4 Fakta Dibalik Proyek "Bulan Buatan" Cina Yang Diklaim 8 Kali Lebih Terang Dari Aslinya
4 Fakta Dibalik Proyek "Bulan Buatan" Cina Yang Diklaim 8 Kali Lebih Terang Dari Aslinya

4 Fakta Dibalik Proyek "Bulan Buatan" Cina Yang Diklaim 8 Kali Lebih Terang Dari Aslinya


Cina, Negara komunis ini memang beberapa dekade terakhir menjadi sorotan dunia karena kemajuan ekonomi dan teknologinya. Bagaimana tidak, saat ini ekonomi Cina menjadi yang terbesar ke dua di dunia setelan Amerika Serikat. Sedangkan untuk urusan teknologi jangan ditanya lagi, Cina mampu secara mandiri menciptakan berbagai teknologi terbaru baik dari sistem persenjataan yang canggih, barang elektronik hingga teknologi antariksa yang tak ada duanya.

Baca Lainya : Mengapa Pesawat Tak Berani Melintas di Atas Kakbah?? Mengejutkan Inilah Alasanya!

Yups, baru-baru ini beredar kabar Cina akan segera meluncurkan bulan buatan untuk sekedar menggantikan penerangan lampu di jalan. Wow..luar biasa bukan!! Lalu seperti apakah nantinya bulan buatan China tersebut?? Berikut kami berikan ulasanya.

Bulan Buatan Cina di Klaim Lebih Terang 8 kali Dari Bulan Ciptaan Tuhan


Mengutip dari cnnindonesia.com bulan buatan Cina tersebut mampu menghasilkan cahaya 8 kali lebih terang dari bulan asli. Klaim tersebut di sampaikan langsung oleh Whu Chunfeng yang merupakan Kepala Lembaga Peneliti Sains Chengdu Aerospace. Nantinya bulan buatan tersebut akan digunakan sebagai penerangan  di jalan yang ada di Kota Chengdu. Masih menurut Chunfeng satelit tersebut memiliki jangkauan penerangan sejauh 8-10 kilometer dimana jangkauanya tersebut bisa dikontrol sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penerangan.

Secara teknis , bulan buatan tersebut dapat memantulkan cahaya matahari karena dilengkapi dengan lapisan kusus seperti halnya panel surya.

Baca Lainya : 7 Cara Ini Konon Bisa Membuatmu Melihat Hantu

Banyak Ilmuwan Yang Prihatin Dengan Peluncuran Satelit Bulan


Rencana peluncuran bulan buatan Cina ini ternyata banyak membuat para ilmuwan kwatir. Hal tersebut bukan tanpa alasan, para ilmuwan mengkwatirkan tentang dampak buruk dari pantulan sinar satelit tersebut terutama bagi aktifitas hewan yang hidup di malam hari. Selain itu sinar dari bulan buatan tersebut juga bisa mengganggu kinerja ilmuwan lainya dalam mengamati atmosfer bumi.

Namun kekwatiran para ilmuwan tersebut terbantahkan dengan pernyataan dari Kang Weimin selaku Direktur Institut Optik Sekolah Luar Angkasa bahwa pantulan bulan buatan tersebut mirip dengan cahaya di waktu senja sehingga tidak akan mempengaruhi aktifitas hewan.

Baca Lainya :  6 Mitos Larangan Pernikahan Orang Jawa, Apakah Kamu Percaya?

Cina Bukanlah Satu Satunya Negara Dengan Proyek Bulan Buatan


Ternyata  Cina bukanlah negara pertama yang mencoba membangun bulan buatan. Proyek ambisius inipun juga pernah dikerjakan oleh para ilmuwan Rusia. Tercatat pada tahun 1900 an Rusia juga pernah berupaya membuat sinar buatan. Saat itu  Rusia meluncurkan sistem pemantulan cahaya matahari ke bumi atau ''cermin luar angkasa'' untuk menciptakan cahaya sendiri yang juga diklaim 5 kali lebih terang dari bulan purnama. Namun sayang proyek tersebut akirnya ditinggalkan begitu saja setelah satelit yang diluncurkan dengan cermin pantulnya hancur karena bertabrakan di luar angkasa saat mengorbit.

Pada Tahun 2020 Bulan Buatan Cina Siap Mengudara


Bagi kalian yang ingin melihat wujut bulan buatan Cina, wajib bersabar ya!! Pasalnya bulan buatan tersebut baru akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang. Hal tersebut dikarenakan karena masih banyak pengembangan yang mesti dilakukan, agar nantinya bulan buatan Cina tersebut dapat berfungsi dengan baik.

YUUK TONTON VIDIONYA.!!!


Nah itulah tadi 4 fakta dibalik proyek ambisiusnya Cina, jika Cina mampu membuat bulan buatan apa kabar hai kalian pemuda Indonesia?? Semoga dengan adanya terobosan teknologi terbaru Cina ini bisa memotìvasi kita'' Indonesia'' untuk terus bisa berkarya sehingga bisa menciptakan terobosan teknologi yang lebih canggih dari bulan buatan Cina. Semoga!!

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar