Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nikmati Kemudahan Cara Bayar BPJS Melalui ATM Bank BRI

Semakin tahun sepertinya manusia di dunia semakin dimudahkan dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat. Perkembangan teknologi memberi andil dalam sistem pelayanan yang memudahkan masyarakat. Dan memang sudah seharusnya teknologi hadir untuk mempermudah dan membantu kehidupan manusia. Manusia era modern sendiri sudah sepatutnya bersyukur karena telah banyak teknologi yang memudahkan kehidupan kita.

Berbicara tentang perkembangan teknologi pada masa sekarang memang tidak pernah ada habisnya. Berbagai update dan pembaruan teknologi kita dapatkan dengan mudah setiap harinya. Kita juga sebagai penikmat teknologi sulit sekali menolak atau menghindari perkembangan dan penggunaannya yang semakin masif.

Salah satu teknologi yang memang dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari ialah ATM (Anjungan Tunai Mandiri). ATM dapat dikatakan sebagai alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening buku tabungan tanpa harus menuju ke teller bank. Dalam hal ini ATM jelas menjadi pilihan masyarakat karena membantu kita dalam memfasilitasi berbagai kepentingan dan keperluan. Bahkan ATM tidak hanya berfungsi mengambil dan mengecek uang, ia bisa digunakan untuk keperluan lainnya seperti transfer uang, membeli pulsa, serta melakukan pembayaran.

Pembayaran yang dapat dilakukan melalui ATM pun beragam, mulai dari asuransi kesehatan, virtual akun, BRIVA, angsuran atau cicilan, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menunjukkan bahwa ATM sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Misalnya pembayaran asuransi kesehatan BPJS bisa Anda lakukan di ATM terdekat. Bahkan hal lainnya yang berkaitan dengan BPJS dapat Anda akses secara online.

Pembayaran BPJS Melalui ATM

Di atas sempat disinggung bahwa beragam pembayaran dapat dilakukan melalui ATM. Metode pembayarannya pun tidak hanya dapat dilakukan melalui pembayaran nomor rekening, karena mesin ATM telah menyediakan menu tersendiri untuk pembayaran tersebut. Salah satu menu yang otomatis telah terdapat pada mesin ATM ialah pembayaran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Nah, untuk cara-cara melakukan pembayarannya akan diuraikan di bawah ini.

1. Perhatikan Waktu Pembayaran Iuran

Pembayaran BPJS ini harus Anda lakukan secara teratur dan tepat waktu. Biasanya pembayaran iuran BPJS paling lambat dapat Anda lakukan maksimal pada tanggal 10 setiap bulannya. Ketika Anda membayar melampaui tanggal tersebut biasanya Anda akan dikenakan denda sebesar dua persen. Oleh sebab itu, sebisa mungkin lakukan pembayaran iuran BPJS secara tepat waktu dan jangan ditunda-tunda.

2. Perhatikan Bank yang Akan Anda Tuju

Hal berikutnya yang penting sekali Anda perhatikan dalam melakukan pembayaran iuran BPJS melalui ATM ialah memastikan bank yang dituju. Hal ini dikarenakan tidak semua jenis bank dapat digunakan untuk membayar BPJS. Hanya bank-bank tertentu saja yang melakukan kerja sama dengan BPJS. Bank yang telah bekerjasama dengan BPJS pun sangat terbatas, bahkan bank swasta pun hanya bank besar saja.
Melalui bank-bank tersebut Anda dapat melakukan pembayaran BPJS melalui ATM.

Apabila ATM terdekat sedang mengalami gangguan, Anda dapat membayarnya secara langsung dengan mendatangi bank tersebut. Ada juga satu cara lagi yang dapat dilakukan ialah menggunakan internet banking.Pada dasarnya, apabila BPJS telah bekerja sama dengan pihak bank, maka Anda dapat melakukan pembayaran melalui bank yang tersedia.

3. Perhatikan Nominal Pembayaran

Nominal angka pembayaran sudah sepatutnya Anda perhatikan juga ketika melakukan pembayaran melalui ATM. Biasakan untuk tidak asal tekan saja karena merasa semuanya otomatis dikerjakan oleh sistem. Karena terkadang terdapat beberapa gangguan sistem juga, sehingga nominal harus diinput secara mandiri. Selain itu, saldo yang terdapat pada ATM Anda harus melebihi nominal angka yang akan dibayarkan ke BPJS. Apabila nominalnya terlalu pas biasanya sistem akan membatalkan transaksi tersebut.

Baca : Saldo BRI Tinggal 100 Ribu, Apakah Bisa Diambil?

Nominal yang perlu Anda perhatikan ialah nominal angka BPJS yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Apabila Anda mendaftar BPJS kelas I, maka nominal yang perlu dibayarkan ialah Rp. 180 ribu per bulan, kelas II Rp. 80ribu per bulan, dan kelas III Rp. 42ribu per bulan.

Jumlah angka yang harus dibayarkan ini tergolong murah jika kita bandingkan dengan asuransi kesehatan swasta. Hal ini karena asuransi kesehatan BPJS memang diperuntukkan bagi mereka masyarakat kurang mampu.

Langkah-langkah Pembayaran BPJS Melalui ATM BRI

Setelah Anda mengerti dan memahami bagaimana seharusnya melakukan pembayaran BPJS melalui ATM, selanjutnya Anda tinggal melakukan pembayaran iuran BPJS tersebut. Biasanya pembayaran iuran melalui ATM harus menggunakan kode, khusus ATM BRI ialah 88888. Kemudian kode bank ini diikuti dengan 11 digit angka nomor virtual di belakang kartu BPJS Anda. Cara pembayarannya perhatikan uraian di bawah ini ya.

1. Temukan ATM BRI Terdekat
Sebagai informasi saja bahwa ATM BRI sedang melakukan pembaruan, sehingga Anda harus pintar memilih ATM dengan kode BPJS yang terbaru. Biasanya mesin ATM BRI yang lama sub menunya pun berbeda dengan yang baru. Menu pembayaran atau pembelian untuk mesin ATM lama berada pada halaman pertama. Sedangkan untuk mesin ATM baru harus menekan lainnya sebanyak dua kali.

Cara membedakan mesin ATM lama dan baru sendiri dapat Anda lihat melalui informasi pada ATM tersebut. Informasi penarikan uang pada ATM lama biasanya nominal angkanya Rp. 50 ribu. Sedangkan mesin ATM baru nominal penarikan angkanya Rp. 100 ribu. Dari informasi inilah Anda dapat membedakan bahwa mesin ATM itu baru atau lama. Dalam pembayaran cicilan BPJS ini sebaiknya menggunakan mesin ATM baru karena kode perusahaan telah terupdate.

2. Masukan Kartu ATM Anda

Berikutnya silahkan masukan Kartu ATM Anda pada lubang slot yang ada di mesin ATM.
Pilih Bahasa yang ingin digunakan, disarankan untuk selalu memilih "Bahasa Indonesia".
Selanjutnya  pilih menu "transaksi tunai" atau paket tunai.
Kemudian pilih "transaksi lainnya", dan pilih "pembayaran".
Setelah itu akan muncul menu "lainnya" hingga menemukan sub menu "BPJS".
Setelah Anda menemukannya, langsung klik saja sub menu tersebut, dan pilih "BPJS Kesehatan".
Langkah selanjutnya ialah memasukkan kode BPJS Kesehatan yang diikuti dengan virtual akun yang terdapat di belakang kartu BPJS Anda.

3. Masukkan Virtual Akun
Dalam memasukkan virtual akun Anda harus lebih teliti ya. Dikatakan demikian karena terkadang tombol angka pada mesin ATM tidak dapat muncul pada layar disebabkan mengalami kerusakan. Bahkan ada beberapa tombol angka pada mesin ATM harus ditekan lebih kencang lagi agar dapat mengeluarkan angka yang diinginkan. Ketika virtual akun telah selesai diinput biasanya akan muncul nama. Dalam hal ini cek kesesuaian data dengan Anda. Terakhir masukkan jumlah nominal angka yang harus dibayarkan.

Demikianlah cara membayar BPJS yang dapat Anda dilakukan melalui mesin ATM BRI. Prosesnya cukup mudah namun penuh dengan ketelitian. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar teliti dalam memasukkan kode BPJS, virtual akun, dan nominal angka iuran. Meskipun jika terjadi kesalahan mesin ATM akan memberitahu Anda, akan tetapi jangan sampai membiarkan Anda terlalu lama berada di depan mesin ATM agar orang lain tidak menunggu.

Post a comment for "Nikmati Kemudahan Cara Bayar BPJS Melalui ATM Bank BRI"