Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Tips Atur Keuangan Biar Nggak Tekor Ditengah Pandemi Corona

Semakin mengkuatirkan penyebaran Virus Corona (COVID -19) di Indonesia. Bahkan hingga saat ini sudah tercatat lebih dari seribu orang yang terinfeksi virus asal Wuhan tersebut dan telah merenggut korban jiwa yang jumlahnya sudah mencapai puluhan. Tercatat hingga saat ini DKI Jakarta memiliki kasus Corona terbanyak dibandingkan dengan kota-kota lainya.

Dengan semakin tingginya percepatan penyebaran virus mematikan ini maka berbagai langkah pun di ambil Pemerintah guna menekan jumlah korban sehingga tidak semakin bertambah. Salah satunya adalah dengan menerapkan aturan 14 hari di rumah saja demi menanggulangi virus corona covid-19.

Nah, ditengah pandemi virus Corona ini, selain kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan pastikan pula untuk cermat dalam pengelolaan keuangan. Sebab bagaimanapun juga adanya pageblug ini pasti sedikit banyak akan mempengaruhi perekonomian kita. Meskipun Pemerintah dalam hal ini akan mengalokasikan sejumlah dana anggaran guna menangani berbagai dampak dari wabah ini.

Namun tidak ada salahnya keuangan yang ada diatur kembali. Terlebih dengan digalakanya kampanye "stay at home". Bagi yang berprofesi karyawan, terlebih pegawai negeri hal ini tentu tidak menjadi masalah karena meskipun dirumah mereka tetap dibayar/ di gaji full per bulan tanpa adanya potongan. Namun, masalah menjadi berarti jika hal ini dialami oleh pegawai serabutan yang mengandalkan upah harian, karena berdiam diri dirumah jelas akan merugikan.


Untuk itulah berikut beberapa TIPS ATUR KEUANGAN DITENGAH WABAH CORONA AGAR GAK SEMAKIN TEKOR terlebih bagi anda pekerja harian.

Salah satu cara mengatur keuangan yang baik di tengah wabah Corona adalah tentu saja memangkas jatah pos uang. Selalu utamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu dibandingkan dengan kebutuhan "kesenangan". Pastikan bahan pokok makanan terpenuhi setidaknya dalam waktu 14 hari kedepan, syukur-syukur kalau kebutuhan pokok akan makanan bisa untuk stok satu bulan kedepan. Sebab jika situasi tidak kunjung membaik bisa jadi pemerintah akan menerapkan kebijakan lock down untuk beberapa bulan ke depan.

Selain itu, yang perlu di persiapkan adalah obat-obatan atau vitamin, untuk memperkuat imun tubuh di tengah pandemi corona. Ingat selalu untuk menyetop terlebih dahulu keinginan untuk jajan, belanja pakaian, atau kebutuhan lain yang  tidak bersifat wajib atau harus dibiayakan untuk melangsungkan kehidupan.

Untuk lebih mempertegas gagasan pentingnya atur keuangan di tengah pandemi Corona  ada lima tips bagi masyarakat yang bekerja serabutan dan tidak memiliki tabungan untuk bisa tetap bertahan sekalipun kebijakan lock Down diberlakukan.

1. Tunda Pengeluaran

Sempat di singgung di atas bahwa utamakan terlebih dahulu kebutuhan pokok dan abaikan kebutuhan yang sifatnya hanya untuk "kesenangan". Memang benar sekali di tengah keadaan seperti ini kesampingkan terlebih dahulu hal-hal yang hanya bertujuan untuk kesenangan, seperti halnya belanja pakaian, apa lagi sebentar lagi hari raya umat Islam. Jelas kebiasaanya akan selalu membeli pakaian baru. Tunda terlebih dahulu keinginan tersebut. Dari pada untuk membeli pakaian bukankah lebih baik yang disimpan untuk menunjang hidup beberapa bulan ke depan.

2. Prioritaskan Sembako

Lalu kebutuhan pokok yang harus diutamakan itu apa? Sudah pasti dalam hal ini adalah sembako, pastikan bahan makanan terpenuhi. Sangat disarankan untuk sekali belanja bisa untuk keperluan 3 - 4 hari ke depan. Agar kita tidak selalu berada di keramaian, percuma kan lock down di berlakukan kalau kitanya tetap ngeyel berkerumun setiap hari.

3. Jual atau Gadaikan Aset

Cara terbaik bertahan jika lock down diberlakukan adalah tentu saja harus mempunyai uang cash yang cukup. Oleh karenanya tidak ada salahnya menjual atau menggadaikan aset seperti perhiasan yang lama tidak dipakai, atau barang-barang lainya yang tidak begitu penting digunakan.

4. Coba Berjualan

Nah poin yang ke empat ini sangat disarankan untuk dilakukan. Kita bisa mencoba banting setir sementara dengan mencoba berjualan baik online maupun konvensional.


 Baca Artikel Lainya :

4 Peluang Bisnis Bagi Anak SMA Yang MenjŠļ°njikan

5 Tips Atur Keuangan Bagi Pasangan Yang Baru Menikah

Cara Menabung 20 Juta Dalam Tempo Satu Tahun Dengan Gaji 3 juta'an, Gak Sulit Kok Asal..

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar