Gejala Asam Lambung Yang Penting Untuk Diketahui
Gejala Asam Lambung Yang Penting Untuk Diketahui

Gejala Asam Lambung Yang Penting Untuk Diketahui

Asam lambung, biasanya dialami oleh mereka yang terlalu sering mengkonsumsi makanan ekstrim. Seperti terlalu asam, pedas atau juga terjadi karena makan yang tidak teratur hingga porsi yang terkadang melebihi atau terkadang justru kurang. Beberapa waktu yang lalu saat datangnya bulan Puasa, banyak yang mengeluhkan tentang gejala penyakit ini. Seperti yang kita tahu penyakit asam lambung ini sering kali di alami oleh beberapa orang saat awal bulan puasa. Hal ini diakibatkan karena lambung yang tidak siap dengan makanan akibat cairan yang kurang dalam lambung hingga bisa juga karena mengkonsumsi makanan secara sembarangan.

Untuk mengantisipasi datangnya penyakit ini maka anda perlu mengetahui gejalanya. Agar ketika anda merasakan ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh anda terutama bagian lambung, anda bisa dengan mudah untuk mengenalinya.

Baca Lainya :
Lalu apa saja gejala dari asam lambung ini. Simak ulasan berikut ini ya, agar anda bisa mengantisipasinya lebih awal.

1. Muncul dan Merasakan Terbakar di Bagian Dada


Image via agenjellygamatterbesar.web.id
Yang pertama adalah jika anda merasakan sakit di dada seperti terbakar, maka kemungkinan hal tersebut adalah gejala dari Asam Lambung. Pada dasarnya asam lambung memiliki gejala yang disebut dengan refflux, yang mana asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan bahkan naik sampai ke mulut. Dan hal itu bisa mengakibatkan rasa terbakar di daerah yang dilewati. Biasanya rasa nyeri akan terasa lebih kuat sesaat setelah makan dan bisa juga saat membungkuk.

2. Perut Terasa Nyeri dan Perih


Perut yang terasa nyeri dan perih
Berikutnya adalah merasakan perut yang nyeri dan perih. Biasanya karena makan makanan  yang ekstrim yaitu yang mengandung asam tinggi seperti cuka dan nangka muda. Nah, jika anda merasakan gejala seperti ini alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli di bidangnya yaitu dokter.

3. Merasakan Mual dan Kembung


Perut terasa mual dan kembung via www.ibu-hamil.web.id
Rasa ini muncul karena naiknya asam lambung yang membuat perut kembung dan kemudian menimbulnya rasa mual hingga muntah-muntah.

4. Muntah-Muntah


Muntah muntah bisa jadi gejala asam lambung naik via www.alodokter.com
Berikutnya adalah muntah, ini merupakan gejala asam lambung lanjutan dari mual dan kembung yang di alami setelah memakan makanan yang mengandung asam yang tinggi. Biasanya sebelum muntah akan diawali dengan gejala refflux, yaitu naiknya asam lambung hingga sampai ke mulut.


5. Seringnya Bersendawa


Serinnya bersendawa image via health.detik.com
Sendawa, hal ini bisa muncul dan akan terjadi berulang-ulang. Keadaan ini akan diawali dengan gejala refflux seperti penjelasan diatas.

Demikian Gejala Asam Lambung yang Harus Anda Ketahui, agar sedini mungkin anda bisa mengatasinya sebelum penyakit ini bertambah akut. Jika anda merasakan adanya gejala tersebut pada tubuh atau lambung anda, segeralah memeriksakan diri ke dokter terdekat. Tetap jaga kesehatan ya. Agar tubuh selalu sehat dan tidak rentan terhadap ancaman penyakit asam lambung dan juga penyakit lainya.

Mau Artikel PalingSeru, Baca Ini :

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, nĂ­scaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar