengan selangkah lebih maju dari yang lainya dengan memulai membuat website sebagai digital marketing bisnis/usaha Anda. Tidak sulit untuk memulainya. Memilih domain yang tepat menjadi langkah pertama yang perlu Anda lakukan.

Domain itu sendiri merupakan nama unik untuk mengidentifikasi server komputer sehingga nantinya lebih mudah diingat dan menjadi sebuah identitas. Tujuan akhirnya adalah agar situs website yang dimiliki bisa diakses oleh pengunjung sehingga dapat meningkatkan penjualan produk (bagi pelaku bisnis).

Memilih Nama Domain untuk Bisnis



Jika anda gogling di internet dengan kata kunci cara memilih domain yang tepat untuk pengembangan bisnis, pasti jawabanya hampir sama yaitu merujuk pada tiga hal ini :
  • Domain mudah diingat
  • Gunakan Domain Profesional bukan gratisan
  • Dan Domain Yang Bisa Merepresentasikan brand Anda
Memang benar sekali, 3 poin diatas akan berpengaruh penting untuk website anda. Sebab nama website yang menarik bisa memberikan dampak yang besar bagi kelangsungan bisnis  Anda. 

1. Mudah diingat

Merujuk pada pengertian domain yang dibahas sebelumnya, dimana domain ini merupakan nama yang unik. Nah, tujuannya adalah agar domain milik Anda nantinya menjadi identitas bisnis Anda dan tidak ada yang menyamainya. Dengan begitu situs website milik Anda lebih mudah diingat oleh pengunjung. Tidak perlu panjang, cukup satu kata dan pastikan mudah dilafalkan. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari menggunakan angka atau tanda hubung tertentu pada domain tersebut.

2. Menggunakan domain profesional

Setiap pelaku bisnis pasti selalu dituntut untuk menjadi seseorang yang profesional dalam segala hal guna meyakinkan calon client.  Hal sekecil apapun yang anda lakukan pasti akan menjadi sorotan publik.  Bayangkan jika anda sudah memiliki usaha bisnis yang besar dengan ratusan bahkan ribuan karyawan, tetapi hanya mengandalkan domain gratisan untuk mengenalkan produk anda ''apa kata Dunia!'' Tentu sangat disayangkan sekali bukan?  Jika seperti ini terlihat jelas di mata client bahwa bisnis yang anda kelola kurang meyakinkan.
Oleh karena itu saat Anda memutuskan membuat sebuah website untuk bisnis Anda, gunakanlah domain profesional. Saat ini tersedia berbagai jenis domain, ada domain TLD (Top Level Domain) maupun domain lokal (ccTLD). Anda sebaiknya memilih menggunakan domain profesional seperti .net, .com, dan .org. Ketiga jenis domain tersebut sampai hari ini banyak digunakan sebagai domain perusahaan maupun personal.

3. Representasi brand Anda

Mengingat website ini nanti akan digunakan untuk kepentingan bisnis, maka akan lebih baik jika nama domain website yang dipilih merupakan nama yang mewakili produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk pakaian, untuk domainnya bisa menggunakan nama pusatpakaian.com atau jika anda menjual produk elektronik anda bisa menggunakan domain pusatelektronik.com dan tentunya masih banyak lagi contoh lainya.

Manfaat Domain untuk Pengembangan Bisnis

Nah, setelah mengetahui tips memilih domain untuk website bisnis. Mari kita kupas lebih jauh mengenai manfaat domain untuk bisnis berikut ini.

1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Saat ingin berbelanja online, tentu saja Anda akan mencari toko online yang tidak hanya menyediakan produk lengkap namun juga terpercaya. Begitu juga dengan target market Anda, dimana mereka juga ingin membeli produk di toko yang kredibilitasnya terjamin.

Apabila saat ini Anda memiliki toko di marketplace atau Instagram dan toko tersebut sudah memiliki banyak pelanggan, sebaiknya Anda tidak merasa cepat puas. Ya, sebab hari ini keberadaan toko online yang ditampilkan dalam bentuk website menjadi rujukan terbaik bagi para pelanggan.
Lagi pula Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk membuat toko online berbasis website ini. Kini sudah banyak jasa pembuatan website yang siap membantu Anda.

