Cara Bayar Tagihan Listrik PLN Lewat Layanan Bank BRI
Cara Bayar Tagihan Listrik PLN Lewat Layanan Bank BRI

Cara Bayar Tagihan Listrik PLN Lewat Layanan Bank BRI

Hampir setiap rumah saat ini pastinya dilengkapi dengan penerangan yang berupa lampu. Dimana sumber tenaga yang digunakan untuk menyalakan lampu tersebut berasal dari Listrik. Di Indonesia Listrik dikelola oleh Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa kita kenal dengan sebutan PLN. PT. PLN merupakan sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan se Indonesia.

Saat ini PLN menyediakan dua pilihan jenis listrik, yaitu listrik prabayar dan listrik pascabayar, dimana keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi pengguna listrik prabayar, harus membeli sejumlah pulsa listrik terlebih dahulu, baru bisa menggunakan fasilitas listrik. Hal ini tentu saja lebih hemat karena kita bisa mengontrol penggunaan daya listrik. Sedangkan bagi pengguna listrik pasca bayar, akan dikenakan sejumlah tagihan di akhir bulan sesuai dengan energi yang dipakai.

Nah, demi memudahkan transaksi keuangan (Pembayaran) dengan pelangganya, PLN selaku pemasok utama listrik ke seluruh Indonesia terus berbenah.  Hampir seluruh perbankan telah menjalin kerja sama dengan PLN demi memberikan layanan yang lebih luas. Salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia atau yang biasa dikenal dengan BRI.

Sebagai salah satu bank terbesar tentu BRI berupaya terus meningkatkan mutu dan pelayananya kepada nasabah. Salah satunya adalah disediakanya layanan pembayaran tagihan listrik. Pembayaran tagihan listrik PLN dari layanan yang disediakan pun cukup beragam. Mulai dari bayar langsung di ATM BRI ataupun bayar Lewat SMS Banking, Internet Banking ataupun juga Mobile bangking. Dan berikut ini langkah-langkah bayar tagihan listrik PLN dari layanan Bank BRI.


Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI

Saat ini Bank BRI telah menyediakan lebih dari 22.000 mesin ATM yang tersebar diseluruh Indonesia. Tentu hal jni sangat memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan. Seperti halnya transaksi bayar tagihan listrik.  Adapun cara bayar tagihan listrik lewat ATM BRI anda bisa membacanya disini.

Baca Selengkapnya : Panduan Cara Bayar Tagihan Listrik Dari Mesin ATM BRI

Cara Bayar Tagihan Listrik PLN lewat SMS Banking BRI

Bagi anda yang mempunyai segudang kesibukan dan tidak sempat atau tidak ada waktu pergi ke ATM BRI untuk membayar tagihan listrik, anda bisa mencoba cara yang kedua ini. Yaitu dengan menggunakan layanan SMS Banking dari Bank BRI. Adapun caranya sebagai berikut.

Sebelumya, pastikan terlebih dahulu anda memiliki pulsa yang cukup, karena layanan SMS Banking dikenakan biaya sesuai dengan kebijakan masing-masing provider seluler.Caranya cukup gampang anda tinggal mengetikan format sms berikut ini,

Silahkan ketik BAYAR(spasi)PLN(spasi)NOMOR ID PELANGGAN PLN(spasi)PIN
Contoh : BAYAR PLN 42325262526767 123456
Kemudian silahkan kirim ke 3300, maka selanjutnya jika pembayaran tagihan listrik berhasil anda akan dikirim sebuah pesan SMS balasan konfirmasi dari BRI.

Selain membayar tagihan listrik, layanan SMS Banking BRI juga bisa digunakan untuk transaksi lainya seperti halnya transfer, cek saldo, beli pulsa dan lainya. Tentu masing-masing transaksi menggunakan format sms yang berbeda. Untuk format lengkap transaksi SMS Banking BRI anda bisa membacanya di sini.

Baca Selengkapnya : Iniloh Format Sms Banking BRI yang Perlu Nasabah Ketahui

Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat Internet Banking BRI

Jika anda adalah pengguna smartphone maka anda bisa melakukan pembayaran tagihan listrik dengan menggunakan layanan Internet Banking dari Bank BRI. Internet Banking merupakan layanan online dari BRI yang bisa digunakan nasabah untuk berbagai transaksi finansial non tunai. Jika dibandingkan dengan SMS Banking layanan ini jauh lebih lengkap. Berbagai transaksi dapat dilakukan dengan mudah oleh nasabah, selama masih terhubung dengan jaringan internet. Adapun Langkah-Langkah membayar tagihan listrik adalah sebagai berikut.
  • Silahkan buka halaman website Internet Banking BRI di https://ib.bri.co.id.
  • Kemudian silahkan log in dengan memasukan username, password dan masukan pula kode validation jika yakin sudah benar tap pada pilihan Masuk.
  • Selanjutnya silahkan pilih menu Pembayaran dan lanjutkan dengan memilih  Listrik.
  •  Halaman selanjutnya silahkan isi kolom yang tersedia dengan benar, jika anda melakukan kesalahan atau kolom ada yang tidak terisi maka akan ada peringatan bahwa kolom harus diisi tidak boleh dikosongkan. Jika semua sudah benar klik kirim.
  • Selanjutnya layar akan menampilkan data konfirmasi pembayaran. Pastikan semua data yang anda masukan sudah benar, kemudian masukan pasword internet Banking dan silahkan tekan Link Permintaan Token yang ada di bawahnya. 
  • Silahkan tunggu beberapa saat, maka anda akan dikirim SMS dari BRI yang berisi kode mToken.
  • Langkah selanjutnya silahkan masukan kode mToken yang anda terima pada kolom kemudian klik Bayar.
  • Jika semua proses anda lakukan dengan benar, maka layar akan menampilkan struk halaman pembayaran tagihan listrik. Sebagai tanda bukti anda bisa secrensot atau juga mencetaknya jika diperlukan dengan klik pada Cetak
  • Dan terakir jangan lupa untuk log out.
Catatan: Untuk bisa menggunakan layanan SMS Banking Maupun Internet Banking anda harus terdaftar terlebih dahulu pada layanan. Jika anda belum terdaftar maka layanan tersebut tidak bisa anda gunakan. Untuk cara daftar layanan tersebut silahkan baca di sini.

Baca Selengkapnya : Terbaru, Cara Daftar Dan Aktifasi Internet Banking BRI 

Selain dengan 3 cara diatas, anda juga bisa membayar tagihan listrik dengan menggunakan layanan mobile banking BRI. Namun untuk cara membayar lewat Mobile Banking BRI kami akan mengulasnya di lain kesempatan. Salam Jabat Erat. 
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar