Daun Singkong Pemicu Hypertensi Benarkah?

watch_later Sunday, 11 December 2016
Daun singkong merupakan jenis sayuran yang di dapat dari daun ketela pohon. Tanaman ini sangat mudah kita jumpai terutama di pedesaan. Hal tersebut karena pohon ketela pohon merupakan jenis tamanan yang gampang dibiakkan. Tinggal potong batang lalu tanam di tanah,  langsung bersemi daunnya. Maka tak heran jika ada lagu "kayu bisa jadi tanaman" .  ya itulah ketela pohon. Karena meski tidak ditanam dan hanya dibiarkan tergeletak di tanah,  jika terkena air sudah bisa hidup.  Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang cara menanam ketela pohon melainkan manfaat dari daun ketela pohon.

Perlu kamu tahu daun ketela pohon ini ternyata banyak memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita diantaranya, protein, serat, lemak, kalori, karbohidrat, vitamin,A, C, B12 dan berbagai mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Namun dari semua nutrisi yang lebih dominan dari daun ketela pohon adalah protein dan kabohidrat. Sebagai bahan perbandingan dalam setiap 100 gram daun singkong terdapat 3,7 gram protein, 0,6 gram serat, 3,7 gram kalori, 0,2 gram lemak, 165 miligram kalsium, serta 7,3 gram karbohidrat.

Berbagai nutrisi yang terdapat dalam daun singkong tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Apa sajakah itu? Yuk ikuti penelusuran saya.

Manfaat apa saja yang di dapat dari mengkonsumsi daun singkong?


1. Meregenerasi Kulit
Kandungan vitamin A pada daun singkong dapat meregenerasi kulit, meningkatkan kesehatan mata, sebagai anti oksidan , pencegah kanker, penyembuh luka, dan dapat meningkatkan pertumbuhan.

2. Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan vitamin C seperti kita tahu sangat bagus untuk mencegah sariawan.  Namun selain itu dapat bermanfaat untu mengontrol tekanan darah, memperbaiki kulit, serta meningkatkan mood.

3. Mengatasi Konstipasi / Sembelit
Hal tersebut berkaitan dengan tingginya serat yang terdapat pada daun singkong.

4. Sebagai Obat Alami Penyakit Stroke
Baru - baru ini peneliti menemukan isoplavon pada daun singkong. Isoplavon yang  terdapat dalam daun singkong dapat digunakan untuk mengobati penyakit stroke iskemik dan hemoragik.

5. Mencegah Osteopoeosis
Kandungan fosfor dan juga kalsium yang terdapat dalam daun singkong dapat menghindarkanmu dari bahaya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

6. Meningkatkan Imun Tubuh
Vitamin C yang terkansung dalam daun singkong ternyata juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Hal tersebut karena daun singkong kaya akan anti oksidan yang berguna menangkal radikal bebas.

7. Dapat Mencegah Anemia
Hal tersebut berkaitan dengan zat besi yang terkandung dalam daun singkong yang dapat meningkatkan sel darah merah kamu.


Kaitan Daun Singkong Dengan Hipertensi
Mengenai kaitan daun singkong terhadap hipertensi ada berbagai pendapat. Hal tersebut seperti yang disampaikan ahli gizi dari RSUD dr. Iskak Tulungagung yaitu Ratih Puspitaningtyas,S.Gz.Dietisien yang saya kutip dari Jawa Pos.  Menurutnya daun singkong tidak ada kaitanya dengan hipertensi. Karena naiknya tekanan darah akibat dari natrium. Sementara natrium di dapat dari garam.  Kemungkinan naiknya tekanan darah karena kesalahan saat memasak. Yaitu penambahan santan kental dan garam yang banyak. Jadi hal tersebut akhirnya memicu hipertensi atau darah tinggi.

Namun teori lain menyebutkan jika daun singkong bisa memicu hipertensi hal tersebut berdasarkan fakta  jika dalam 100 gram daun singkong terdapat 165 miligram kalsium.  Sebagaimana menurut ahli terlalu banyak kalsium yaitu 2500 mg dapat berakibat buruk pada tubuh yaitu salah satunya meningkatkan plak dipembuluh darah arteteri.

Jadi buat kamu yang mungkin punya ortu punya riwayat penyakit hipertensi dan hobi banget makan daun singkong harap berhati - hati dalam mengkonsumsi. Atau coba sedikit saja dan pastinya jangan terlalu sering menikmati. Demikian manfaat dan bahaya daun singkong bagi penderita hipertensi. Semoga bermanfaat.


Baca Lainya : 5 Manfaat Buah Naga yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.