2. Pelanggan lebih mudah mencari informasi

Seperti yang kita ketahui website menampilkan informasi-informasi dengan lebih detail dan rapi. Tentu saja ini memudahkan pelanggan yang membutuhkan informasi perihal produk yang Anda jual.
Lain halnya ketika pelanggan mencari informasi produk melalui marketplace atau sosial media, dimana informasinya tidak terstruktur dengan baik sehingga cenderung membingungkan. Belum lagi jika pelanggan Anda adalah “kalangan atas” dimana mereka tidak memiliki banyak waktu untuk scrolling toko online yang ada di sosial media.

Saat mencari produk atau informasi tertentu melalui website, pelanggan bisa langsung meng-klik opsi yang disediakan. Tidak perlu scrolling terlalu lama sehingga ini lebih efektif.

3. Membangun brand

Menjadi toko online populer di sosial media dan marketplace saja tidak cukup membuat brand Anda dikenal dan dipercaya khalayak. Minimnya informasi yang ditampilkan dan tampilan katalog produk yang tidak terstruktur dengan rapi menjadikan orang malas untuk berlama-lama di laman toko Anda. Alhasil brand produk Anda tidak selalu menjadi rujukan pertama ketika mereka membutuhkan produk yang sama.

Di sinilah peran website, dimana website mendukung dalam mengembangkan brand produk yang Anda jual. Website yang menggunakan nama brand sebagai domain menjadikan pilar bisnis Anda lebih kuat. Hal ini dikarenakan website ini akan lebih mudah diakses, menjangkau lebih banyak target market serta informasi yang ditampilkan lebih lengkap.

4. Menghemat biaya

Bagi awam tidak sedikit yang masih ragu untuk mengembangkan bisnisnya melalui website. Padahal dengan adanya website ini dapat membantu menghemat uang Anda. Dengan website ini Anda bisa menekan biaya iklan yang sebelumnya dilakukan. Mungkin saja sebelum ini Anda memilih mengiklankan produk melalui surat kabar, yang mana saat ini sudah kurang efektif. Apalagi masyarakat modern sudah beralih pada gadget untuk mengakses informasi apapun, termasuk berita hingga belanja.

Lagi pula biaya membangun website ini cukup bervariasi. Tinggal Anda sesuaikan dengan kemampuan finansial dan kebutuhan.

5. Selalu terhubung dengan pelanggan

Toko online yang kredibel tentu saja memiliki pelanggan setia. Nah, dengan website ini membantu pelanggan untuk terus mengetahui informasi terbaru yang Anda tampilkan melalui website. Pelanggan bisa tahu kapan toko Anda menawarkan harga promo, kapan launching produk baru, atau event-event yang akan diadakan.

Website yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja ini jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan media iklan seperti brosur dan semacamnya. Website bisa diakses dengan perangkat smartphone, PC atau laptop, sementara brosur akan mudah usang bahkan dibuang begitu saja.

6. Bisa mendapatkan posisi utama dalam search engine

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan domain pribadi, yaitu
berkesempatan mendapatkan posisi utama dalam search engine. Dengan menduduki peringkat teratas di mesin pencari Google, maka website Anda akan mendapatkan banyak pengunjung sehingga produk atau barang yang Anda tawarkan semakin banyak dikenal orang. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli domain di penyedia layanan yang profesional agar mereka bisa membantu website Anda mendapatkan posisi teratas di mesin pencari.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda memilih menggunakan domain dalam mengembangkan bisnis. Tidak dipungkiri jika jaman semakin maju dan teknologi semakin canggih. Anda yang tidak ingin tergerus kemajuan jaman memang harus selalu berinovasi, termasuk dalam hal ini adalah mengembangkan bisnis melalui website. Terlebih masyarakat nyaris tidak bisa jauh-jauh dari smartphone dan internet.

