Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Langkah Tepat Membuat Jok Motor Menjadi Tidak Licin

Berkendara dengan sepeda motor saat ini memang sudah menjadi rutinitas bagian hidup dari sebagian banyak orang. Oleh karenanya sepeda motor pun harus dirawat dengan baik agar tetap nyaman saat dikendarai. Selain perawatan pada mesin hal lainya yang perlu dilakukan adalah melakukan perawatan pada jok motor.   Jok motor yang keras atau bahkan licin tentu saja membuat kita tidak nyaman saat menaikinya, bahkan jok motor yang licin bisa membahayakan kita sebagai pengendara. 

Baca : Ketahui Penyebab dan Cara Menangani Motor Injeksi Yang Mogok

Melakukan perawatan jok motor sebenarnya sangatlah mudah, kalian tidak harus membeli pelembab atau cairan khusus buat jok motor. Selain menambah pengeluaran membeli cairan pembersih sangat tidak disarankan karena malah membuat jok terkikis dan cepat rusak bahkan malah membuat jok akan menjadi semakin licin. Sebagai gantinya kalian bisa memanfaatkan minyak goreng yang pastinya tersedia di dapur.  Selain jok menjadi bersih mengkilap penggunaan minyak goreng tidak akan membuat jok menjadi licin. Caranya penggunaanya juga cukup mudah :

  • Silahkan tuang beberapa tetes minyak goreng pada kain lap kering yang bersih.
  • Kemudian gosokan perlahan secara merata keseluruh permukaan kain jok.
  • Biarkan beberapa saat lalu ambil kain lap lainya dan keringkan.

Bagaimana mudah bukan, dengan rajin melakukan pembersihan seperti cara diatas maka jok motor akan selalu terlihat bersih mengkilap dan pastinya jok menjadi kesat/tidak licin. Yang perlu diperhatikan juga adalah jangan memarkirkan sepeda motor sembarangan. Kebanyakan orang sangat acuh memarkirkan motornya bahkan tak jarang yang memarkinya ditempat terik yang terbuka. Padahal terik matahari membuat kualitas jok menurun. Jok motor akan menjadi getas, kusam dan mudah robek.

Selain cara diatas ada lagi beberapa hal yang perlu kalian lakukan agar jok tetap awet diantaranya adalah sebagai berikut :


Tambahkan Spon 

Beberapa tahun yang lalu muncul trend menyeset jok. Yaitu menipiskan spon yang ada pada jok motor. Banyak anak-anak muda yang memodifikasi joknya agar terlihat gaul. Padahal menipiskan jok membuat bokong menjadi pegal saat berkendara. Belum lagi jika dibuat berboncengan sangat -sangat tidak nyaman, apa lagi saat dilakukan pengereman mendadak  pasti akan mlusrut ke depan. Selain tidak nyaman tentu sangat berbahaya sekali buat keselamatan pengendara. Nah, jika saat ini jok motor kalian tipis ada baiknya melakukan penambahan spon agar berkendara terasa nyaman dan bokong tidak terasa panas. Bagaimanapun standart jok pabrikan lebih baik dan aman dari pada jok modifan.

Ganti Sarung Jok

Apabila kondisi sarung jok sudah tidak nyaman diduduki karena robek segera ganti dengan yang baru. Kondisi sarung yang robek menyebabkan busa atau spon jok akan cepat rusak terkikis perlahan-lahan karena gesekan saat dikendarai. Selain itu spon yang terbuka akan banyak menyerap air saat motor di cuci atau motor kehujanan. Sifat spon adalah menyerap air sehingga jika sudah basah terasa tidak nyaman saat dikendarai. Karena air serapan tersebut akan merembes kecelana saat diduduki.

Cuci Sarung Jok Secara Rutin

Ada beberapa poin penting saat mencuci sarung jok motor. Poin terpentingnya adalah jangan asal sembarangan dalam menggunakan sabun. Dari pengalaman banyak bikers sabun colek justru efektif untuk mencuci sarung jok karena tidak menimbulkan efek licin. Setelah jok terlihat bersih maka segera keringkan dengan kanibo dan lap kembali dengan kain kering bersih. 

Jok motor yang licin selain membahayakan juga membuat pengendara tidak nyaman saat mengendarainya. Oleh karenanya kalian sebagai bikers harus pintar-pintar dalam melakukan perawatan seperti apa yang admin sampaikan diatas. Cukup sekian artikel tentang cara membuat jok motor agar tidak licin , dan semoga bisa bermanfaat. Salam Jabat Erat.

Baca Artikel Selanjutnya : Catat !! Inilah Syarat dan Cara Perpanjangan SIM A dan SIM C Terbaru


Post a comment for "4 Langkah Tepat Membuat Jok Motor Menjadi Tidak Licin"