Menariknya lagi, jasa penyedia domain dan pembuatan website juga sudah menjamur. Ini artinya Anda tidak akan kesulitan dalam membuat website dengan domain pilihan Anda. Hanya saja pilihlah jasa penyedia domain dan jasa pembuatan website yang terpercaya agar nantinya website Anda benar-benar berkualitas, seperti halnya Rumahweb.com

Mengapa mesti harus Rumahweb menjadi pilihanya?



Berdiri sejak tahun 2002 tepatnya di kota Yogyakarta, Rumahweb terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu Perusahaan Hosting Terbesar di Indonesia. Pengalaman yang panjang tersebut menjadikan Rumahweb semakin matang dalam memberikan standar baru layanan hosting dengan support 24 jam. Tercatat hingga kini Rumahweb telah melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan dan telah memiliki lebih dari 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud.

Dengan mempertimbangkan berbagai alasan tadi tentunya tidak ada keraguan lagi untuk memilih Rumahweb sebagai  penyedia layanan Web hosting yang handal dan terpercaya.

Bagaimana, anda tertarik untuk membuat website dalam rangka memanfaatkan domain untuk bisnis. Jika iya, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membeli sebuah Domain Profesional. Di bawah ini kami telah membuatkan langkah langkah pemesananya.
  • Kunjungi situs https://rumahweb.com
  • Setelah masuk ke halaman utama situs silahkan cek ketersediaan nama domain yang Anda inginkan. Caranya cukup mudah silahkan ketiklah nama domain Anda pada kolom yang disediakan.
  • Selanjutnya jika domain tersedia maka klik tombol ''Daftar''
  • Silahkan tentukan apakah Anda beli sekaligus dengan hostingnya atau hanya membeli domain saja.  Jika hanya beli domainya saja klik pada tombol merah. .
  • Jika Anda berniat sekaligus melakukan pembelian domain dengan hostingnya maka pilih tombol hijau ( Ya,  Saya Mau Hosting Juga).
  • Tentukan spesifikasi hosting yang Anda inginkan.
  • Selanjunya jika anda belum mempunyai akun di Rumahweb,  maka pada bagian Informasi akun Billing silahkan anda daftar akun terlebih dahulu, terdapat dua metode pendaftaran yang disediakan yaitu daftar lewat akun media sosial  (facebook, twitter) dan daftar lewat email anda.
  • Tentukan metode pembayaran, Anda bisa memilih pada metode pembayaran transfer bank.
  • Perhatikan pada bagian Review Keranjang Belanja Anda, maka  seluruh detail total biaya akan tertampil disana.
  • Dan terakir silahkan checklist bagian “Saya menyatakan telah menyetujui SLA, AUP, dan Kebijakan Privasi”.
  • Berikutnya  Klik “Checkout” untuk melihat invoice tagihan pembayaran.
Selanjutnya anda tinggal melakukan pembayaran sesuai dengan metode yang telah Anda tentukan sebelumnya. Diharapkan agar Anda melakukan pembayaran dihari yang sama dengan pemesanan Domain  dan hostingnya. Jika sudah melakukan pembayaran segera lakukan konfirmasi pembayaran. Sampai disini maka Anda tinggal menunggu email dari rumahweb.com , biasanya akan mendapatkan email konfirmasi bahwa domain sudah aktif dan selanjutnya bisa dimanfaakan untuk pengembangan dari bisnis anda. Jika anda masih bingung dengan langkah - langkah yang di dijelaskan di atas silahkan kunjungi tautan ini https://clientzone.rumahweb.com/Panduan-Order-Domain-dan-Hosting-di-Rumahweb-Indonesia.html-

Memiliki E-mail Account Dengan Nama Domain

Setelah domain dan hosting yang dipesan aktif, secara otomatis Anda akan mendapatkan fasilitas untuk bisa menggunakan e-mail dengan nama domain yang telah Anda pesan tersebut. Tentu saja hal ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi pengembangan bisnis anda.

Seperti yang anda tahu dalam dunia bisnis  e-mail mempunyai peranan penting untuk berkomunikasi dengan berbagai jaringan baik itu rekan bisnis, suplier dan yang penting adalah client Anda. Saat Anda mengirimkan email ke rekan bisnis, suplier, ataupun klien Anda dengan alamat email sesuai dengan domain perusahaan Anda, maka e-mail yang Anda kirimkan terkesan lebih profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan orang yang membaca e-mail tersebut, hemm masuk akal bukan!

Cara membuat alamat account e-mail sesuai dengan nama domain perusahaan Anda sangatlah mudah, apalagi jika fasilitas ini anda dapakan dari RumahWeb, sebab RumahWeb selalu menyertakan panduanya secara lengkap dan pastinya mudah untuk di pahami oleh siapapun juga.
Silahkan Anda login terlebih dahulu ke cPanel dengan memasukan  username dan password yang telah anda dapatkan  pada e-mail Aktivasi. Selanjunya klik tautan  ini untuk detail langkah-langkahnya http://www.rumahweb.com/tutorial/membuat-e-mail-account-di-cpanel.html?

Sampai disini kami asumsikan anda telah berhasil membuat e-mail dengan nama domain anda.  Maka dua poin terpenting telah selesei anda kerjakan yaitu memilih  nama domain yang tepat serta membuat email profesional dengan menggunakan nama domain.
Selanjutnya anda tinggal membuat sebuah website yang menarik baik dari segi tampilanya maupun isi dari setiap post nya.

Membuat Website Dengan Fasilitas Layanan Website builder

Membuat sebuah website menjadi menarik memang gampang-gampang susah.  Akan menjadi gampang jika Anda menguasai berbagai coding dan pemrograman HTML,  namun akan sangat terasa sulit jika anda sebagai orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan apapun tentang coding atau bahasa pemrogaman. Nah, mengatasi masalah tersebut RumahWeb memberikan solusi terbaik bagi pelangganya yaitu dengan memberikan layanan website builder. Dengan hadirnya fasilitas layanan website builder setiap orang dapat dengan mudah dan cepat membuat website tanpa perlu belajar coding telebih dahulu.

Website builder atau pembangun website merupakan aplikasi perancang web berbasis internet yang memungkinkan Anda untuk bisa membuat sebuah website profesional dengan cepat, mudah, dan murah tanpa harus mengerti dan belajar coding/pemrogaman terlebih dahulu.

Fitur-fitur di dalamnya dibuat semudah mungkin sehingga Anda yang awam sekalipun bisa dengan mudah menggunakanya,  tak butuh waktu lama cukup hitungan menit website profesional Anda sudah bisa online dan siap berfungsi sebagai penunjang kegiatan bisnis di internet dan tentunya bisa juga digunakan untuk mempromosikan apapun produk/jasa Anda di internet.

Bagaimanakah cara memulai menggunakan website builder ini?  Silahkan langsung saja salin tautan ini dan silahkan tempelkan pada browser Anda  https://www.rumahweb.com/journal/mengaktifkan-halaman-blog-di-website-builder-rumahweb/

Selain menggunakan website builder ada juga cara yang lebih mudah dalam mengelola domain yang telah anda pesan tanpa perlu repot membuat sebuah website.  Jika selama ini anda sudah fokus dengan media sosial sebagai sarana promosi bisnis anda dan saat ini anda sudah mempunyai ratusan ribu atau bahkan jutaan pengikut, anda bisa menjadikan laman  social media sebagai homepage dari domain anda tanpa harus membuat website. Caranyapun cukup mudah Anda tinggal menggunakan fitur Domain forwarding yang telah disediakan RumahWeb.

Dengan menggunakan fitur Domain Forwarding maka setiap pengunjung yang mengakses domain anda akan diarahkan ke media sosial yang telah ditetapkan.  Jika sewaktu-waktu media sosial yang anda gunakan sebagai home page mulai ditinggalkan pengguna anda pun masih bisa mengalihkanya kembali ke media sosial terbaru ataupun ke website anda. Untuk langkah-langkahnya silahkan salin dan buka tautan ini di browser anda https://www.rumahweb.com/journal/menggunakan-domain-forwarding-di-clientzone/

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mengembangkan bisnis melalui domain website. Mulailah dengan memilih nama domain yang tepat agar domain tersebut bisa menjadi langkah awal untuk mengepakan sayap bisnis Anda.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar